Kamis, 29 Oktober 2020

Genmuda – Penggemar MotoGP berbela sungkawa atas wafatnya Nicky Hayden, Senin (22/5) lalu. Kematian sang “Kentucky Kid” akibat tertabrak mobil ketika bersepeda di area Rimini, Italia, 17 Mei. Luka parah hingga koma, jawara MotoGP 2006 itu meregang nyawa di RS Maurizio Bufalini, Cesena.

Sehari sebelum mantan pembalap Honda dan Ducati itu menghembuskan napas terakhir, Aaron Ramsey mencetak gol di menit 91 yang ngebawa Asenal menang 3-1 atas Everton. Apa hubungannya antara wafatnya pembalap MotoGP dengan gol yang dicetak pemain tengah asal Wales itu?

Sejak tahun 2011, gol Ramsey selalu diiringi sama kematian seorang tokoh besar, mulai dari pemimpin negara, artis, pakar teknologi, hingga pemimpin kelompok militan. Ada sekitar 20 orang yang jadi korban “Kutukan Ramsey.” Urutannya ada di bawah ini.

1. Andres Montes

via formulatv.com
Almarhum Andres Montes. (Sumber: formulatv.com)

Orang Spanyol pasti kenal Andres Montes. Jurnalis dan reporter itu biasa diundang sebagai komentator juga pembawa acara berbagai siaran olahraga. Dia wafat setelah Ramsey mencetak gol untuk timnas Wales ke gawang Lichtenstein, 14 Oktober 2009. Inilah awal mula “Kutukan Ramsey.”

2. Antonio De Nigris

via uefa.com
De Nigris, the striker! (Sumber: uefa.com).

Tepat satu bulan kemudian, Ramsey ngejebolin gawang Skotlandia. Gak lama setelah itu, mantan striker Meksiko Antonio De Nigris wafat.

3. Osama bin Laden

via nbcnews.com
Osama bin Laden. (Sumber: nbcnews.com)

Empat jam setelah Ramsey ngebobolin gawang MU, 1 Mei 2011, Osama bin Laden tewas. Pemimpin kelompok militan Al-Qaeda itu tewas tertembak di Pakistan dalam peperangan dengan Navy Seal Amerika Serikat. Bukan cuma mengakhiri satu nyawa, gol Ramsey juga mengakhiri sebuah pertempuran di Timur Tengah untuk beberapa saat.

4. Steve Jobs

Steve Jobs saat ngenalin iPhone 4 (c) Softpedia

Pertandingan Tottenham-Arsenal, 2 Oktober 2011 berakhir 2-1. Selain bikin Arsenal gak malu-malu banget karena “pecah telor,” gol tunggal Ramsey disusul sama wafatnya Steve Jobs, bos besar Apple.

5. Muammar Gaddafi

via howafrica.com
Muammar Gaddafi waktu masih memimpin Libya. (Sumber: howafrica.com).

Setelah memimpin kudeta Raja Idris dan merevolusi pemerintahan Libya dari sistem kerajaan ke sistem republik pada 1969, Gaddafi duduk di bangku pemimpin. Kekuasaannya terlalu besar sehingga gak ada yang bisa gantiin posisi doi, hingga akhirnya Ramsey ngegolin gawang Marseille, 19 Oktober 2011. Dua belas jam kemudian, Gaddafi tewas dalam amukan massa dari Kelompok Transisi Libya.

6. Whitney Houston

via hologramusa.com
Tante Houston di masa mudanya. (Sumber: hologramusa.com)

Penyanyi kondang ini tewas delapan jam setelah Ramsey mencetak angka ke gawang Sunderland, 11 Februari 2012. Pertunjukan Grammy Award yang berlangsung setelah kematian penyanyi asal Amerika Serikat itu pun berubah jadi sebuah konser “Tribute to Whitney Houston.”

7. Chavela Vargas

via istimewa
Ini Chavela Vargas. (Sumber: Istimewa)

4 Agustus 2012 adalah waktu yang buruk untuk Chavela Vargas. Masalahnya, nyawa penyanyi Meksiko berdarah Kosta Rika itu dipanggil Tuhan sehari setelahnya. Bagi penggemar musik folk, musik beraliran rancheros ala penyanyi sekaligus gitaris cewek itu adalah sumber inspirasi.

8. Ray Williams

via Istimewa
Ini Ray Williams masa muda. (Sumber: Istimewa)

Penggemar NBA, terutama klub New York Knicks dan lawan-lawan klub itu pasti kenal betapa tangguhnya Ray Williams saat defense. Guard yang main di Knicks periode 1977-1981 itu wafat menyusul gol Ramsey ke gawang Skotlandia waktu doi main di timnas Wales, 22 Maret 2013.

9. Boris Berezovsky

via businessinsider.com
(Sumber: businessinsider.com)

Dengan gol yang sama, Boris Berezovsky wafat. Pengusaha, insinyur, dan pakar matematika Rusia yang vokal banget menentang pemerintahannya Vladimir Putin itu wafat mengenaskan. Dia ditemukan tak bernyawa di kamar mandi, dengan seutas tali terjerat di leher. Polisi bilang dia dibunuh mata-mata Rusia.

10. Bebo Valdes

via Istimewa
Oom Bebo mukanya lucu banget. (Sumber: Istimewa)

Pianis, komposer, pemimpin big band asal Kuba, Bebo Valdes juga wafat setelah Ramsey jebolin Skotlandia itu. Musisi jazz legendaris itu wafat di Stockholm, Swedia, saat pengobatan penyakit Alzheimer yang dideritanya.

11. Jorge Rafael Videla

via glanacion.com
Jorge Rafael Videla masa tua. (Sumber: glanacion.com).

Siapa dia? Dia adalah pemimpin tinggi tentara sekaligus diktator Argentina periode 1976-1981. Berdasarkan Pengadilan Junta 1985, pengadilan tinggi yang mulihin demokrasi Argentina, Videla dihukum hingga akhirnya tewas dalam tidurnya di dalam penjara Marcos Paz, 17 Mei 2013. Tiga hari sebelumnya, Ramsey jebolin gawang Wigan.

12. Ken Norton

via beatsboxingmayhem.wordpress.com
Ken Norton (kiri) lawan Muhammad Ali (kanan). (Sumber: beatsboxingmayhem.wordpress.com).

Petinju AS Ken Norton wafat gak lama setelah Ramsey ngegolin gawang Marseille, 18 September 2013. Musuh bebuyutannya Muhammad Ali dan George Foreman di atas ring itu wafat di usia 70 tahun akibat stroke yang gak bisa tertahan lagi.

13. Paul Walker

via eonline.com
Babang Paul Walker masih di hati! (Sumber: eonline.com).

30 November 2013 bukanlah momen yang berbahagia buat penggemar film “Fast & Furious.” Paul Walker wafat pada tanggal itu, tepat beberapa jam setelah Ramsey jebolin gawang Cardiff.

14. Rubin Carter

via youtube.com
Rubin Carter masa muda. (Sumber: youtube.com)

Udah tau punya kutukan, Ramsey gak berhenti ngejebolin. Doi mencetak angka lagi waktu lawan Hull City, 20 April 2014. Gak lama setelahnya, Rubin Carter, mantan petinju Amerika Serikat wafat karena kanker prostat.

15. Hans Rudolf Giger

via istimewa
HR Giger dan dua karyanya. (Sumber: Istimewa)

Berkat HR Giger, seniman di seluruh dunia bisa dapet inspirasi ngelukis benda dengan motif tribal-horor secara detil. Karya HR lah yang menginspirasi bentuk alien di film-film “Alien,” atau bentuk tato-tato tengkorak. Pelukis asal swiss itu wafat 12 Mei, 2014 karena komplikasi jatuh di tulang ekor. Pada hari yang sama, Ramsey jebolin gawang Norwich.

16. Robin Williams

via cnn.com
Oom Robin Williams menyimpan depresi di balik senyumnya. (Sumber: cnn.com).

Pemain film dan pelawak kawakan, Robin Williams wafat bunuh diri pada 11 Agustus 2014. Gak lama sebelumnya, Ramsey baru aja mengoyak gawang Manchester City.

17. Richard Samuel Attenborough

via telegraph.co.uk
Pak Attenborough di red carpet. (Sumber: telegraph.co.uk)

Marga Attenborough terkenal banget sebagai marga berprestasi. Kalo Sir David Attenborough dapet banyak penghargaan sebagai pengamat alam, Richard Samuel Attenborough jadi sutradara, produser, dan aktor Inggris yang menangin tiga Golden Globe. Beliau wafat dua minggu setelah Ramsey jebolin gawang Everton pada 23 Agustus 2014.

18. David Bowie

via Istimewa
Cool abis nih orang. (Sumber: Istimewa)

David Bowie, the Thin White Duke, the Ziggy Stardust wafat 10 Januari 2016 di New York, sehari setelah Ramsey jebolin gawang Sunderland. Meski udah gak ada lagi, musik ala Bowie seolah bereinkarnasi dalam lagu barunya Harry Styles.

19. Alan Rickman

via adweek.com
Alan Rickman. (Sumber: adweek.com)

Dalam serial Harry Potter, Severus Snape wafat karena dibunuh ular terkutuk Voldemort. Di dunia nyata, Alan Rickman yang meranin karakter guru ramuan itu wafat karena “Kutukan Ramsey” kanker pankreas yang dideritanya. Beliau menghembuskan napas terakhir pada 14 Januari 2016, sehari setelah Ramsey jebolin gawang Liverpool.

20. Nancy Reagan

via istimewa
Nancy Reagan (kiri) masih jadi tamu kehormatan di Gedung Putih. (Sumber: Istimewa)

Ibu Negara AS pada periode kepresidenan Ronald Reagan 1981-1989 ini wafat setelah Ramsey mengakhiri kemarau gol dengan jebolin gawang Tottenham, 5 Maret 2016. Sepanjang hidup, perempuan yang juga mantan bintang film itu tetap jadi aktivis meski udah gak jadi ibu negara lagi. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.