Senin, 23 Mei 2022

Genmuda – Engga peduli usia pacaran kamu udah lama banget kayak cicilan KPR (baca: bertahun-tahun) atau ini baru pertama kalinya kamu pacaran, ada kalanya kamu pasti bakal berantem sama pacar kamu. Walau ujung-ujungnya bakal ada kata maaf dari salah satu atau kalian berdua, bisa jadi itu masih belum cukup loh buat ngembaliin keadaan jadi kayak semula.

Berhubung kamu dan si dia pada dasarnya merupakan dua orang yang berbeda, otomatis kalian bakal ngalamin yang namanya beda pendapat dalam hubungan kalian. Baik itu cuma gara-gara hal sepele kayak milih mau nonton film apa maupun gara-gara hal yang lebih krusial kayak masalah uang, semuanya bisa berpotensi bikin perdebatan sengit. Dengan kata lain, engga bisa diungkiri kalo berantem sama pacar itu emang merupakan hal yang wajar dalam suatu hubungan.

Namun demikian, bukan berarti abis berantem terus kamu dan si dia cuma diem-dieman gitu aja dan sama sekali engga ada usaha buat baikan loh ya. Apalagi buat kamu para cowok khususnya, sebetulnya ada loh hal-hal yang dipengenin cewek kamu selain sekedar kata maaf — terlepas dari siapa yang salah. Engga percaya? Simak aja pendapat para Kawan Muda berikut ini:

1. Amanda Dara Anindia – Legal officer

via Amanda
(Sumber: dok. Amanda)

Kalo lagi ngambek, cewek yang udah pacaran hampir 3 tahun ini biasanya pengen ngomong langsung sama cowoknya. Doi mau supaya cowoknya ngedengerin alasan kenapa doi ngambek dan bikin cowoknya paham sama alasan tersebut supaya ke depannya engga bakal ngelakuin hal yang sama lagi. Tapi, bukan cuma itu aja, ada satu lagi nih yang doi pengen dari cowoknya. “Selain minta maaf biasanya ‘disogok’ pakai sesuatu yang disuka, misalnya es krim atau bunga,” tambahnya.

2. Fiemaelia Puteri – Mahasiswi pejuang LDR

via Fie
(Sumber: dok. Fie)

Kalo Amanda pengen ngejelasin ke cowoknya, Kawan Muda yang udah 2 tahun pacaran dan LDR ini justru sebaliknya. Doi pengen penjelasan dari cowoknya terkait sikap mereka masing-masing. Kalo cowoknya yang salah, ya cowoknya perlu tau letak kesalahannya. Kalo doi yang salah, cowoknya justru perlu ngejelasin letak kesalahan doi, supaya doi bisa lebih paham sama pandangan cowoknya.

“Tapi itu kalo otaknya udah jernih, kalo belum biasanya aku engga mau ngomong. Kalo kayak gitu, aku pengennya dia kelihatan usaha untuk nanya ‘Kamu kenapa?’, ‘Aku harus gimana?’, ‘Kamu maunya gimana?’ Intinya ya engga didiemin,” kata cewek yang akrab disapa Fie ini.

3. Dwi Sitta Pratiwi – Karyawan swasta

via Dwi
(Sumber: dok. Dwi)

Selain minta maaf, cewek yang udah pacaran 4 tahun 4 bulan ini ternyata cuma pengen perhatian lebih plus hadiah dari pacarnya. “Bunga setangkai cukup, atau kalo bisa berlian,” candanya. Menurutnya, dengan cowoknya ngasih sesuatu ke doi, itu bukan cuma sekedar ‘sogokan’, melainkan pertanda yang bagus. “Karena kalo dia beri sesuatu berarti dia niat buat baikan.”

4. Retno Nilam Safitri – Mahasiswi

via Nilam
(Sumber: dok. Nilam)

“Aku traktir deh.” Kira-kira itulah kalimat sakti yang bisa bikin cewek yang akrab disapa Nilam ini baikan lagi sama pacarnya selama 3 tahun belakangan ini. Doi berpendapat bahwa kata maaf jelas diperluin, tapi doi bakal lebih senang lagi kalo ditraktir makanan kesukaannya. “Berhubung dua-duanya suka makan dan biar akunya engga makin ngomel. Kenyang jadinya tenang hehehe,” ujarnya. Perut kenyang hati pun senang lah pokoknya!

5. Sandra Ambar Puspa – Pegawai bank

via Sandra
(Sumber: dok. Sandra)

Satu lagi Kawan Muda yang pengen dibujuk cowoknya kalo lagi berantem adalah cewek yang biasa dipanggil Sandra ini. Kalo yang salah cowoknya, doi pengen cowoknya ngejelasin dulu alasannya secara langsung, baru ngalah dan ngajak baikan. Abis itu, doi pengen pacarnya selama 4 tahun itu ngasih hadiah atau nurutin keinginan doi, kayak misalnya mau diajak belanja dan nungguin doi tanpa rewel. Kalo udah, ya jelas happy ending deh ujung-ujungnya.

6. Efrida Ariani – Karyawati

via Efrida
(Sumber: dok. Efrida)

Rada beda dari kelima Kawan Muda sebelumnya, Efrida pada dasarnya tetap pengen ada kata maaf, tapi juga pengen ngambil waktu jeda biar doi dan cowoknya bisa sama-sama nenangin diri. Palingan doi dan cowoknya engga komunikasi dulu selama sekitar sehari. Kalo udah engga emosi, baru deh doi ngomong sama cowoknya supaya kesalahannya engga diulangin lagi. Eits, tapi doi sekarang lagi jomblo nih…

7. Intan Febbry – Mahasiswi

via Intan
(Sumber: dok. Intan)

Pacar ngelakuin hal yang manis dan bikin senang, itulah yang dipengen pemilik nama panggilan Intan ini selain kata maaf. Kurang lebih contohnya adalah doi pengen diajak ke tempat favorit atau diturutin kemauannya. Sayang, saat ini doi ternyata lagi terjebak friend zone. Kamu yang penasaran sama doi mungkin bisa cek Instagramnya hehehe.

8. Indriane G. Christy – Fresh graduate

via Indri
(Sumber: dok. Indri)

Menurut Kawan Muda yang satu ini, hal yang engga kalah signifikan selain kata maaf adalah penjelasan. “Pasti ‘kan berantem ada sebabnya tuh, nah selain kata maaf ya dia kudu jelasin sejelas-jelasnya,” tandas cewek yang biasa disapa Indri ini. Doi sendiri saat ini udah pacaran sekitar lima tahun loh. Ditunggu ya undangannya!

9. Raiszya Okfriana – Mahasiswi

via Raiszya
(Sumber: dok. Raiszya)

Lain halnya dengan mahasiswi yang udah pacaran selama 1 tahun 2 bulan ini. Mirip kayak Fiemaelia Puteri, doi juga engga suka kalo cowoknya malah ngediemin doi pas lagi berantem. “Terkadang ada cowok yang ngediemin supaya ceweknya tenang, padahal cewek itu pengen cowoknya begging,” ungkapnya. Meski begitu, doi engga perlu cowoknya ngebujuk doi dengan ngasih rayuan gombal. Doi berpendapat bahwa yang jauh lebih penting adalah cowoknya tau kesalahannya.

10. Helena Elsapaveta – Mahasiswi

via Pavet
(Sumber: dok. Pavet)

Siapa bilang maaf doang engga cukup buat ngelesain pertengkaran? Buat cewek yang udah pacaran sekitar 9 bulan ini, maaf aja udah cukup kok. Asal… Cowoknya ngejar-ngejar doi dulu. Bukan kejar-kejaran lari-larian loh ya, tapi lebih ke arah begging yang dibahas Raiszya. Kata doi sih biar makin seru gitu deh. Ada-ada aja ya ternyata.

11. Celvi Kosasih – Karyawati merangkap penyanyi

via Celvi
(Sumber: dok. Celvi)

Kalo Kawan Muda lainnya pengen dibujuk atau dikejar-kejar, maka Kawan Muda yang terakhir ini engga demikian. “Gue pengen kedewasaannya dalam mencari solusi dari masalah itu,” tegasnya. Doi sendiri saat ini bisa dibilang masih anget-angetnya sama cowoknya, soalnya mereka baru pacaran kurang lebih sekitar empat bulan.

So, dari pendapat 11 Kawan Muda di atas, bisa disimpulin kalo cewek itu engga cuma butuh kata maaf, tapi juga penjelasan, baik itu tentang kesalahan doi sendiri, kesalahan cowoknya, maupun situasi yang mereka hadapin beserta solusinya. Walau nyelesain masalah emang baiknya dengan hati dan kepala yang dingin, ngediemin cewek gitu aja pas abis berantem justru bisa bikin si cewek makin bete.

Bukan cuma itu, satu hal lainnya yang engga kalah penting adalah perhatian maupun hadiah atau kejutan buat si cewek. Kamu para cowok engga harus sampai ngasih sesuatu yang mahal buat cewek kamu. Justru, ngeluangin waktu dan ngasih hal-hal kecil nan manis yang disukai cewek kamu itulah yang bisa bikin doi senyum lagi. Intinya mah karena wanita ingin dimengerti gitu deh. Semoga berguna ya penjelasannya! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer