Kamis, 1 Desember 2022

Genmuda – Skip challenge mengundang lebih banyak bahaya daripada kesenangan. Tantangan yang lagi viral di kalangan remaja ini bikin orang kekurangan oksigen setelah dadanya diteken ke tembok selama beberapa menit. Pingsan dan kejang-kejang baru awal doang. Jangka panjangnya, saraf otak juga bisa rusak.

Kalo kata Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Harapan Kita, Yoga Yuniadi, yang dikutip Kompas.com, 10 Maret lalu, “Kekurangan oksigen selama empat menit bisa menyebabkan kerusakan otak yang sifatnya permanen.” Efeknya separah gegar otak, loh.

Belum lagi ada risiko patah tulang rusuk, paru-paru rusak, hingga gagal jantung ketika dada penantangnya diteken terlalu keras. Seperti challenge lain, para pelakunya yang udah sekali pingsan pengen nyoba-nyoba lagi dan tingkatin tekanan ke dadanya.

Tren yang juga dikenal dengan nama pass-out challenge ini udah menelan korban jiwa di Amerika Serikat, sekitar 1995-2007. Bukan tantangan konyol ini doang loh yang bahaya tapi malah viral di remaja dan anak muda. Misalnya aja, seperti di bawah ini.

1. SWAT-ting

via zappfeed.com
Rombongan SWAT terpaksa buang dana cuma gegara memenuhi panggilan palsu. (Sumber: zappfeed.com)

Pelaku tantangan ini menelepon saluran darurat 911 dan pura-pura mengaku ada keadaan berbahaya di rumah temennya. Setelah pasukan khusus anti teror SWAT, pemadam, dan ambulans dikirimin sesuai pengaduan, ternyata tuan rumah yang diaduin engga kenapa-kenapa.

Phone-prank macam ini sangat ngerugiin negara karena hambur-hamburin anggaran kota waktu ngerahin berbagai kendaraan daruratnya. Pemilik rumah juga bisa ditindak tegas kalo menolak rumahnya digeledah sesuai prosedur.

2. Kylie Jenner Lip Challenge

via makeagif.com

Bibir Kylie Jenner yang ngembang memesona itu bikin netizen pada mupeng. Buat memperolehnya, banyak yang menekan kenceng-kenceng sebuah gelas ke mulut, lalu menyedot gelasnya hingga makin menekan lagi.

Bibir emang mengembang tapi area sekitarnya bisa bengkak hingga keluar titik-titik darah. Bukannya cakep, malah jadi dower dan butuh P3K. Bibir Jenner bisa ngembang gitu karena pakai lip fillers kali.

3. Condom Challenge

via YouTube.com
Karena kondom dibuat dari material kuat, balon air ini susah pecah. (Sumber: YouTube.com)

Mungkin karena kebelinger, netizen mancanegara pernah nyoba mengisi kondom dengan air, lalu jatohin benda yang udah jadi balon air itu ke atas kepala sendiri atau temennya. Karena kondom terbuat dari material ketat yang susah pecah, tentu saja yang jadi korban pasti susah napas.

Ada juga tantangan seputar kondom yang lebih aneh. Penantangnya menyedot kondom lewat hidung, lalu mengeluarkannya lewat dalam tenggorokan. Engga sakit apa itu saluran penghubung antara hidung dan tenggorokannya?

4. Cinamon Challenge

via Istimewa

Ada lagi nih tantangan menelan satu sendok makan full serbuk kayu manis tanpa air. Ngeliatnya emang kocak apa lagi waktu penantangnya terbatuk-batuk dan serbuk kayu manisnya berhamburan keluar semua dari mulut.

Namun, tantangan ini bikin beberapa orang tumbang karena paru-parunya luka kemasukan serbuk rempah itu. Gawatnya, paru-paru juga bisa infeksi dan memebengkak karena kemasukan benda asing.

5. Salt and Ice Challenge

via worldnow.com
Gambarnya ini aja biar engga gory. (Sumber: worldnow.com)

Beberapa remaja juga ada yang sengaja naburin garem ke kulit dan nempelin es ke area itu. Reaksi kimia garam dan es bikin temperatur makin rendah hingga akhirnya kulit jadi radang dingin (frostbite). Efeknya sama dengan luka bakar tingkat dua yang membekas berhari-hari.

6. Fire Challenge

Beberapa orang malah lebih ekstrim dengan bener-bener membakar diri. Siapapun yang lama terbakar, dia yang menang. Atraksi gila itu dilakuin di pinggir sumber air, seperti kamar mandi atau kolam renang, supaya apinya gampang dipadamin.

Sayang, mereka engga tau kalo api yang udah kesulut minyak susah banget diprediksi. Bukannya nyebur, mereka malah nyiramin lebih banyak minyak ke badan karena saking paniknya. Ya jelas banyak yang menderita luka bakar tingkat gegara tantangan ini.

7. Skywalking

via thestrangelist.com
(Sumber: thestrangelist.com)

Kamu kemungkinan pernah liat foto bahkan selfie orang bergelantung di ketinggian tanpa pengaman. Kejadian sangat berbahaya itu udah merenggut banyak nyawa. Salah satunya, adalah remaja Kota Novy Urengoy, Rusia yang jatuh gegera hilang pegangan saat gelayutan di tepi puncak gedung. Dia jatuh dari ketinggian 9 lantai dan tewas sebelum petugas medis tiba. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.