Senin, 22 Juli 2024

Genmuda – Ujian sekolah, ujian nasional, dan ujian masuk perguruan tinggi mustahil ditawar-tawar. Deretan ujian “spesial” buat kakak-kakak kelas XII itu pasti harus dilalui kalo mau lanjutin sekolah ke jenjang lebih tinggi.

Panik dan ngerasa “Ah, gue kan udah sering ujian sebelum ini” biasanya bikin kakak kelas XII kelupaan barang-barang penting yang harusnya dibawa ketika ujian, tapi sering engga dibawa karena dianggap sepele. Apa aja? Yuk lihat di bawah ini.

1. Rautan

via tokopedia.net
(Sumber: tokopedia.net)

Meski sinyal internet makin cepat dan komputer makin mudah didapat, masih ada instansi pendidikan yang mengadakan ujian di selembar kertas. Karena itu, jangan lupa bawa rautan demi kenyamanan sendiri.

2. Papan alas

Karena meja sekolah belum tentu rata, maka kamu butuh papan alas yang udah pasti rata dan padat.

3. Pembulat

via tokopedia.com
(Sumber: tokopedia.com)

Setiap anak SMA PASTI punya pembulat entah itu pengasih dari bimbel, nyomot punya teman, atau bekas SMP. Jangan lupa bawa pembulatnya saat ujian biar kamu engga keluar garis saat bulat-bulatkan jawaban kamu.

4. Pembalut

Khusus buat cewek. Teman dari bulan bisa dateng gak kenal waktu, girls. Kamu gak akan pernah tau.

5. Tisue / sapu tangan

via aliexpress.com
(Sumber: aliexpress.com)

Berangkat ujian boleh sehat. Tapi, kalo tiba-tiba di jalan kamu bersin-bersin gimana? Kalo lagi ujian bersin-bersin gimana? Kalo misalnya doi nangis setelah ngerjain ujiannya, gimana? Makanya, lebih baik sedia tisue atau sapu tangan. Pasti bermanfaat, deh!

6. Bekal minum dan makanan

Kadang, hasil ujian jelek bukan karena murid engga belajar. Tapi, karena kurang minum. Kurang air kan bikin konsentrasi buyar. Daripada beli seharga Rp 4.000 dari kantin, mending bawa sendiri dari rumah. Kalo perlu, bawa bekal makanan sekalian biar bisa mengisi perut selagi menunggu ujian selanjutnya. Uang jajan tetep irit, bisa ditabung untuk jalan-jalan setelah jadwal ujian berakhir nanti.

7. Pelembap wajah

via farmaciamaribeliglesias.com
(Sumber: farmaciamaribeliglesias.com)

Daripada konsentrasi kamu buyar karena bibir, hidung, atau pipi kamu kering kena pendingin ruangan, mending sedia pelembap wajah. Zaman sekarang, ada juga kan pelembap spray, jadi tinggal semprot tanpa harus bolak-balik ke toilet.

8. Tetes mata

Tetes mata sama pentingnya dengan pelembap wajah apabila kamu ujian pakai komputer di dalam ruang tertutup ber-AC. Cahaya dari monitor dan udara dingin bakalan bikin mata kamu lelah. Di situlah tetes mata bakal menyegarkan mata kamu lagi.

9. Atribut sekolah

via bukalapak.com
(Sumber: bukalapak.com)

Selain kartu ujian, atribut yang dimaksud adalah tektek bengek macam topi, gesper, dan pastinya sepatu hitam. Kalau petugas ujiannya nanyain lalu mempermasalahkan saat ada murid yang gak bawa gimana?

10. Kuota internet

Buat apa kuota internet? Jaga-jaga kalo kamu butuh chattingan sama temen saat kamu izin ke toilet. Bisa juga sebagai cara terakhir untuk mengakses server ujian apabila internet instansi pendidikan kamu tiba-tiba lemot tanpa ada jalan keluarnya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.