Minggu, 9 Agustus 2020

Genmuda – Ada kabar gembira dari Timnas Indonesia nih Kawan Muda. Walaupn tim Garuda harus tahluk dari tim Gajah Perang di final Piala AFF pada 17 Desember 2016, namun anak asuh Alfred Reidl ini berhasil membuat catatan impresif di peringkat FIFA.

Jadi skuat Garuda berhasil memperbaiki peringkatnya di FIFA, menjadi peringkat ke-171 atau naik 8 peringkat. Sedangkan skuat Gajah Perang berhasil naik 3 peringkat ke posisi 126 dan menempel Filipina di posisi 120 sebagai wakil teratas negara ASEAN.

via fourfourtwo.com
Stefano Lilipaly (depan) ngerebut bola dari pemain Thailand. Di laga pembuka Piala AFF, Indonesia kalah 4-2 dari Thailand. (Sumber: fourfourtwo.com)

Catatan kenaikan peringkat Indonesia setelah piala AFF 2016 juga berhasil mengungguli semua negara ASEAN lainnya gaes. FYI, dari peringkat terbaru FIFA, hanya Indonesia, Thailand, Myanmar yang berhasil memperbaiki peringkat, bahkan Filipina pun harus rela turun tiga peringkat.

Walau peringkat Indonesia masih di belakang Filipina, Thailand, dan Myanmar, tapi keberhasilan Boaz cs. melenggang sebagai runner up jelas punya kontribusi besar atas kenaikan peringkat tersebut. Coba aja Kawan Muda bayangin, padahal sepakbola Indonesia baru aja dibebasin dari sanksi FIFA pada bulan Mei 2016 dan belum punya persiapan yang cukup untuk piala AFF.

Kalo dibahas lebih lanjut, Indonesia dan Thailand emang selalu punya rivalitas lain, –bukan cuma di sektor sepakbola, kayak yang Genmuda.com sebutin di bawah:

1. Pariwisata

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Indonesia emang punya banyak wisata contohnya aja Wakatobi yang udah dikunjungi big boss Microsoft yakni Bill Gates. Pesona laut dan pariwisata Indonesia emang engga bisa di anggap remeh karena negara kita ini punya SDA yang amat banyak dan indah.

Tapi kalo ngomongin pariwisata Thailand, negara ini menjadi pemasok turis asing tertinggi di ASEAN yakni sebesar 29,8 juta selama tahun 2015. Kalo menurut penulis sih Indonesia bukan karena kalah dari sisi Indahnya, tapi dari keseriusan pemerintah dalam menangani pariwisata Indonesia.

2. Entertainment

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Thailand punya Niickhun yang berhasil di gaet JYP dan member 2PM. Tenang Indonesia punya Joe Taslim yang udah punya peran penting di salah satu film Hollywood yaitu ‘Fast Furious 6’ bahkan rumornya doi juga bakal main di ‘Star Trek Beyond’.

Engga cuma artis-artis yang udah go internasional aja antar 2 negara ini juga terjadi dimana ada cowok ganteng. Aktor Thailand rata-rata memiliki kulit putih dan tubuh tinggi kayak Jirayu dan Ter tapi Indonessia juga punya loh aktor ganteng yang bikin kamu kelepek-lepek kayak Chicco Jerikho dan Hamish Daud.

3. Drama

via: Tumblr

Drama Thailand itu engga panjang. Paling cuma 1-17 episode atau paling banyak 20 deh. Namun karena di Indonesia punya irisan sama budaya India, engga heran kalo sinetron di sini episodenya bisa sampai ratusan dan bisa bertahun-tahun. Warbiasak!

4. Hantu

via genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Indonesia punya banyak hantu seram yang awalnya dari cerita rakyat. Contohnya aja Genderuwo yang identik bertubuh besar dan menyeramkan. Thailand pun juga sama. Di sana Genderuwo punya saingan bernama Phi Bread, yaitu hantu raksasa punya mulut besar dan aneh. Kalo orang Thailand takut banget sama hantu Phi Bread, kalo menurut kamu sereman mana?

5. Banci

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Kalo hal ini Indonesia musti akui kalo Thailand lebih jago. Selain emang udah jadi budaya yang wajar, negeri Gajah Putih ini juga memperlakukan kesamaan hak buat mereka yang punya kelamin “abu-abu”.

6. Macet

via: Tumblr

FYI, Bangkok pernah dikenal dengan kota paling macet di dunia. Bahkan pembelian mobil dalam sehari bisa sampai 800 unit. Namun pemerintah kota gercep dengan membangun Bangkok Mass Transit System dan kereta bawah tanah buat menanggulangi kemacetan. Semoga Jakarta yang juga terbilang sebagai kota termacet di dunia bisa terbebas dari kemacetan. (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela