Jum'at, 21 Januari 2022

Genmuda – Grup hip-hop Korea Epic High gak salah pakai kata “Epik” pada nama mereka. Soalnya, penampilan Tablo, Mithra Jin, dan DJ Tukutz pada hari kedua WTF 2017, Sabtu (12/8), di JI Expo Kemayoran emang epik. Mereka ngebawain beberapa lagu hits, di antaranya “Up,” “Burj Khalifa,” dan “Love Love Love.”

FYI, penampilan mereka di WTF 2017 merupakan kali pertamanya di Asia Tenggara loh, gengs. Biasanya kan Epik High langganan main di negara asalnya, atau di Amerika.

Kayak konser-konser mereka, Mithra Jin emang jarang ngobrol sama para fans. Kalo kata si Tablo sih, doi yang paling gak bisa ngomong Bahasa Inggris dengan lancar. Tapi, si Mithra Jin yang paling gokil kalo lagi ngerap.

©Genmuda.com/2017 TIM
Mithra Jin ngerap begitu jago, sampai si Tablo nyiram-nyiramin air. ©Genmuda.com/2017 TIM

Sebagai gantinya, si DJ Tukutz dan Tablo yang sibuk menyapa para fans dengan kalimat-kalimat yang menggugah semangat. Misalnya, dengan nyeritain kalo si Tablo pernah tinggal di Jakarta selama beberapa tahun masa kecilnya dan pengen terus menetap di Ibu Kota kita tercinta ini.

Atau, dengan sok-sok menerjemahkan ucapan-ucapan Mithra Jin. Tapi, si Tablo selalu menerjemahkannya tiap omongannya jadi, “Saya suka sekali kalian. Kalian sangat cantik. Saya jatuh cinta.” Ya jelas aja penonton pada menggila.

Tampilan visual efek Epik High juga bisa dibilang epik. Mereka nampilin cuplikan-cuplikan film dan drama Korea yang cocok sama mood lagu. Footage yang muncul saat lagu “High Technology” tuh yang paling kocak.

Iklan promosi Olimpiade Korea Selatan 2016 ditampilin di situ. Lebih lucunya, diselipin cuplikan adegan perubahan super hero Korea Selatan yang kalo di Jepang tuh mirip Jiban, Kamen Rider, dan Power Ranger.

©Genmuda.com/2017 TIM
Jin dan Tablo ngerap di depan sementara DJ Tukutz ngasih beat paling asik. ©Genmuda.com/2017 TIM

Saat mereka berpamitan jelang lagu “Fan,” penonton pada gak bisa move on. Lagu terakhir itu pun dibawain sempurna. Ketika mereka turun panggung, penonton pada teriak “WE WANT MORE.”

Maka, Epik High kembali lagi dan memungkasi penampilan mereka sama lagu “Don’t Hate Me.” Pada lagu ini, mereka menjelma selayaknya bintang rap masa NWA dan geng-geng rapper Straight Outta Compton.

Si Mithra Jin disusul Tablo turun panggung dan nyani di antara kerumunan penonton. Histerislah cewek-cewek. Apalagi, ketika si Tablo mendekap seorang fans dan mendekatkan kepalanya seolah pengen nyium. Hah. Seandainya…

Rugi banget lah penonton yang keburu kabur di tengah penampilan trio rapper Korea Selatan itu. Karena, mereka gak bisa menyaksikan kegilaannya.

©Genmuda.com/2017 TIM
Mithra Jin lagi beraksi de panggung yang semi gelap. ©Genmuda.com/2017 TIM

Mubyn (24) dan Dania (22) yang dateng dari Malaysia juga ngerasa puas banget sama penampilan Epik High. “Kami tak mungkin lewatkan kesempatan ini dan pastinya menikmati WTF. Di Malaysia ada acara serupa. Tapi, kami rasa WTF jauh lebih baik dari acara itu,” tutur anu dan anu kompakan.

“Aaaah! PECAH BANGET!!!” kata Debi kepada Genmuda.com. Cewek satu ini nyesel banget dateng telat beberapa lagu. “Tapi, gak apa. Aku seneng banget dan pasti nonton lagi kalo mereka ke sini tahun berikutnya,” kata doi.

Oh. Hampir lupa. Sebelum turun panggung, si Tablo bilang Epik High lagi siapin album baru dan siap konser lagi di Indonesia buat promosiin album tersebut. “Kirain mereka udah engga bakal bikin album lagi. Ternyata masih. Excited banget,” kata cewek yang pake kamera analog di WTF 2017.

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.