Selasa, 14 Juli 2020

Genmuda – Tidur udah jadi kebutuhan setiap orang. Mau kamu ganteng, kekar, cantik, atau melambai, semua butuh yang namanya tidur.

Biasanya sih cowok doyan tidur itu udah engga heran. Tapi klo giliran para cewek yang doyan tidur langsung deh dibilang males dan lala-lili. Pokoknya dicap buruk deh.

Padahal mitos kayak gitu udah terbantahkan sama penelitian dari Universitas Loughborough Inggris. Mereka menganalisa kalo cewek tuh terbiasa kerja dan berpikir secara multi-tasking ketimbang cowok.

YOLO

Itu artinya para cewek melakukan aktivitas otak yang lebih banyak dan perlu waktu tidur yang lebih banyak buat tidur menurut John Horne selaku pakar dan peneliti siklus tidur. “Salah satu fungsi utama tidur adalah memungkinkan otak untuk pulih dan memperbaiki kinerjanya sendiri. Semakin sering otak Anda digunakan setiap harinya, semakin besar juga waktu untuk pemulihannya. Akibatnya Anda butuh waktu tidur lebih banyak.”

Studi ini pun menemukan kalo cewek butuh waktu 20 menit lebih lama daripada cowok buat tidur setiap harinya. Lebih lanjut, para cowok yang banyak menggunakan mental (ketimbang fisik) dalam bertindak dan mengambil keputusan dalam pekerjaan mereka membutuhkan waktu tidur lebih lama daripada cowok pada umumnya.

Cewek butuh banyak tidur karena otak mereka berbeda

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Tahun 2014 sebuah penelitian yang melibatkan 949 orang menemukan fakta kalo otak cowok memiliki koneksi dalam masing-masing bagian (otak kiri dan otak kanan), sedangkan cewek tenyata memiliki lebih banyak koneksi di kedua sisi.

Bukti nyatanya, cowok biasanya lebih bisa fokus pada satu pekerjaan. Sedangkan cewek tetep bisa konsen melakukan banyak pekerjaan. Masih bingung? Coba aja liat nyokap kamu, walau ngurusin kamu, pasti masih sempet kan masak, rapihin rumah dll. Hidup cewek!

Tapi walaupun diuntungin sama studi di atas, ada juga resiko yang harus dihadapi sama kamu girls. Kenyataannya otak cowok lebih cepat melakukan proses penyembuhan ketimbang cewek saat otak mereka rusak.

Singkatnya buat ngelakuin proses penyembuhan tersebut, tidur jadi solusi paling murah. So, mulai malam ini jangan tidur kemaleman ya supaya otak kamu bisa istirahat.

Sumber: Daily Mail

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.