Sabtu, 8 Agustus 2020

Genmuda – Kawan Muda sering ngalemin susah konsentrasi waktu belajar atau ngelakuin pekerjaan di kantor. Padahal kamu lagi dituntut buat fokus supaya perkerjaan bisa berjalan lancar.

Berbagai gangguan bisa aja mengganggu kamu, mulai dari notifikasi gadget dan berbagai hal lainnya. Walau sebagian orang bisa mengerjakan sesuau berbarengan atau bahasa kerennya ‘multitasking,’ namun sebaiknya kamu cuma perlu fokus sama satu hal aja, loh.

Itu semua diungkapkan oleh sebuah artikel di Harvard Business Review. Dituliskan dalam artikel tersebut bahwa mengerjakan dua hal sekaligus bisa ngebuat seseorang lebih besar melakukan kesalahan, ataupun kehilanngan informasi penting yang membuat konsentrasi mereka terpecah.

Oleh sebab itu, artikel tersebut juga menawarkan cara efektif supaya seseorang jadi gampang konsentrasi lewat rumus “ABC”. Lebih lengkapnya langsung sikat artikel di bawah ini ya:

“Awareness”

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Ya, semuanya berawal dari kesadaran kamu. Kira-kira hal mana yang lebih penting dan harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Ketika kamu sudah sadar, kamu engga akan bingung harus bekerja seperti apa. Kenali juga pilihan kamu tanpa terburu-buru, supaya setelahnya engga ada rasa penyesalan atau rasa kurang puas pada pekerjaan yang udah kamu lakukan.

“Breathe”

Luangkan waktu sebentar supaya kamu bisa mempertimbangkan setiap pilihan yang kamu ambil. Cukup tarik nafas dalam-dalam dan buat rileks tanpa tekanan. Setelah proses itu dilakuin, baru deh kamu mulai lagi mengatur ulang waktu yang akan kamu gunain. Terapkan juga skala prioritas alias mana yang paling penting itu yang paling didahului oleh kamu.

“Choose”

via: Tumblr

Setelah dua tahap, kini tiba saatnya kamu harus melakukan pilihan dan menentukan pilihan tentang tugas mana yang diselesaikan terlebih dahulu. Saat kamu sudah memilih berarti kamu sudah harus mengikuti semua yang udah menjadi pilihan kamu.

Setelah tiga hal itu kamu lakukan yang terpenting adalah kamu engga banyak membuang waktu, bergerak cepat agar semua pekerjaan atau aktvitas kamu bisa selesai. Selain itu, wajib disadari kalo dalam situasi ini kamu harus mengambil keputusan bukannya memusingkan gangguan yang memecah konsentrasi kamu.

Buat meningkatkan fokus dan produktivitas kamu, Kawan Muda bisa memulai dengan melakukan sedikit refreshing supaya pikiran kamu bebas dan tenang. Kalo engga mau keluar duit, pintar-pintar aja deh atur jam istirahat. Selamat mencoba ya. (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela