Sabtu, 28 Januari 2023

Genmuda – Yang namanya tebak-tebakan gambar memang selalu bikin penasaran. Kayak gambar kelinci atau bebek yang satu ini misalnya, sebagian dari Kawan Muda mungkin bisa langsung ngelihat salah satu atau bahkan keduanya.

Kamu sebelumnya mungkin udah pernah ngelihat gambar kelinci atau bebek di atas. Sama kayak gambar si panda yang ngilang entah ke mana, si Chewbacca yang lagi ngumpet, maupun kata-kata yang tersembunyi gambar tersebut juga engga kalah unik.

Tapi, kamu tahu engga apa artinya kalau kamu ngelihat kelinci aja, bebek aja, atau justru keduanya? Well, para psikolog sih yakin kalau kemampuan kamu buat beralih antara kelinci dan bebek itu dengan mudah berhubungan erat sama ketajaman kreatif kamu.

FYI, gambar ‘Kanichen und Ente’ (‘Kelinci dan Bebek’) itu pertama kali muncul di sebuah majalah humor Jerman di tahun 1892. Kayak yang sering kali terjadi sama gambar atau cerita ikonik, gambar tersebut baru-baru ini kembali muncul di dunia maya dalam sebuah konfirmasi atas pengaruh menariknya.

Dalam sebuah riset yang diadain beberapa tahun yang lalu oleh Wiseman et al. (2011), sejumlah peserta dikasih suatu tes kreativitas dasar. Tes tersebut minta mereka buat nyebutin kegunaan baru dari objek normal sehari-hari sebanyak mungkin dalam 2 menit.

(Sumber: Amazon/Distractify)

Contohnya adalah spatula. Pada dasarnya, spatula jelas digunain buat masak. Tapi, kalau para peserta itu kepikiran, spatula bisa juga dijadiin pedang mainan, alat berkebun, atau yang lainnya. Singkatnya, semakin banyak kegunaan baru yang disebutin, semakin kreatif pula mereka.

Selanjutnya, para peserta itu kemudian ditanyain soal semudah apa mereka beralih antara ngelihat kelinci dan bebek di ‘Kanichen und Ente’. Dari situ, para peserta yang bisa nyebutin lebih dari 5 kegunaan baru buat objek sehari-hari ternyata “sangat mudah” buat beralih antara kelinci dan bebek, sedangkan para peserta yang cuma bisa nyebutih 1 atau 2 kegunaan baru justru lebih kesulitan.

Finally, bisa disimpulin kalau kemudahan kamu buat ngelihat representasi berbeda dari suatu hal berhubungan sama kreativitas kamu. Orang-orang yang sangat kreatif mampu ngelihat seekor kelinci secepat dan semudah mereka ngelihat seekor bebek, sama kayak mereka bisa dengan cepat nemuin kegunaan baru buat benda lama yang terbilang ngebosenin.

So, kamu termasuk golongan orang-orang yang kreatif atau engga nih, Kawan Muda? Kalau kamu masih bingung dan penasaran dengan gambar kelinci/bebek itu, coba deh kamu lihat gambar di bawah ini. Kalau kamu masih belum bisa nebak juga, itu artinya kamu yang kebangetan.

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer