Kamis, 1 Desember 2022

Genmuda – Kawan Muda yang tinggal di ibukota pasti familiar sama aplikasi Qlue dong. Ya, aplikasi buatan dalam negeri ini dapat digunakan untuk menyampaikan keluhan secara langsung yang terjadi di lapangan.

Penggunaan aplikasi ini sebenarnya sudah disarankan sejak 2 tahun yang lalu oleh Pak Ahok. Namun karena sosialisasinya yang kurang, Qlue baru dikenal oleh warga Jakarta sejak akhir tahun 2015.

Nah, ternyata dalam waktu dengan ini pihak Qlue akan melakukan sebuah inovasi yang makin mempermudah kebutuhan masyarakat.

Pengiriman dengan Drone

(Sumber: Istimewa)

Qlue Jek adalah layanan berbasis online yang dapat digunakan untuk membantu pengiriman barang menggunakan drone. Setelah diresmikan layanan ini nantinya akan dibuka buat kota-kota besar di Indonesia.

Qlue Jek nantinya dijadikan sebagai jasa pengantaran online. Spesifiknya, drone yang digunakan Qlue Jek dapat digunakan untuk mengirim barang dengan bobot 5kg dan dengan jarak tempuh 25km.

Masih Terus Dikembangkan

Karena Qlue-Jek akan menjadi pelopor dari pengiriman berbasis drone, otomatis saat peluncuran nanti tanggal 1 April 2016, masih banyak hal yang harus dikembangkan.

Maka dari itu engga usah kaget jika pihak Qlue memiliki tim research dan development yang sangat kuat guna meneleti teknologi yang digunakan dan akan dikembangkan.

Bagaimana Mengendalikannya?

Kawan Muda pasti masih bingung gimana sistem pengendaliannya. Yup, saat kamu memesan layanan ini, kamu juga dapat memilih apakah drone akan dikendalikan secara otomatis atau manual.

Jika secara otomatis, maka akan langsung dikendalikan oleh pihak Qlue dengan memberikan fasilitas speaker. Speaker ini digunakan supaya Kawan Muda tetap bisa berkomunikasi untuk mengetahui keberadaan drone.

Selain itu, pengendalian drone juga dibantu oleh mantan pilot Badan Search and Rescue Indonesia untuk mengontrol keberadaan drone di udara.

Harga Layanan

Hingga saat ini pihak Qlue belum menjelaskan secara detail sistem pemesanan hingga harga yang dipatok buat  Kawan Muda yang ingin menggunakan layanan online ini.

Penasaran gimana rasanya mengirim barang dengan teknologi drone? Yang kepo tungguin aja peluncuran resmi dan unduh aplikasinya sekarang. (sds)

Comments

comments