Kamis, 3 Desember 2020

Genmuda – Rapper Iwa K masuk ke dalam daftar panjang artis yang ketauan bawa narkoba. Pelantun “Malam Indah” itu ditangkap di Bandara Soekarno Hatta karena kegep bawa tiga linting ganja yang disamarkan dalam bungkus rokok.

Berdasarkan pengakuan pihak Iwa K di penyelidikan awal, “rokok terlarang” itu didapat dari orang lain. Apapun pembelaan pengacaranya, rapper senior Indonesia itu resmi ditetapkan sebagai tersangka, dua hari setelah ditangkap.

Meski beberapa negara ada yang 100% melegalkan dan ada yang bilang tanaman jenis Cannabis itu banyak manfaat, ganja tetaplah daftar terlarang menurut Badan Narkotika Nasional. Pihak berwajib gak segan menindak semua orang yang ada hubungannya sama narkoba.

Faktanya, kamu harus paham kalo bukan narkoba doang yang bikin kamu otomatis bersalah di mata masyarakat Indonesia. Ketika kamu (sengaja atau engga sengaja) memiliki hal-hal di bawah ini, kamu bakal dituduh bersalah habis-habisan.

1. Niat jelek

via giphy.com

Pada suatu hari, Joko dan Anwar berniat jalan-jalan ke pantai membawa kamera mahal yang bagus. Joko pengen mengabadikan pemandangan laut yang indah sementara Anwar pengen mengabadikan ciptaan Tuhan terindah yang lagi pakai baju renang, bikini, atau kaos putih yang nyeplak.

Ketika piknik di laut, Joko dan Anwar sama-sama kecebur dari atas perahu bersama kamera mahalnya. Kepada Anwar, Joko bilang, “Sialan! Niat lo dari awal gak bener sih! Kita jadi kecebur, kan! Kamera jadi rusak, kan!”

2. Barang yang lagi diumpetin

Meski kamu cuma jadi orang terakhir yang dititipin barang temen yang lagi diumpetin anak-anak tongkrongan, kamu termasuk pihak yang bersekongkol. Seperti mereka yang pertama kali ngumpetin, kamu harus siap menerima amukan doi yang udah kelimpungan mencari barangnya.

3. Contekan

via giphy.com

Guru dan pengawas ujian engga bakalan mau denger alasan peserta ujian yang kegep bawa contekan. Meski contekannya cuma kamu jadiin jimat dan gak dipakai sama sekali, kamu sama bersalahnya dengan mereka yang memang mencontek.

4. Chatroom ‘mesra’ sama mantan

“Katanya mau move on. Kok lo engga tegas gitu sih jadi orang. Kalo udah mantan ya biarin aja jadi mantan. Jangan lo hubungi lagi biar dia engga semena-mena jadi orang.” Wejangan itu kemungkinan besar bakal didengar ketika kamu ketauan menghubungi mantan yang masih sayang.

5. Buku pinjaman perpus yang kadaluarsa

via giphy.com

Dosen: “Joko, Buku kamu langka, nih. Ini punya kamu?”

Joko: “Engga, Mas. Saya minjem ini dari Anwar.”

Dosen: “Saya buka-buka bukunya, ya.”

Joko: “Oke, Mas. Sikat aja.”

Dosen: “Loh, ini kan buku perpustakaan yang sudah lewat waktu tenggat. Kamu ini! Kalau tahu bukunya sudah harus dikembalikan, harusnya kamu bilang itu ke Anwar! Jangan kamu simpan terus!”

Joko: “Yaelah, pak. Saya juga belum buka bukunya sama sekali.”

6. Perasaan ke orang yang udah punya pacar

Benar kata Agnes Monica kalo cinta ini kadang-kadang tak ada logika. Rasa suka ke orang yang udah punya pacar mending dipendam dalam hati aja. Ketika diceritain, orang yang denger pasti bakal menganggap kamu jahat, bajingan, bersalah, dan hal negatif lain, biarpun kamu engga pernah gerak buat deketin doi.

7. Koneksi wifi di rumah pacarnya teman

via giphy.com

Jono pengen ngasih surprise ulang tahun ke rumah pacarnya. Doi sengaja ngajak Lono buat bantu bawa sekarung hadiah yang udah doi beli pakai duit tabungan sejak SD. Ketika sampai di rumah ceweknya, ternyata ketauan kalo ponsel Lono langsung terkoneksi secara otomatis ke WiFi di sana, –padahal Jono gak pernah ngajak Lono ke sana sebelumnya. Seperti yang kamu duga, Jono menduga ceweknya selingkuh sama Lono di rumah itu. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.