Selasa, 14 Juli 2020

Genmuda – Pemilik gitar sebenernya punya tanggung jawab yang engga gampang. Alat musik berdawai itu sebenernya tergolong rapuh, loh. Gitar elektrik yang keliatannya kokoh dan padat justru jauh lebih manja dari yang akustik mengingat komponennya lebih kompleks.

Serius. Situs gitar Gibson sering banget loh rewel ngingetin para pemilik gitar supaya perhatiin alat musiknya. Kamu mungkin perlu tau beberapa trik di bawah ini supaya gitar atau bass tetep awet.

1. Jauhi sinar matahari

via giphy.com

Sinar matahari adalah musuh sejati segala jenis gitar. Meski udah disimpan dalam kamar, jauhi gitarnya dari jendela. Sinar matahari bisa bikin kayu gitar jadi kering dan mengubah tone suaranya. Saat terlalu kering, gitarnya jadi mudah retak, loh.

2. Simpan di tempat stabil

Secara teknis, dianjurin supaya gitar disimpan di ruangan dengan kelembapan 45%-55%. Kalo engga punya higrometer buat tau kelembapan udaranya, gunain aja feeling kamu. Kalo badan ngerasa sebuah ruangan terlalu lepek atau kering, begitu pula yang gitar kamu rasain. Cari ruang lain yang lebih nyaman.

3. Suhu terbaik: 18-24 derajat celcius

via tumblr.com

Suhu penyimpanan juga diharusin berkisar 18-24 derajat celcius, atau seperti suhu malam di Indonesia. Efek perubahan suhunya paling terasa pada gitar dengan kayu utuh. Makanya, gitar listrik sebenernya instrumen yang jauh lebih “manja” daripada gitar akustik karena terbuat dari kayu utuh.

4. Bersihin gitar

Hayo, kapan terakhir kali kamu bersihin gitar secara menyeluruh? Itu debu-debu udah numpuk loh di sela-sela fret, bridge, dan di area kopong. Kalo debunya dibiarin numpuk, suara gitarnya bisa berubah, loh.

FYI, gitar listrik juga punya area kopong yang suka lupa dibersihin. Ya, letaknya ada di panel kabel. Itu loh, bagian yang dibuka-tutup papan. Kamu perlu buka mur dan pastiin area itu juga bersih supaya perlistrikan gitarnya engga rusak.

5. Rutin mainin gitar lama

via giphy.com

Gitar yang keseringan dicuekin engga bakal berbunyi bagus. Perubahan suhu dan kelembapan ruangan bikin seteman gitar berubah. Pastiin gitarnya tetep dimainin, meski kamu udah punya yang baru atau malah udah pensiun dari dunia musik.

6. Wajib pakai penyangga

Teknik menyimpan gitar juga engga sembarangan. Tiap instrumen kayu butuh disimpan pakai penyangga atau gantungan. Jangan pernah sandarin gitar gitu aja ke tembok karena rentan banget tergeser sampai jatoh. Kalo ada budget lebih, bisa juga loh bikin lemari penyimpanan khusus gitar.

7. Mending ditidurin aja

via miguelmontalban.com
(Sumber: miguelmontalban.com)

Kalo engga punya budget lebih beli alat penyimpanan gitar, mendingan gitarnya ditidurin aja di atas kasur atau sofa. Jangan takut seteman-nya berubah? Kamu kan selalu bisa menyetem ulang sambil memeriksa karat di knop seteman gitarnya.

8. Jangan pernah mainin dengan tangan kotor

Pernah engga kamu mainin gitar string dengan tangan berminyak atau kotor bekas makanan? Kalo iya, berarti kamu engga sayang gitar. Senar string yang jorok lebih gampang berkarat. Lama-lama, karatnya bisa nyebar ke logam di area lain. Kalo knop dan logam di pick-up udah ikutan berkarat, biaya servisnya mahal, loh. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.