Jum'at, 25 September 2020

Genmuda – Fungsi Internet yang kian hari kian bertambah membuat Kawan Muda bisa menemukan informasi apapun di Internet, termasuk buka Genmuda.com. He-he. Jauh daripada itu, internet sekarang jadi salah satu tempat pelarian manusia modern dari kepenatan hidup mereka. Banyak pula beredar situs interaktif yang penting tapi terkenal. Belum lagi, situs penting banget yang berguna tapi engga banyak orang yang tau.

Beberapa hari lalu, Genmuda pernah ngebahas situs-situs game engga penting dan bikin lupa waktu. Sekarang, kita bakal serius sedikit nih. Berikut ini adalah 10 situs yang fun buat kamu jelajahi sekaligus bisa nambah ilmu pengetahuan kamu. Cekidot!

1. Duolingo

(Sumber: Duolingo)

Udah tau dong kalo kemampuan berbahasa asing banyak manfaatnya terutama di era MEA kayak sekarang. Kalo kamu ingin belajar bahasa asing tapi engga ada dana banyak, Duolingo bisa jadi partner kamu. Web apps ini nyediain sejumlah bahasa yang bisa kamu pelajari secara bertahap. Uniknya, kamu engga bakal ngerasa kayak belajar serius karena semuanya didesain layaknya game.

2. Project Gutenberg

(Sumber: Project Gutenberg)

Anak-anak kuliah (terutama anak sejarah dan filsafat) yang butuh sumber buku-buku klasik luar negeri engga perlu kelimpungan lagi ngobrak-ngabrik toko buku bekas. Situs Project Gutenberg nyediain buku-buku lama yang licens –nya udah habis buat kamu download. Which means, sangat legal buat nge-download semua konten yang ada di situs itu. Bahkan buku terbitan awal Sir Arthur Conan Doyle pun bisa kamu nikmati secara gratis.

3. CIA World Factbook

(Sumber: The World Factbook)

World Factbook nyediain semua informasi publik terkait geografi yang dimiliki CIA. Di dalam situs ini, kamu bisa nyari tahu sejarah singkat sebuah negara, jumlah penduduk, status ekonomi, hingga kekuatan tempurnya. Dan, inget loh kalo semua data di dalem situs ini berasal dari CIA, lembaga mata-matanya Amerika Serikat.

4. Codeacademy

(Sumber: Codeacademy)

Kalo kamu ingin menguasai dunia layaknya para pakar IT menguasainya, kamu perlu belajar coding dulu. Codeacademy ngasih kamu semacam les singkat, cepat, padat, dan interaktif buat kamu yang mau belajar coding. Engga perlu bayar mahal, kamu bahkan bisa ngebuat program sendiri. Asalkan rajin sih.

5. Justin Guitar

(Sumber: Justin Guitar)

Di tengah kesibukan dan tuntutan aktivitas otak sehari-hari, musik merupakan salah satu muara yang menentramkan hati. Terlebih lagi, bila bisa memainkan satu lagu penuh dengan alat musik. Kalo kamu ingin belajar bermusik, gitar bisa jadi alat musik pilihan. Engga begitu gampang emang memainkannya, tapi banyak banget video tutorial, info, atau situs di Internet yang bisa ngajarin kamu main gitar dari nol. Salah satunya, situs Justin Guitar.

6. Investopedia

investopedia
(Sumber: Investopedia)

Engga bisa dipungkiri lagi, anak muda sekarang udah mulai berperan aktif di dunia bisnis, baik itu skala kecil ataupun besar. Obrolan soal bisnis dengan segala istilahnya pun sering banget terucap dari mulut anak-anak muda di tempat nongkrong. Sekarang, kamu engga perlu minder. Soalnya Investopedia bakal ngasih kamu info seputar bisnis. Engga tertutup kemungkinan pengetahuan kamu bisa lebih canggih dari yang lain.

7. Quora

quora
(Sumber: Quora)

Kalo kamu pernah bingung mencari orang yang tepat buat ditanyai sesuatu, ada baiknya kamu coba bertanya di Quora. Situs ini layaknya sebuah forum (atau AskFM mungkin kalo kamu tau). Bedanya, pertanyaan kamu bakal dijawab dengan jawaban bermutu. Sebab, developer situs ini ngundang sejumlah pakar buat bikin akun dan jadi penjawabnya.

8. Information Is Beautiful

(Sumber: Information Is Beautiful)

Anak kekinian yang lagi bingung bikin desain infografis atau slide presentasi yang kece mungkin bisa menemukan inspirasi di situs Information is Beautiful. Bukan cuma ngasih informasi berupa data, situs ini juga ngasih penjelasannya dalam bentuk-bentuk visual sehingga lebih mudah dimengerti.

9. Lumosity

(Sumber: Lumosity)

Ketika menonton dan main game udah ngebosenin, senam otak merupakan solusi terbaik. Lumosity ngasih kamu kesempatan belajar hal baru lewat permainan. Yah, kamu bakal ngerasa balik lagi ke TK sih, tapi bukankah belajar di TK merupakan momen-momen belajar yang paling menyenangkan seumur hidup kamu?

10. TED

ted
(Sumber: ted)

Butuh motivasi yang kekinian dan engga draggy? Kamu perlu ikutan seminar TED berarti, atau paling engga baca intisari materi yang disampaikan tiap pakar dan ilmuan di acara seminarnya. Kamu bisa baca semua itu di situs TED Officials. Kalo kamu beruntung, kamu bakal nemuin video pematerinya di situs itu dan dapet inspirasi tambahan buat berkarya tanpa perlu susah-susah ikut seminarnya.

Gimana? Sepuluh situs itu jauh lebih berguna buat menghabiskan waktu daripada situs yang lainnya kan? Ayo cobain gaes. Sebelum situsnya ditutup karena alesan-alesan gajebo atau malah bangkrut karena engga ada yang nyobain. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.