Rabu, 17 Juli 2024

Genmuda – Di pertengahan tahun 2024 ini, iQOO kembali mengeluarkan smartphone mid-range terbarunya dalam lini iQOO Z9 Series, yakni iQOO Z9 dan iQOO Z9x. Terus gimana ya performa yang ditawarkan? Berikut review dari Genmuda.com!

Unboxing

©Genmuda.com

Kali ini kami diberi unit test iQOO Z9x 5G dengan warna northern green. Varian ini merupakan adik dari Z8x 5G dan versi lite dari Z9 5G. Sekilas box smartphone ini cukup elegan dengan warna hitam dan label IQOO Z berwarna silver-putih. Yang memberikan aksen premium dan simpel.

Di dalam box, selain unit iQOO Z9x, terdapat screen protector yang sudah langsung terpasang dan case transparan yang cukup praktis bagi pembeli. Kelengkapan lain yang tidak ketinggalan yaitu kabel USB C to C, charger 44W, buku panduan, kartu garansi, dan SIM tray ejector.

Desain

©Genmuda.com

Smartphone ini cukup enak digenggam dan enteng. Hal itu berkat dimensinya yang sebesar 165,70 x 76,00 x 7,99 mm dan berbobot 199 gram. Desain overall-nya pun gak neko-neko, hanya berbentuk persegi panjang dengan lekukan curve di empat sisinya. Hal ini akan memudahkan penggunanya apabila berganti ke smartphone ini dari merk lain.

Tampak depan, ada layar berukuran 6,72 inci atau sekitar 17,06 cm yang cocok digunakan main games ataupun menonton hiburan seperti Netflix dan Youtube. Layar LED ini juga sudah masuk ke dalam layar sentuh multi-touch kapasitif yang berarti sistem verifikasinya dilengkapi dengan sensor finger.

Di bagian samping kiri terdapat slot SIM card dengan kapasitas dual nano SIM. Sedangkan di samping kanan, terdapat tombol volume dan power. Di bagian bawah terdapat microphone, stereo speaker, lubang USB C, dan 3,5 mm jack slot. Adapun body belakang terbuat dari bahan plastik komposit.

Kamera

Kamera utama iQOO Z9x yang terletak di belakang berkonfigurasi 50+2MP f/1.8 dan f/2.4. Kamera utama dilengkapi lampu kilat, mode malam, potret, foto, video dengan ragam setting seperti panoramic, dokumen, slo-mo, selang waktu, pro, dan foto live.

Sedangkan kamera selfie di depan berkonfigurasi 8 MP f/2.05. Smartphone ini tidak menawarkan fitur kamera yang ‘wah’. Tapi buat hal itu sudah cukup untuk menunjang kebutuhan pembuatan konten anak muda.

Hasil jepretan di malam harinya pun masih bisa dikatakan aman. Di dalam ruangan komposisi warna dan pencitraan yang dihasilkan cukup jelas. Fitur mode malam untuk kebutuhan pengambilan citra konten pemandangan malam hari dengan keadaan minim pencahayaan juga bisa dikatakan munpuni.

Performa

Daya tarik iQOO Z9X ada pada baterai 6000mAh dengan bodi tipis 8mm. Ditenagai oleh Snapdragon 6 Gen 1, HP ini memiliki RAM 12GB dan ROM 256GB. Alhasil, smartphone ini asik diajak mabar berlama-lama. Game-game berat seperti Free Fire, Mobile Legends, atau Genshin Impact juga ayo aja buat geber di 60 fps.

Dalam settingan game high, semua masih lancar maksimal. Tapi saat digunakan dalam mode ultra memang hp-nya akan sedikit panas, tapi kadarnya cuma sampai hangat saja kok tidak panas berlebihan. Yang tidak kalah penting, HP ini cukup kuat diajak multitasking. Sedangkan kalau untuk nonton streaming, tidak ada masalah minor yang menghadang.

iQOO Z9x ini diklaim kuat untuk bermain game berat hingga 8 jam dari keadaan penuh. Sedangkan untuk nonton video bisa tahan sampai 21 jam. Untuknya hp ini dibekali juga fitur fast charging yang kami tes dari 20 persen ke 100 persen hanya perlu waktu sekitar 40 menit doang.

Kesimpulan

iQOO Z9x ditawarkan mulai dari Rp 2.900.000 (8+128), Rp 3.299.000 (8+256), dan Rp 3.699.000 (12+256). Untuk range harga Rp3 jutaan, hape ini sudah bisa dibilang minim kekurangan. Sebab, performa yang dihasilkan smartphone ini memang cukup sepadan.

Kekurangan yang paling menonjol mungkin bisa dikatakan ada pada kameranya. Terlebih kurang andalnya HP ini untuk digunakan di malam hari. Mode malamnya pun bisa sedikit meningkatkan hasil jepretan, tapi mengharuskan adanya delay beberapa detik. Hasilnya memang jadi lebih bagus, tetap kelihatan hasil AI internal edit video iQOOnya.

Akhir kata, iQOO Z9x ini layak masuk daftar list Kawan Muda yang mencari device yang kuat diajak mabar lama-lama dengan harga terjangkau. Dan jangan salah, smartphone yang support jaringan 5G tanpa banyak fitur yang dikurangi ini memiliki value lebih untuk dimiliki, loh.

Our Score

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.