Jum'at, 5 Juni 2020

Genmuda – Spanduk dan umbul-umbul tiga pasangan peserta Pilkada DKI 2017 udah terpasang. Kabar demonstrasi besar 2 desember makin kencang berhembus di medsos. Situasi makin panas. Gerah dan bikin bete kan buka medsos?

Untungnya sekarang internet ngasih banyak cara buat ilangin rasa bete Kawan Muda. Selain liat video kucing dan anjing lucu, ada juga musik-musik kece yang enak buat didengerin. Di bawah ini adalah beberapa musik yang menurut Genmuda.com ampuh buat ngilangin rasa bete kamu gara-gara berita soal pilkada.

1. ‘The Creator Has A Masterplan’ – Pharoah Sanders

Lirik lagu sepanjang 32 menit ini cuma punya dua kalimat di tengah lagu. “The creator has a master plan. Peace and happiness for every man,” kata vokalis Leon Thomas. Sisanya, berisi permainan saxophone yang ngejazz tapi terdengar psychedelic dan agak eksperimental. Bikin nge-fly deh. Ritmenya terdengar tenang di awal, agak ribet di tengah, dan kembali mendayu di akhir.

2. ‘Soon to be Innocent Fun/Let’s See’ – Arthur Russell

https://www.youtube.com/watch?v=kzr0K_m9VnI

Meski terdengar monoton, lagu Arthur Russell ini juga bisa bikin nge-fly seperti lagu sebelumnya. Nada-nada ‘miring’ yang dimainkan serasa mengajak pendengar masuki dunia lain, dunia bebas kisruh soal politik. Lagu sepanjang 9 menit ini berasal dari album ‘World of Echo.’ Album tersebut juga berisi lagu-lagu Russell yang bikin nge-fly. Coba aja dengerin sendiri.

3. ‘Duetto buffo di due gatti’ -Les petit Chanteurs A La Croix De Bois

Namanya emang terdengar keren, tapi lagu berirama klasik ini cuma berisi suara dua anak remaja yang mengeong dengan iringan piano. Unik banget deh sumpah.

4. ‘Don’t You Worry Bout A Thing’ – Stevie Wonder

Bisa dibilang, lagu ini adalah salah satu master piece Stevie Wonder. Liriknya ngasih tau kita supaya nyantai aja menghadapi hal di dunia. Irama lagunya seolah ngajak berdansa dan sejenak ngelupain semua beban kecuali bersenang-senang. Cocok banget nih didenger ketika pengen kabur dari ruwetnya perdebatan di medsos.

5. ‘Sunday’ The Babystars

Lagu ini berisi orang yang lagi jatuh cinta terus curhat kalo rasanya itu seperti minggu pagi yang tenang. Meski ngebeat, irama lagunya tetep ngebawa rasa santai seperti liriknya kok. Anime ‘Yakitate! Japan’ ngegunain lagu ini sebagai soundtrack filmnya, loh.

6. ‘The Less I Know The Better’ – Tame Impala

Engga usah di jelasin pun orang udah pada tau maksud lagu ini. Tame Impala berusaha ngajak orang buat engga kebanyakan ngubek-ngubek informasi karena terlalu banyak info bikin orang gagal fokus. Tema kuat itu diiringi lagu berirama funky-groovy yang asik. Bikin pala manggut-manggut, cocok buat masuk ‘mode masa bodo’ buat sementara waktu.

7. ‘December, 1963’ – Four Seasons

Engga ada yang bisa ngalahin serunya logat British nyanyiin lagu dansa. Misalnya aja ‘December, 1963’ yang dibawain Four Seasons era 1975. Lagu yang berisi curhatan cinta pada pandangan pertama itu dipilih sebagai soundtrack episode ‘The Sign of Three’ serial Sherlock. Lagunya sukses mengubah nuansa menegangkan jadi menyenangkan di akhir serinya.

8. ‘Russian Roulette’ -Red Velvet

Seperti halnya permainan russian roulette, pemilihan kepala daerah juga ibarat gambling. Kita kan engga tau kerja calon terpilih bakal sesuai janji kampanyenya atau engga. Karenanya, lagu ini rasanya cocok buat kamu dengerin. Kalo engga ngerti liriknya, perhatiin aja irama lagunya yang penuh suara synthesizer. Saking ngepopnya sampai bikin kamu goyang-goyang tanpa sadar. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.