Jum'at, 30 Oktober 2020

Genmuda – Permasalahan berat badan ideal emang bisa dialamin sama siapa aja. Gak peduli kamu cewek, cowok, tua, muda, ganteng, cantik, atau yang biasa-biasa aja. Saat badan terlalu kurus atau terlalu gemuk bisa aja jadi menimbulkan masalah hidup. *lebay

Akhirnya, berbagai cara rela anak muda lakuin supaya berat badan mereka tetep ideal dan punya hashtag #bodygoals di Instagram, mulai jaga pola makan, rutin nge-gym, doyan ikutan kelas yoga, sampe diet super ketat. Namun, ada kalanya semua perjuangan itu terasa percuma dan angka di timbangan terus aja ke kanan.

Padahal berat badan seseorang itu dapat dipengaruhi oleh banyak faktor loh, gengs. Jadi gak cuma melulu soal sedikit atau banyaknya makanan yang kamu konsumsi. Terus apa dong yang bikin berat badan kamu masih aja nambah?

Depresi

Saat lagi banyak pikiran secara gak sadar tubuh kamu memproduksi hormon kortisol. Hormon inilah yang bikin nafsu makan kamu meningkat meskipun kamu udah diet atau puasa Senin-Kamis (karena gak uang). Dietnya sih rutin, tapi kalo sekali makan porsinya double, kan sama juga bohong.

Solusi: Kamu bisa mengurangi tekanan rasa depresi kamu dengan curhat ke temen baik kamu. Banyakin juga bersyukur, karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. *tsaadies.

Kurang tidur

via: Tumblr

Begadang dengan maksud seperti nonton bola, ngerjain tugas, hingga galau gak karuan membuat kamu lapar dan membutuh cemilan. Masalah kurang tidur inilah yang bikin tubuh kamu butuh asupan lebih. Normal aja sih, tapi kalo keseringan jelas gak sehat, hingga mengakibatkan obesitas.

Solusi: Tidur 7-8 jam sehari. Jangan kebanyakan tidur siang juga, karena tubuh kamu sebenernya cuma perlu istirahat 30 menit di siang hari.

Berhenti sebats atau nge-vape

via: Tumblr

Dengan menghirup asap rokok biasa atau rokok elektrik ternyata bikin detak jantung kamu meningkat 10-20 kali lipat dalam satu menit. Itu artinya tubuh kamu akan membakar kalori lebih banyak. Hasilnya saat kamu berhenti sebats, tubuh akan membutuhkan hal lain untuk membakar kalori salah satunya lewat makanan. Tapi bukan berarti itu jadi alasan kamu tetep sebats ya, karena nafsu makan tersebut masih bisa dikontrol kok.

Solusi: Setelah berhenti sebats, usahakan kamu mengimbanginya dengan rutin olahraga ringan, kayak jogging, angkat beban, atau rajin jalan kaki.

Diet ekstrim

Percaya deh, sesuatu yang instan itu pasti punya dampak negatif, termasuk diet ekstrim. Cara ini sebenernya gak melatih tubuh kamu membakar kalori berjumlah banyak dalam jangka panjang. Hasilnya, makanan yang kamu makan gak akan terbakar sepenuhnya dan bikin berat badan kamu bisa naik dengan cepet.

Solusi: Diet sehat serta teratur lebih baik dan aman buat tubuh kamu.

Jarang gerak

Anggaplah kamu termasuk orang yang kerja di balik meja dan duduk berjam-jam di depan komputer. Kebiasaan inilah yang tanpa sadar bikin nafsu makan kamu meningkat. Saat nasi padang susah buat dicemilin, otomatis pilihan kamu cuma ada pada cemilan berkalori tinggi. Gimana gak tambah sempit itu celana. KZL.

Solusi: Usahakan gerak dan olahraga kecil selama satu menit di meja kerja kamu. Cukup peregangan aja kok, gak usah aerobik di atas meja nanti malah dipecat sama bos kamu. *canda.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.