Minggu, 1 November 2020

Genmuda – Di saat sejumlah aplikasi perpesanan udah bisa digunain buat kirim-kiriman GIF, WhatsApp tampaknya masih bertahan dengan format gambar statis. Namun demikian, engga lama lagi hal tersebut kabarnya bakal berubah loh, Kawan Muda.

Dari sekian banyak aplikasi perpesanan yang dipakai dan diminati masyarakat, WhatsApp bisa dibilang termasuk salah satu aplikasi perpesanan yang paling bagus dalam hal kirim-kiriman gambar. Yang kurang dari WhatsApp palingan ya cuma belum suport GIF aja.

Nah, entah rumor belaka atau memang benar adanya, @WABetaInfo selaku pihak yang udah ngelacak perubahan update-an beta WhatsApp ngungkapin kalau versi iOS 2.16.7.1 dari aplikasi tersebut bakal langsung otomatis nampilin link GIF di percakapan kamu. Dengan demikian, kamu engga perlu buka browser dulu buat ngelihat GIF yang dikirimin teman kamu.

Yang lebih menariknya lagi, changelog @WABetaInfo nunjukin pula bahwa WhatsApp nantinya bakal ngemungkinin kamu buat nyimpan GIF sesederhana nyimpan gambar biasa. Meski begitu, kemungkinan di WhatsApp belum bakal ada direktori GIF khusus, kayak yang bisa kamu temuin di Facebook Messenger maupun Twitter.

Well, sambil nunggu kepastian soal kehadiran GIF di WhatsApp, mending sekarang kamu install dulu aja beberapa aplikasi GIF keren yang bakal ningkatin permainan GIF kamu, Kawan Muda. Berikut ini Genmuda.com pilihin 5 di antaranya, yang bakal ngasih beragam referensi GIF menarik buat kamu:

1. GIF Keyboard

Dibuat oleh pihak di balik Riffsy GIF Keyboard, aplikasi ini bisa kamu gunain buat nyari dan ngirimin GIF langsung ke percakapan Facebook Messenger kamu. Di aplikasi ini, kamu bisa nyari GIF berdasarkan kategorinya, kayak misalnya rections, music, dan trending. Kamu bahkan bisa nge-upload GIF kamu sendiri dan ngebagiin link GIF favorit kamu ke beragam aplikasi perpesanan lainnya termasuk WhatsApp.

2. GIPHY

Aplikasi yang satu ini sebenarnya sama aja kayak aplikasi GIF Keyboard. Bedanya, aplikasi ini punya lebih banyak pilihan GIF. Aplikasi ini sekarang juga udah dilengkapin dengan fitur on/off buat Auto-Play, sehingga GIF yang kamu pilih engga terus-terusan loading saat jaringan internet kamu lagi lemot. Versi lain dari aplikasi ini adalah GIPHY Keys, yaitu aplikasi keyboard GIF yang tersedia di iOS.

3. Imgur

(Sumber: digitaltrends.com)

Engga kalah keren dari GIPHY, ada pula Imgur. Aplikasi ini memang engga secara spesifik nyediain GIF doang, soalnya ada pula gambar-gambar JPEG yang dikumpulin dari orang-orang dari berbagai penjuru dunia. Kamu pun bisa milih berbagam GIF berdasarkan jenis, topik, penilaian, maupun komentar-komentar pada postingan yang ada.

4. GIFwrapped

(Sumber: madewithlove.in)

GIFwrapped merupakan aplikasi yang bakal ngemungkinin kamu buat nyinkronin dan ngebagiin berbagai GIF favorit kamu ke semua perangkat iOS kamu. Berbagai GIF yang ada di aplikasi ini berasal dari sejumlah sumber di internet, kayak misalnya GIPHY dan Tumblr. Aplikasi ini juga bisa dihubungin ke Twitter supaya kamu bisa lebih mudah berbagi GIF di jejaring sosial tersebut.

5. Kanvas Keyboard

(Sumber: elandroidelibre.com)

Aplikasi ini sebenarnya engga secara khususnya fokus ke GIF aja. Koleksi GIF pada aplikasi ini pun pada dasarnya berasal dari GIPHY. Terlepas dari itu, kamu bisa juga kok bikin GIF versi kamu sendiri dan langsung ngebagiin GIF kamu itu ke percakapan di berbagai aplikasi perpesanan yang ada di smartphone kamu. Seru deh pokoknya, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer