Sabtu, 2 Juli 2022

Genmuda – Kabar meninggalnya Jonghyun Shinee (18/12) bikin K-Fans di seluruh dunia berduka. Apalagi informasi sementara dari pihak kepolisian bahwa kematiannya disebabkan bunuh diri.

Korea Selatan adalah salah satu negara yang tingkat kasus bunuh dirinya tinggi loh. Kalo disandingin sama drakornya jelas berbanding terbalik, suasana romantis di cerita drama ternyata gak semuanya terjadi secara nyata di kehidupan aslinya.

Namun demikian, gak cuma soal bunuh diri sekarang Genmuda.com bakal kasih tau kamu budaya unik seputar Negeri Gingseng biar kamu gak cuma kenal sama artisnya doang. Siapa tau kan kamu ada niat pengen liburan ke sana tahun depan. Amin!

Oprasi plastik sesuatu yang biasa

Di negeri asal SNSD dan BIGBANG, fisik emang jadi sangat penting. Makanya gak aneh kalo tingkat kasus bullying di sana lumayan tinggi. Gak mau jadi salah satu korban hinaan sama temen-temennya, operasi plastik jadi cara ampuh yang dipilih anak muda di sana.

Mengubah struktur wajah dengan bantuan ilmu kedokteran menjadi trend di masyarakat Korea Selatan. Mulai dari mancungin hidung, bikin kelopak mata (mata mereka sipit), dan bikin bentuk wajah kayak huruf V adalah jenis permintaan oplas yang paling diminati.

Saking udah jadi kebutuhan, anak muda cewek atau cowok banyak yang minta oplas sebagai kado ulang tahun ke-17 nya, jadi misalkan kamu pindah sekolah ke Korea Selatan jangan aneh yah kalo banyak wajah baru di kelas. Dan biaya oplas di Korea jauh lebih murah dibanding negara lain, yah pantes aja kado ulang tahunnya minta oplas.

Say No to Red Ink

Kalo di Indonesia anak sekolah nulis pake tinta merah dianggap kurang sopan, di Negara Ginseng nulis pake tinta merah dilarang karena pertanda musibah buat yang nulis. Kepercayaan itu diturunkan dari generasi nenek moyang orang Korea Selatan dan masih dianut beberapa masyarakatnya.

Budaya minum yang kuat

Kalo kamu lagi nonton drakor pasti selalu ada adegan minum soju, karena budaya minumnya emang cukup kental. Soju juga termasuk minuman beralkohol tinggi dan punya nama lain yaitu, makgeolli. Jadi sambil siarin dramanya mereka juga sekaligus promosi budaya minum ala Korea Selatan.

FYI nih gengs, kalo orang Korea Selatan udah nawarin soju itu pantang buat ditolak karena kamu bakal dicap gak sopan. So, tell them ya buat kamu yang gak suka minum alkohol.

Program wajib militer

Ketegangan yang masih berlanjut sama negara sepupunya Korea Utara, jadi alasan utama kenapa wajib militer diadain. Pelatihan militer selama dua tahun wajib diikutin sama semua cowok Korea Selatan. Mulai dari pegawai sipil, pengusaha, bahkan artis pun harus ikut kecuali kalau dia anak tunggal di keluarganya.

Biasanya artis yang mau wamil pasti bakal ditangisin sama fansnya, secara selama dua tahun wajah gantengnya bakal hilang dari layar tv. Meski begitu, pas selesai wamil mereka bakal makin seneng soalnya sang idola bakal punya body yang lebih gagah dan kekar dari sebelumnya, yah contoh aja Song Joong Ki oppa versi abis wamil.

Pecinta komestik

Sama kayak budaya oplas, cinta kosmetik atau dandan juga dilakuin sama cewek dan cowok di Korea Selatan. Kalo di Indonesia cowok suka dandan bisa menimbulkan gosip, kalo di sana itu justru jadi hal lumrah. Mulai dari parfum, lip tint, sampai maskara bisa jadi bahan belanjaan para cowok.

Budaya mementingkan fisik yang kuat bikin mereka jadi suka dandan. Bahkan dana buat beli kosmetik selalu masuk daftar belanjaan pas abis gajian. Kan maen!

Rajin belajar

Kualitas hidup di negara ini sangat tinggi. Gak cuma standar fisik, standar pendidikan juga sangat penting. Susahnya buat masuk ke Universitas di Korea Selatan, berimbas dengan tingginya aktifitas belajar pada pelajar di sana.

Ada beberapa kasus dimana pelajar memilih buat bunuh diri karena gak lolos ujian demi jaga harga diri, bahkan menurut WHO, Korea Selatan berada di urutan kedua sebagai negara yang tinggi kasus bunuh dirinya.

Gaya Foto Cantik

Ada gaya yang jadi ciri khasnya warga Korea Selatan kalo lagi foto loh. Bikin bentuk huruf V pake jari atau kasih simbol saranghae bakal sering kamu temuin di galeri fotonya orang Korea. Dan gaya ini udah nyebar ke anak-anak remaja di penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Satu lagi nih, kalo orang Barat bilang cheese pas difoto, orang Korea bakal say kimchiii. Ikon makanan utama di Korea ini emang dicintai banget deh sama masyarakatnya, bahkan sampe jadi gaya foto. So gengs, kalo orang Korea Selatan bisa cinta sama budayanya, kita juga bisa dong lebih cinta sama budaya Indonesia kita. (sds)

Comments

comments