Selasa, 25 Januari 2022

Genmuda – Setiap kampus pasti punya karakteristiknya masing-masing. Maka dari itu, setiap penghuninya pun pasti ikutan punya kelakuan yang aneh-aneh. Beragam deh pokoknya.

Jelang penerimaan mahasiswa baru nih, buat kamu yang baru lulus SMA pasti udah engga sabar banget kan ngerasain yang namanya dunia kuliah? Pasti. Tapi, sebelum itu semua ada satu hal yang berdiri di depan mata kamu, yaitu ospek.

Ospek umumnya jadi masa orientasi mahasiswa baru buat mengenal dunia perkuliahan. Biasanya diinisiasi sama senior yang udah lebih lama hidup di satu kampus. Nah, sebelum kamu mikirin yang lain, baiknya kamu tau dulu tipe-tipe senior yang umumnya kamu temui di kampus.

1. Senior #YOLO

You only live once. Senior YOLO (bukan Loyo) tuh yang paling santai dari semua senior yang ada. Dia engga mempermasalahkan derajat yang ada sewaktu mahasiswa baru masuk. Santai-santai aja jadinya. Kadang sering dianggap cool sama maba cewek.

2. Tukang marah-marah

(Sumber: anakui.com)

Dari awal ospek biasanya yang paling vokal. Ngomong dikit salah, disuruh berhenti. Salah dikit, disuruh push-up. Pokoknya engga ada yang bener di mata mereka. Tapi, di balik itu senior galak cuma mau mengasah mental kamu aja kok. Biar kamu kuat mejalani dunia perkuliahan.

3. Senior bawel

“Lo kan gue suruh bawa nasi uduk, kok engga dibawa?!,” kata senior kamu. “Ini apaan lagi baju sok keren gini. Berani banget lagi pake celana pendek, emang lo kira ini rumah nenek moyang lo?! Ini kampus. Pulang sana ganti!” Sebawel itu. Terus kamu harus gimana menghadapinya? Jawab aja ‘iya’ sambil nunduk.

4. Senior tapi jomblo

(Sumber: listovative.com)

Dari hari pertama kamu udah ngerasa diliatin terus sama satu senior. Ya, itulah senior jomblo yang udah masang target buat deketin kamu. Kadang di depan kita berlaku baik, menunjukan itikad baiknya buat pe-de-ka-te. Engga ada salahnya, kalo kamu suka dan jomblo juga. Ya, jadian aja. Siapa tau langgeng.

5. Senior motivator

“Ingat! Kuliah itu banyak cobaan. Kalian harus bersungguh-sungguh. Biayanya engga murah. Lulus harus tepat waktu agar membanggakan orang tua,” kata senior kamu. “Kalian dengar engga sih saya barusan ngomong apa?”, “Dengar kak,” jawab kamu dan maba lain. “Kurangin nongkrong, kuliah yang bener.”

6. Senior milih-milih

Entah karena faktor kenal sama maba yang baru masuk, atau emang ada rasa simpatik, terkadang ada senior yang milih-milih nih. Milih buat dikerjain, disuruh-suruh, bahkan buat dibela. “Kamu besok saya tunggu di lapangan,” kata senior. “Kalo kamu besok di kelas aja, saya cuma mau ngomong sama dia.” Ya, kamu bisa jawab ‘iya’ doang paling.

7. Senior curhat

anigif_optimized-23766-1434145215-1

Senior: “Kalian harus tau ya, saya tuh di kampus ini udah 6 tahun.”

Maba: “Kok lama kak?”

Senior: “DIAM! Berani ya kamu ngomong. Maju! Goyang bebek buruan. Saya tuh capek ya, maba kadang engga bisa menghargai seniornya. Kalian pada mikir engga sih?”

Maba: “Mikir, kak.”

Senior: “Bagus, saya makan dulu ya. Laper nih.”

Maba: “Baik, kak.”

Dalam batin mungkin kamu mau ajak senior kayak gini buat ‘Smackdown’.

8. Senior nongkrong

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Indahnya dunia perkuliahan tuh salah satunya lingkungan temen yang luas nih, Kawan Muda. Kamu bakal kenal banyak orang dengan sifat dan latar belakang yang berbeda. Dan mereka adalah teman kamu selama 4 tahun ke depan.

Nah, karena itulah biasanya di kampus tuh tongkrongan juga akhirnya terbagi-bagi. Ada yang di depan kelas, ada yang di kanting, ada yang di taman, atau ada yang di depan wc biar serem. Terus, pas ospek biasanya senior nyari penerus mereka nih dari angkatan bawah. Mereka ngeliat kepribadian kamu, kira-kira cocok engga buat tongkrongan mereka.

Senior: “Lo, mulai besok nongkrong sama gue. Gue tunggu.”

Maba: “Baik, kak. Tongkrongan apa tapi ya?”

Senior: “Gak usah banyak tanya, masih mending gue ngajak lo.”

Maba: “Pulangnya gak malem-malem kan kak?”

Senior:

(sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis