Selasa, 11 Agustus 2020

Genmuda – Biasanya, masa muda tuh jadi masa terbaik buat kita ngelakuin berbagai hal, mulai dari yang sederhana sampai yang berisiko sekalipun. Sayangnya, sering kali berbagai hal tersebut justru harus terkendala dengan yang namanya uang.

Kawan Muda mungkin pernah ngelihat meme yang nunjukin bahwa anak muda punya banyak waktu dan tenaga, tapi uangnya engga sebanyak waktu dan tenaga mereka itu. Sebaliknya, orang dewasa cenderung punya lebih banyak waktu dan uang, tapi tenaganya malah udah menipis.

Terkait dengan meme tersebut, biasanya ada beberapa hal yang akhirnya jadi ragu buat dilakuin oleh anak muda gara-gara takut engga ada dananya. Mulai dari masalah pekerjaan, pendidikan, sampai asmara, semua itu awalnya kerap dimulai dengan proses yang engga nyenengin.

Ngerintis startup

(Sumber: fromstartuptogrowup.com)
(Sumber: fromstartuptogrowup.com)

Beberapa tahun belakangan ini, fenomena startup lagi ngejamur banget di Tanah Air. Engga kayak jaman dulu dimana perusahaan dirintis turun-temurun dengan bidang yang itu-itu aja, jaman sekarang banyak anak muda justru berlomba-lomba buat ngerintis perusahaannya sendiri dengan bidang yang jauh lebih beragam. Lihat aja contohnya sejumlah perusahaan penyedia layanan transportasi online.

Namun demikian, buat ngerintis startup tentu engga cuma diperluin ide yang out of the box dan bisa ngejawab kebutuhan masyarakat, melainkan juga dana yang terbilang engga sedikit. Walau banyak venture capital suka ngadain kompetisi dan pembinaan startup dengan total investasi yang terbilang wow banget, tetap aja sebuah startup harus punya modal awalnya sendiri terlebih dahulu.

Lanjut kuliah

(Sumber: huffpost.com)
(Sumber: huffpost.com)

Engga jauh beda dari ngerintis startup, lanjut kuliah jelas juga butuh dana yang cukup besar, apalagi kalo kamu mau lanjut S2 dan S3. Terlepas dari banyak beasiswa yang disediain oleh pihak pemerintah dan swasta, bukan berarti kamu engga perlu biaya lagi buat bayar ini itu, kayak misalnya buat tempat tinggal, makan, beli buku, dan ongkos ke kampus.

Iya sih beasiswa penuh yang udah sekaligus sama biaya ini itu emang masih tersedia dengan nominal yang berbeda-beda. Meski begitu, kamu tetap aja harus punya uang pegangan sendiri buat jaga-jaga kalo suatu hari ada keperluan mendesak yang harus kamu penuhi. Engga lucu ‘kan udah dapat beasiswa tapi kamu malah masih ngutang sana-sini gara-gara uang beasiswanya kepakai buat hal lain?

Ngelamar si dia

(Sumber: icytales.com)
(Sumber: icytales.com)

Well, kalo yang satu ini sih sebenarnya bisa aja kamu lakuin tanpa ngeluarin biaya yang sampai gimana-gimana. Kalo harus ngeluarin, ya seengganya buat beli cincin dulu bukan modal cinta doang. Toh, pas ngelamar ‘kan intinya kamu cuma nanya ke si dia mau nikah sama kamu atau engga.

Akan tetapi, biasanya salah satu alasan terkuat yang bikin banyak cowok masih belum siap buat ngelamar ceweknya adalah masalah dana. Kamu pasti bakal kepikiran soal biaya nikah (gedung, katering, dan lain-lain), rumah, dan lala-lili lainnya yang harus kamu penuhi biar kamu engga malu di hadapan si dia dan calon mertua. Setuju engga tuh, Kawan Muda?

Nah, dari sejumlah contoh kasus yang Genmuda.com kasih di atas, sebenarnya berbagai proses sulit yang harus kamu tempuh gara-gara masalah uang itu bisa kamu atasi dengan jauh lebih mudah kalo dari sekarang kamu udah punya tabungan sendiri. Nabungnya juga bukan cuma sekedar ngumpulin uang receh terus ditaro di celengan ayam doang, melainkan nabung di bank.

Sebagian dari kamu pasti udah pada punya rekening bank sendiri yang terpisah dari orang tua. Tapi, kamu mungkin cuma ngegunain rekening tersebut buat nerima gaji atau uang bulanan dari ortu doang. Singkatnya, uang di rekening kamu datang dan pergi gitu aja, boro-boro bunga, saldonya aja kadang cuma numpang lewat.

Sekarang udah saatnya kamu ngerubah kebiasaan kamu yang engga pernah berlama-lama nyimpan duit di bank, Kawan Muda. Soalnya, selain bisa ngebantu kamu menuhin kebutuhan kayak tiga contoh di atas, nabung di bank juga bisa ngasih keuntungan yang engga terduga buat kamu.

(Sumber: promo.bri.co.id)
(Sumber: promo.bri.co.id)

Misalnya aja kalo kamu nabung di Bank BRI, kamu bakal berkesempatan pula buat ikutan program Untung Beliung BritAma loh. Kamu cuma perlu ningkatin terus transaksi Internet Banking BRI, Mobile Banking BRI, Debit BRI, hingga saldo Tabungan BRI BritAma, Tabungan BRI BritAma Bisnis, atau Tabungan BRI Junio kamu sebanyak-banyaknya.

Dengan begitu, kamu bakal dapat sejumlah poin yang bisa kamu tukerin dengan beragam hadiah langsung, yang informasinya bisa kamu cek di promo.bri.co.id. Kurang menarik kayak gimana lagi coba tuh, Kawan Muda?

Sementara itu, kalo kamu mau ngecek BRI Point, kamu yang udah teregistrasi di Mobile Banking BRI bisa kirim SMS Info (spasi) Poin (spasi) PIN ke 3300. Kamu bisa juga ngecek di Mobile Banking BRI dengan pilih Menu Info – Info Poin atau ATM BRI dengan pilih Menu Info Rekening – Info Poin. Kalo engga, kamu buka aja Internet Banking BRI, hubungi Contact BRI 14017, atau gunain EDC BRI.

Selanjutnya, kalo udah tahu berapa total poin kamu dan pengen buru-buru nukerin poin-poin tersebut, kamu tinggal buka aja e-Catalog BRI di promo.bri.co.id atau buka e-Pay BRI. Selain itu, kamu bisa pula nukerin poin kamu lewat EDC BRI di sejumlah merchant yang masuk dalam daftar kerja sama.

Engga ketinggalan, rencananya penarikan undian regional bakal berlangsung pada bulan Agustus sampai September mendatang. Menyusul setelahnya, bakal ada penarikan undian nasional pada bulan September sampai Oktober. Namun demikian, BRI Point kamu masih tetap berlaku sampai bulan November nanti.

So, tunggu apa lagi, Kawan Muda? Kalo kamu pengen ngewujudin mimpi kamu sekaligus ngeraih hadiah bertubi-tubi di tengah perjuangan panjang kamu buat ngeraih mimpi tersebut, nabung di Bank BRI bisa jadi solusi yang tepat buat kamu. “Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian, hidup anak muda!”

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer