Rabu, 17 Juli 2024

Genmuda – Di tengah pesatnya transformasi digital, Shopee memimpin gerakan untuk mendukung produk lokal di Indonesia dengan inisiatif “Shopee Pilih Lokal”. Sebagai salah satu langkah strategis, Selasa (2/7/2024), Shopee berhasil menarik lebih dari 29 juta pengunjung sepanjang paruh pertama tahun 2024, menciptakan ruang eksklusif bagi UMKM dan brand lokal untuk bersaing di pasar nasional.

Direktur Pemasaran Pertumbuhan Shopee Indonesia, Monica Vionna, menyatakan kebanggaannya atas kontribusi positif Shopee dalam ekonomi domestik, tidak hanya di kota besar tetapi juga di daerah terpencil seperti Kabupaten Klaten, Pandeglang, dan Mojokerto. Penjualan tertinggi dari daerah-daerah ini menunjukkan keberhasilan dalam menciptakan penetrasi pasar digital yang inklusif.

“Para UMKM dan brand lokal yang berdomisili di daerah-daerah seperti Kabupaten Klaten, Pandeglang, dan Mojokerto termasuk ke dalam daerah dengan peningkatan transaksi tertinggi di tahun ini. Hal ini menunjukkan bagaimana pelaku usaha lokal dari berbagai daerah memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat untuk menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif,” kata Monica.

Foto: Shopee Indonesia

Animo pengguna Shopee dari berbagai pulau Indonesia juga mencerminkan tren positif terhadap produk lokal. Mulai dari Sumatera hingga Jawa, produk fashion seperti celana perempuan dan batik, serta kuliner khas seperti keripik pisang, mendominasi preferensi konsumen. Sementara itu, di Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara, produk kecantikan seperti sunscreen, serta fashion dan aksesoris seperti sandal dan kacamata, menjadi favorit dalam pencarian.

Di wilayah Timur Indonesia, seperti Maluku dan Papua, produk berteknologi tinggi seperti case HP dan kebutuhan rumah tangga seperti rak piring dan gorden mendapatkan sorotan tinggi dari masyarakat.

Selain fokus dalam negeri, Shopee juga membuka peluang ekspansi global bagi produk lokal melalui Program Shopee Ekspor, yang telah sukses mengirim lebih dari 26 juta produk ke luar negeri. Peningkatan signifikan dalam transaksi produk yang diekspor memperkuat posisi Shopee sebagai katalisator dalam membangun ekosistem bisnis lokal yang berkelanjutan.

Dengan demikian, pertengahan tahun 2024 tidak hanya menjadi saksi peran Shopee sebagai platform belanja online terkemuka, tetapi juga sebagai motor penggerak utama dalam mengembangkan bisnis lokal yang kuat di seluruh Indonesia, serta membuka peluang akses pasar global melalui inovasi digital yang inklusif.

Comments

comments