Minggu, 17 Januari 2021

Genmuda – Sulitnya anak sekolah dan mahasiswa menghapal urutan tabel periodik kimia ngedorong seorang netizen, bernama Keith Enevoldsen bikin tabel periodik interaktif di internet. Tabel buatannya dilengkapin gambar yang lebih ngejelasin soal masing-masing tabel.

Tabel periodik berisi semua jenis elemen dasar yang ada di bumi, misalnya hidrogen, lithium, karbon, hingga plutonium. Letaknya disusun berdasarkan jumlah proton (atom positif) yang menyusun elemen tersebut.

Dengan begitu, hidrogen dan helium yang jumlah protonnya satu terletak paling atas. Sementara Oganesson yang punya 118 proton terletak di paling akhir tabel periodik. FYI, Oganesson termasuk elemen yang baru ditemuin tahun ini selain Nihonium, Moscovium, dan Tennessine.

Dari isinya, tabel periodik biasa menjadi pedoman segala urusan kimia dan fisika. Tabel periodik biasa hanya tertera jumlah atom dan simbol elemennya. Namun, tabel buatan Enevoldsen jauh lebih keren.

Engga bosenin

via genmuda.com
Cuplikan tabel periodik buatan Keith Enevoldsen. (Sumber: elements.wlonk.com)

Enevoldsen untungnya paham sama derita anak-anak IPA. Doi pun bikin situs berisi tabel periodik interaktif. Tujuan awalnya dibuat supaya tabel itu lebih mudah dipahami siapapun. Selain itu, doi pengen jelasin fungsi masing-masing elemen di dunia nyata. Kalo elemen yang ‘pasaran’ seperti hidrogen, helium, karbon, dan oksigen pasti udah diketahui fungsinya.

Namun, kamu pastinya baru sadar kalo ujung busi motor bisa meletupkan api karena adala iridium. Sementara itu, kamu pastinya kaget kalo tau rokok mengandung zat radioaktif dari polonium. Zat radioaktif itu ditemukan di peralatan nuklir, gaes. Dengan kata lain, merokok sama dengan menghisap nuklir dalam jumlah sedikit. Kalo sering merokok ya lama-lama jadinya mirip menghisap bom nuklir beneran.

Semua info itu bisa didapet dari situs elements.wlonk.comtempat Enevoldsen mempublikasi tabel periodik ciptaannya. Coba deh kamu buka terus liat sendiri betapa jelasnya info di situ.

Banyak versi

via tumblr.com

Selain itu, Enevoldsen juga bikin tabel periodik yang keliatannya buat orang dewasa. Meski engga bergambar warna-warni, tabel itu tetap ngasih info lebih jelas daripada tabel periodik dasar.

Ada juga bagan orbit atom buatan doi. Bagan itu ngejelasin susunan atom di tiap elemen. Beda jumlah atom, beda juga susunan atomnya. Pastinya berguna banget sebagai dasar ngerjain tugas-tugas kimia atau fisika.

Bukan cuma itu, Web Enevoldsen juga menyediakan tabel partikel yang ngejelasin materi-materi pembentuk alam semesta. Semua itu bisa diliat di situs atau kamu download dalam format PDF. Kalo perlu, kamu juga bisa beli poster ukuran gede banget dari situs itu. Gampang kan? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.