Kamis, 1 Oktober 2020

Genmuda – Sidang skripsi. Sebuah nama yang pas untuk menyebut monster besar penghalang seorang mahasiswa menyandang gelar sarjana. Bayangin aja. Kerja keras menyelesaikan tugas akhir selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun ditentuin layak atau engganya melalui 10 – 30 menit yang menegangkan.

Waktu seharian penuh gak bakalan cukup untuk ngebahas cara terbaik menghadapi sidang skripsi. Soalnya, keberhasilan mahasiswa ditentuin berbagai macam faktor, mulai dari doa orang tua, makanan yang dibawa saat sidang, kedekatan dengan dosen pembimbing, hingga presentasinya.

Khusus kali ini, faktor yang mau dibahas adalah presentasi. Mumpung masih ada waktu nyiapin slide yang mau dipersembahkan di ruang sidang, mungkin aplikasi-aplikasi di bawah ini bisa ngebantu kamu bikin slide yang gak garing dan monoton.

10. Google Slides

Google Slides punya tampilan mirip banget kayak PowerPoint yang umum dipakai para pengguna Windows. Bedanya, kamu ngerjain presentasinya secara online, gak perlu disimpen di flashdisk, dan bisa langsung minta komentar sama temen atau dosen pembimbing selama udah diundang ke halaman presentasi yang lagi dibuat.

9. SlideDog

Mau kan bikin presentasi dengan tampilan kekinian? Makanya coba pakai SlideDog. Aplikasi yang bisa didownload gratis. Kalo mau tau bisa seperti apa program ini, coba aja tonton video presentasi SlideDog.

8. Projeqt

Kamu bisa ambil foto-foto kece dari Flickr, komentar nyeleneh dari Twitter, dan video penunjang materi dari YouTube atau Vimeo, dan dari media lain di komputer secara LIVE dengan Projeqt. Semuanya data yang kamu masukin pun bakal disulap hingga jadi presentasi yang enak diliat.

7. Zoho Show

Tampilannya beda-beda tipis dari PowerPoint yang umum dipakai di komputer windows, tapi tampilan dan koleksi font-nya jelas lebih keren. Tema default yang udah disediain programnya juga siap pakai.

6. Emaze

Ngeliat halaman awal website Emaze aja udah bikin terkesima. Gimana ketika bikin presentasi pakai programnya. Seperti Zoho, Emaze juga punya koleksi template siap pakai dan lebih kerennya lagi, bisa ditambahi koding HTML5 juga elemen 3D kalo mau slidenya lebih “Emazing.”

5. Slides.com

Dengan animasi yang mulus, bikin presentasinya aja udah seru apalagi ngeliat presentasinya ketika udah jadi nanti. Karena program ini ditujukan untuk para pemula, segala animasinya bisa dibuat dengan orang yang gak punya dasar animasi sama sekali.

4. Visme

Gak usah bingung mikirin background, tema, bagan, dan simbol karena visme punya koleksi berbagai elemen visual dan jenis font yang enak dipandang. Udah gitu, aplikasinya punya banyak template presentasi. Tinggal ganti-ganti tulisan dan datanya aja, deh.

3. Powtoon

Coca cola, Starbucks, dan eBay manfaatin aplikasi yang namanya Powtoon dalam presentasiin produk mereka. Buat sidang skripsi, program ini cocok banget untuk bikin video animasi kesimpulan supaya presentasi kamu ditutup dengan keren, meninggalkan kesan positif, dan E S T H E T I Q U E.

2. Haiku Deck

Sementara itu, media seperti Macworld, Time, Wall Street Journal, dan Fast Company gunain program Haiku Deck buat presentasiin perusahaan mereka. Gak ada salahnya dong presentasi skripsi juga dibuat pakai program penghasil slide indah nan mudah dimengerti.

1. Prezi

Paduin gambar, data, dan tulisan secara seimbang dengan Prezi. Programnya gampang dipakai dan punya koleksi  animasi yang bikin perpindahan slide engga monoton. Cocok banget buat kamu yang gak bisa desain tapi pengen menghasilkan presentasi yang menarik. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.