Kamis, 13 Mei 2021

Genmuda – Menunggu emang pekerjaan paling gak enak di seluruh dunia. Mau yang ditungguin itu pacar atau tukang ketoprak, rasanya sama-sama bikin gelisah. Ketika yang ditunggu gak dateng-dateng, hati ini cuma bisa kecewa tanpa berbuat banyak.

Menunggu ada karena janji-janji. Sementara para cowok berjanji ke pacarnya untuk tetep ngapel meski hujan deras, perusahaan dan pemerintah berjanji ke publik untuk ciptain teknologi baru yang sangat ngebantu hidup.

Sadar atau gak, kamu, penulis artikel ini, dan semua orang Indonesia masih digantungin sama janji-janji teknologi yang belum kesampaian seperti di bawah ini. Jadi, mana nih yang paling bikin kamu bete setengah mati?

1. Listrik 35 ribu megawatt

via energibersama.com
Jangan harap masalah mati listrik Indonesia tuntas kalo listriknya belom mencapai target. (Sumber: energibersama.com).

Ayo dong, pemerintah Indonesia. Segera selesaikan proyek pembangunan pembangkit listrik 35 ribu megawatt sebelum pemerintahan Jokowi berakhir. Kalo programnya diganti di tengah jalan kan malesin banget. Kasihan nih rumah penulis artikel ini dan beberapa Kawan Muda masih sering mati lampu!

2. MRT Jakarta

via Istimewa
Pengen buru-buru nyobain MRT ya bos sampai nerobos-nerobos gitu. (Sumber: Istimewa)

Selain karena pengen dapet selfie di tempat langka, tiga pemuda yang menerobos masuk proyek MRT pasti udah gak sabaran nyoba kereta publik bawah tanah pertama Indonesia. Sampai saat ini, diprediksi kalo jaringan transportasi terbaru di Indonesia itu baru beroperasi 2019. Bisa lebih cepet gak???

3. Angkot ber-AC

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Ketika bus kota mulai dipasangi AC, para penumpang angkot cuma bisa manyun sambil bertanya-tanya “Kapan ya angkot yang gue tumpangi ini dipasangi AC juga.” Niatan awal masangin penyejuk udara ke dalam angkutan kota baru tercetus baru-baru ini, dengan menguji cobanya di satu mobil. Belum tau kapan semua angkot bakalan sejuk.

4. Desain resmi iPhone 8

via handy-abovergleich.ch
(Sumber: handy-abovergleich.ch)

Sejak pertama kali iPhone 7 dilepas ke pasar, beberapa Apple user langsung berharap iPhone 8 muncul lebih cepat karena ponsel ketujuhnya gak sebagus yang diharapin. Setelah konserp generasi kedelapan iPhone itu bocor, Apple user justru makin penasaran sama bentuk ponsel yang katanya paling bebas kabel itu.

5. The Elder Scrolls VI (lanjutannya game Skyrim)

via Istimewa
Ki-ka: Logo “TES III: Morrowind,” “TES IV: Oblivion,” dan “TES V: Skyrim.” (Sumber: Istimewa).

Tahun 2011, Bethesda Game Studios ngerilis game yang begitu ikonik dan membuat gamers terbenam ke dalam petualangan melawan naga, vampir, dan pasukan dari liang kubur. Bahkan setelah berusia enam tahun pun, “The Elder Scrolls V: Skyrim” masih dimainin ribuan orang dan dikembangin secara independen.

Denger-denger, Bethesda lagi nyiapin 2 “game klasik” buat dirilis dalam waktu dekat. Apakah “The Elder Scrolls VI” salah satunya? Semoga aja iya!

6. Megaman Legends 3 / Rockman DASH 3

via YouTube
Megaman Legends 3. Sebuah project pehape. (Sumber: YouTube).

Empat tahun sebelum Bethesda ngerilis “Skyrim,” Capcom udah punya ide bikin “Megaman Legends 3 / Rockman DASH 3” yang juga berkonsep open world dengan dunia yang ‘menenggelamkan’ pemainnya.

Namun sayang, fans Megaman/Rockman dikecewain karena produksi sekuel itu batal akibat tim Inafune yang memproduksi gamenya cabut dari grup Capcom. Katanya sih, mereka bakal ngelanjutin project yang udah mau kelar itu. Tapi mana. Gak muncul-muncul tuh.

7. Mobil terbang

terrafugia mobil terbang
(Sumber: Liputan 6)

Produsen mobil terbang udah pada siap memproduksi massal kendaraanya, loh! Hanya aja, hukum di semua negara belum ada yang mengatur soal mobil terbang sehingga kendaraan unik itu cuma jalan saat uji coba lapangan aja. Kalo udah ada, siapa tau kan jalanan gak lagi macet. Tapi, langit yang macet.

8. Mars One Project

via nationalgeographic.com
Rancangan rumah koloni mars ala “Mars One Project.” (Sumber: nationalgeographic.com)

Rekrutmen astronot dan ilmuwan buat diterbangin ke Mars marak banget diomongin sekitar 2012-2013. Rencananya, seluruh awak mau berangkat pakai pesawat Falcon 9 buatan Space-X. Sekarang, project kolonisasi planet baru bernama Mars One Project itu ibarat hilang tertiup angin. Apakah masih buka perekrutan baru? Atau projectnya mentok? Atau gimana nih?

9. Megabot VS Sudobaishi

megabots
Ki-ka: Megabot Mark II VS Sudobaishi Kuratas. (Sumber: Kick Starter)

Udah hampir setahun sejak perusahaan Megabot Amerika Serikat dan Sudobaishi Jepang berjanji duelin robot raksasa mereka, tapi “gladiator modern” itu gak ada kabarnya. Padahal, penggila teknologi dan netizen udah gak kuat nungguin pertarungan robot perdana di dunia itu. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.