Rabu, 23 Juni 2021

Genmuda – Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan Neo QLED 8K TV di Indonesia, Kamis (6/5/2021) secara virtual. Selain memperkenalkan berbagai fitur menarik TV ini diklaim mampu memenuhi berbagai kebutuhan semua kalangan di masa pandemi.

“Screens for All, Screens for Everyone – kami hadirkan rangkaian televisi terlengkap untuk pengalaman terbaik bagi semua, apapun aktivitas, aspirasi, dan passion mereka, sambil selangkah lebih maju dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan,” jelas Yoonsoo Kim, President, Samsung Electronics Indonesia.

Kehadiran teknologi Quantum Matrix Pro mampu mengoptimalkan performa Quantum Mini LED dengan ukuran LED yang 40 kali lebih kecil dari LED konvensional, sehingga menghadirkan level kontras yang tinggi dan warna hitam yang lebih pekat sehingga tayangan TV menjadi lebih tajam dan hidup. Neo Quantum Processor 8K menggunakan teknologi deep-learning dan AI Upscaling untuk meningkatkan kualitas konten apapun menjadi konten berkualitas 8K.

Acara peluncuran Neo QLED TV di Indonesia juga dihadiri oleh Angga Dwimas Sasongko. Menurutnya kehadiran Samsung Neo QLED 8K TV turut membantu proses kreativitas dalam editing warna dalam pembuatan film.

Angga Dwimas Sasongko dan Samsung Neo QLED 8K ©Samsung Indonesia/2021

“Dengan ketajaman visual, ketepatan warna dan akustik audio yang harmonis, Neo QLED 8K mampu menyampaikan pesan dari karya sepenuhnya, membuat penonton tenggelam dalam dunia baru,” kata Angga yang aktif bekerja sebagai produser dan sutradara film.

Pengguna Neo QLED TV di Indonesia juga kini mampu menikmati layanan Samsung Health. Dengan fitur Smart Trainer, latihan kebugaran dapat dilakukan dari rumah. Anda akan dipandu untuk menampilkan postur atau gerakan yang benar, hitungan repetisi set, dan jumlah kalori yang dibakar secara real-time.

Setelah latihan selesai, Samsung Health akan menampilkan ringkasan data dan skor dari latihan. Pengguna bisa menentukan tantangan bulanan maupun menjadwalkan latihan rutin supaya olahraga di rumah semakin efektif. Samsung Health di TV juga bisa terhubung dengan perangkat mobile dan wearable Samsung untuk konsolidasi data aktivitas pengguna.

Di atas kertas Samsung Neo QLED 8K masih memiliki fitur FreeSync Premium Pro dan ALLM (Auto Low Latency Mode), dimana ini sangat berguna untuk menghadirkan gaming seamless tanpa screen tearing dan input latency rendah, hanya 5,8 ms pada 4k 120hz.

Untuk urusan pekerjaan, pengguna juga bisa mengakses dokumen yang ada di PC atau laptop untuk ditampilkan di layar Neo QLED 8K. Bagi pengguna Samsung Galaxy, bisa memakai Samsung DeX untuk menampilkan dokumen kerja atau sekolah di layar TV yang lebih lebar.

Neo QLED TV dilengkapi aplikasi video call Google Duo. Pengguna cukup hubungkan webcam menggunakan USB atau mirroring smartphone ke layar TV saat meeting. Pengguna juga bisa tetap memantau konten TV sambil meeting berkat fitur Multi View. Samsung Neo QLED TV juga dilengkapi aplikasi SmartThings dan Digital Butler.

Pre-order Samsung Neo QLED 8K TV dibuka mulai tanggal 6-31 Mei 2021. Samsung menawarkan dua varian, layar 65 dan 75 inci masing-masing seharga Rp 52 juta – Rp 72 juta. Ada pula Neo QLED 4K TV dengan dua varian yang sama dengan harga Rp 33 juta – 62 juta. (sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.