Rabu, 20 Januari 2021

Genmuda – Kabar gembira untuk kita semua, khususnya buat kamu yang penggemar berat games klasik, Kawan Muda. Internet Archive lagi-lagi udah ngasih hadiah spesial nih buat kamu.

Selama bertahun-tahun, Internet Archive udah ngabisin waktu buat ngumpulin dan nyimpenin konten digital dari masa lalu. Saat ini, perpustakaan digital yang berbasis di San Fransisco itu pun udah memuat jutaan laman web, teks, video, maupun potongan audio.

Tapi, belakangan ini Internet Archive ternyata lagi ngelebarin sayap dengan masukin games ke dalam deretan koleksi mereka loh, Kawan Muda. Tahun lalu aja misalnya, mereka udah nyediain lebih dari 2.400 games DOS di web browser.

Hal yang sama pun baru-baru ini akhirnya berlaku buat Windows 3.1. Total udah ada lebih dari seribu program yang ditambahin ke Windows 3.1 Software Library. Program-program tersebut bahkan engga cuma terdiri dari games, tapi juga aplikasi utility dan bisnis.

(Sumber: jamaicagateway.com)

FYI, semua hal tersebut mungkin terjadi berkat emulator EM-DOSbox-nya Boris Gjenero, yang ngubah Windows Runtime jadi kode JavaScript yang bisa diartiin sama web browser kamu. Itulah yang ngedukung koleksi DOS Internet Archive dan digunain para penguji buat nge-boot Windows 95.

Dengan demikian, kamu yang Generasi 90-an sekarang udah bisa ngabisin waktu buat mainin Ski Free, Pipe Dream, dan Wheel of Fortune: Deluxe Edition di web browser kamu. Ibarat lagu-lagu di album ‘Best Cuts of Piyu’, berbagai games tersebut semacam games lama rasa baru gitu deh pokoknya.

Sayangnya, fungsi pencarian buat arsip games Windows 3.1 tersebut masih belum begitu bagus. Hal itu kabarnya terjadi terutama karena sebagian besar games yang ada dinamai bernasarkan nama file dan bukan berdasarkan nama games-nya.

Meski begitu, kamu sebenarnya engga usah pusing atau susah-susah ngurutin games-nya satu per satu. Kamu lihat aja beberapa rekomendasi games Windows 3.1 terbaik versi The Verge atau sebuah koleksi hasil kurasi bernama ‘Windows Showcase’. Selamat main, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer