Jum'at, 7 Agustus 2020

Genmuda – Sebagai anak muda yang pengen lepas dari seragam putih abu-abu, Kawan Muda pasti punya rencana masa depan yang berbeda-beda. Yang mau langsung kerja, ada. Yang mau langsung kuliah, juga banyak. Jadi semua terserah dan boleh-boleh aja dong.

Walau kesannya bakal bisa hidup lebih dewasa, nyatanya semua keputusan tadi tetep harus dirundingkan sama ortu kamu. Alias gak bisa seenak jidat. Banyak pertimbangan yang bikin ortu tiba-tiba jadi labil tentang perkuliahan kamu, apa lagi kalo kamu gak diizinin kuliah di luar kota.

Jika kamu terjebak dalam kondisi kayak gini sebaiknya jangan parno duluan gaes. Ikutin aja tips berikut ini biar kamu gak berlarut-larut dalam kesedihan.

1. Sabar, jangan pusing atau marah dulu

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Pastinya berhadapan sama ortu itu beda banget sama ngadepin temen kamu. Karena udah ngebesarin kamu, kayaknya mereka cuma ingin yang baik dan gak buat kamu. Walaupun tiba-tiba bonyok jadi labil, coba kamu telaah dulu kenapa mereka tiba-tiba jadi berubah pikiran tentang kuliah kamu. Jadi mendingan sabar dulu dan jangan ambil pusing.

2. Gak ada salahnya kamu mengingatkan

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Meski statusnya kamu adalah anak, ada masa-masa dimana kamu bisa mengingatkan ortu kamu. Seengganya mengingatkan kenapa kamu mau kuliah jauh dan apa aja keuntungan yang bisa di dapetin saat kuliah jauh. Kalo perlu bikin aja perjanjian yang dapat meyakinkan mereka.

3. Kasih pilihan kampus lain

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Gak ada salahnya kamu menerima masukan dari ortu kamu. Selagi belum telat, mungkin kamu bisa memulai mencari pilihan kampus lainnya yang ortu kamu saranin. Kalo udah tinggal kamu sesuain deh sama minat kamu sendiri. Kalo udah kayak gitu kan jadi win-win solution!

4. Tanya alasan dan mulai pertimbangkan lagi

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Sebaliknya, kamu beranikan tanya alasan mereka gak izinin kamu kuliah di luar kota, apa karena jaraknya terlalu jauh, susahnya mengawasi kamu, atau biaya kuliah yang relatif lebih mahal. Kalo udah, dari situ baru deh kamu nego untuk bisa ngeyakinin mereka.

5. Harus diobrolin, jangan cuma diem

Via Google
(Sumber: helpyourteens)

Inget! Kamu gak bisa cuma diem bego sambil meratapi nasib. Udah waktunya mulai berdiskusi supaya bisa ngasih jawaban kehidupan kamu ke depannya mau gimana. Daripada keluar di tengah jalan karena paksaan atau salah jurusan, mendingan ditentuin dari sekarang. Inget banyak jalan menuju kesuksesan. Jangan menyerah ya gaes! (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela