Senin, 3 Agustus 2020
Tekno

Siap-Siap, Google Lagi Kembangin Aplikasi Messenger dan Voice Command Multi Bahasa

via Google PlayGoogle Allo, project messenger dan smar voice command terbarunya Google. (Sumber: Istimewa)

Genmuda – Google kembali bocorin proyek teknologi masa depan. Awal September lalu, perusahaan teknologi itu bocorin soal peluncuran ponsel Google Pixel Phone. Pada Selasa, (20/9) Google lagi pamer kalo mereka baru aja ‘mencaplok’ sebuah developer chat bots bernama API.AI.

API.AI merupakan sebuah developer yang kini lagi ngembangin teknologi voice chat dan voice command. Cita-citanya, smartphone yang udah dipasangi teknologi API.AI bisa dioperasikan sepenuhnya lewat suara, bahkan ngejawab ucapan pemiliknya.

Teknologinya mirip seperti Siri di Apple. Namun, teknologi voice bot API.AI bisa juga dipakai dalam bahasa Mandarin, Prancis, Jerman, dan Spanyol selain Bahasa Inggris. Kalo ditotal, ada 15 dialek yang dipasang di teknologi itu.

via gifrific.com

Pembelian API.AI itu nandain kalo Google lagi nyiapin proyek yang ada hubungannya sama teknologi suara. Situs TechCrunch.com, bilang kalo para developer API.AI udah nyiapin 3 miliar API (protokol teknis) yang dibutuhin.

Gosip teknologi

via techcrunch.com
Materi presentasi Allo Messenger di Seminar I/O, Mei. (Sumber: techcrunch.com)

Apakah Google Now bakalan makin bisa diperintah lewat suara? Bisa jadi, tapi bukan dalam waktu dekat. Karena, Google lagi sibuk ngembangin aplikasi messenger terbarunya yang bernama Google Allo.

Berdasarkan informasi yang Google berikan waktu seminar I/O, Mei lalu, Allo bakal dipasangi Google Assistant (GA) yang bisa diperintah lewat suara. Perintahnya bisa macam-macam. Misalnya aja, nyuruh GA buat ngirim foto, nyatet jadwal, atau bahkan belanja online.

TechCrunch.com, Mei lalu bilang kalo aplikasi itu bakal dipasangi AI, atau kecerdasan buatan yang beda dari biasanya. AI itu bisa diajak berbincang dan diperintah buat ngelakuin sesuatu. Selain itu, appsnya bisa bakal ngasih respon balik. Singkatnya, selain smartphone android jangan-jangan bakal jadi android beneran.

via giphy.com

Kesamaan inilah yang udah dikembangin API.AI. Ada kemungkinan emang teknologi developer voice bot itu yang bakal dipasang di aplikasi messenger terbarunya Google. Engga menutup kemungkinan kalo tim API.AI di Google bakal ngembangin game yang dimainin lewat suara, dan jauh lebih kece daripada aplikasi karaoke yang sempet populer di Indonesia.

Namun Kawan Muda jangan terlalu ngarep dulu. Biarpun fakta-fakta yang ada udah nunjuk ke arah situ, kita tetep perlu kasih Google waktu biar bisa ngasih surprise sewaktu ngeluncurin proyek-proyek teknologi ke depannya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.