Minggu, 14 Juli 2024

Genmuda – Udah berapa kali kamu buka puasa pakai aneka kolak selama seminggu berpuasa? Tiap hari? Gak bosen tuh? Minuman khas Indonesia yang cocok buat berbuka ada banyak banget, keleus!

Masing-masing minuman tersebut juga sering dijual bersebelahan sama tukang kolak di area jajanan berbuka. Jadi, nyarinya pasti gampang. Kalo gak ketemu, tunggu aja di depan rumah. Nanti juga lewat.

Sama kayak kolak ubi atau kolak pisang, minuman di bawah ini enak disajiin hangat-hangat dengan takaran gula yang manis. Saking enaknya, kamu gak bakalan puas cuma menikmatinya satu porsi doang.

1. Bajigur

via bandungvacation.com
(Sumber: bandungvacation.com)

Rasa manis, hangat, dan gurih bajigur beraroma harum berasal dari campuran santan, gula aren, jahe, daun pandan, dan sedikit garam. Tukang jualan minuman khas Jawa Barat itu juga sedia makanan pelengkapnya, macam pisang dan ubi. Cocok banget dimakan saat berbuka.

2. Bandrek

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Bajigur ditambah bumbu rempah seperti kayu manis, cengkeh, sereh, kapulaga, dan biji ketumbar sama dengan bandrek. Zaman sekarang, minuman khas Jawa Barat – Betawi itu ada bentuk bubuk. Seduh, terus seruput hangat-hangat atau kokop dingin-dingin.

3. Wedang

via cookpad.com
(Sumber: cookpad.com)

Campur rebusan air jahe dengan gula, pandan, dan serai. Kemudian, celupin bola ubi (atau bola tepung ketan) dan kacang sangrai. Jadilah wedang, minuman hangat khas Solo dan Salatiga, Jawa Tengah.

4. Sekoteng

via apasih.web.id
(Sumber: apasih.web.id)

Sekoteng mirip kayak wedang. Bedanya, sekoteng dibuat dengan bahan tambahan kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, kolang-kaling, dan potongan roti. Lebih enak ditambahin lagi susu kental manis. Hmmm. Awas tuh liur kamu menetes-netes.

5. Bir pletok

via okezone.com
(Sumber: okezone.com)

Bir pletok udah modern. Kamu tinggal buka instagram lalu beli aja bir pletok botolan. Gak usah takut haram. Minuman khas Betawi itu dibuat dari jahe, daun pandan, serai, kapulaga, kayu manis, dan merica hitam, kok. Warna merahnya berasal dari kayu secang.

6. Bir kotjok

via kompas.com
(Sumber: kompas.com)

Mirip kayak bir pletok, bir kotjok terbuat dari rebusan jahe merah, kayu manis, cengkeh, dan gula merah yang kemudian dikocok sampai berbusa sehingga bentukannya macam bir beralkohol aja gitu, padahal itu minumah khas Bogor.

7. Teh talua

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Teh talua alias teh telur sih bisa kamu bikin sendiri di rumah. Cukup campur teh manis panas yang dibubuhi bubuk vanili dengan kuning telur. Aduk sampai berbusa lalu tuang susu kental manis. Jadi deh minuman khas Sumatera Barat.

8. Sarabba

via covesia.com
(Sumber: covesia.com)

Sarabba mirip kayak teh telur, tapi bahannya bukan dari teh. Melainkan, dari jahe panas dicampur kuning telur, gula aren, santan, dan merica bubuk. Minuman khas Makassar itu gampang dibikin sendiri di rumah.

9. Kembang tahu

via sipendik.com
(Sumber: sipendik.com)

Jajanan khas betawi ini dibuat dari endapan kedelai yang direbus hingga bentuknya seperti bubur sumsum versi halus. Setelah endapan itu disiram rebusan jahe-pandan-gula merah, jadilah kembang tahu yang enak disantap.

10. Jamu

via tribunnews.com
(Sumber: tribunnews.com)

Ya. Apa salahnya berbuka puasa sama air beras kencur campur kunyit asem? Enak dan harganya murah. Sekitar Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribuan segelas. Kurang? Nambah lagi aja. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.