Rabu, 8 Februari 2023

Genmuda – Yang namanya media sosial jaman sekarang emang udah bukan hal yang asing lagi buat masyarakat. Segala seguatu yang terjadi umumnya bakal dibagiin di medsos, engga terkecuali yang berpotensi nyinggung orang lain.

Udah bukan rahasia lagi kalo banyak orang suka kode-kodean di medsos. Kamu pun pasti pernah ngelakuin hal semacam itu, bahkan mungkin sering banget. Kelihatannya sih emang kekanak-kanakan dan engga profesional abis. Tapi, engga bisa diungkiri pula kalo nahan amarah itu pada dasarnya sulit.

Lantas, kode-kodean kayak gimana yang suka dilakuin orang-orang di medsos? Well, dari sekian jenis kode-kodean yang ada, sebenarnya itu semua bisa dikerucutin jadi kode-kodean yang pasif-agresif. Walau terbilang remeh, berikut ini adalah 5 hal pasif-agresif yang pasti pernah kamu lakuin di medsos:

1. Nulis status nyinyir

Entah pakai lirik lagu, kutipan buku, dialog film, atau kalimat apapun itu, tujuan kamu ngelakuin hal ini sebetulnya udah jelas. Kamu lagi bete gara-gara sesuatu yang terlalu sepele buat diributin, sehingga kamu akhirnya milih buat ngungkapin hal itu lewat status medsos. Hal tersebut biasanya kamu lakuin karena kamu yakin bahwa orang yang bikin kamu bete pasti bakal ngelihat status kamu dan langsung tahu bahwa itu tentang doi. Lucunya, abis itu engga ada satupun di antara kalian yang berani ngebahas.

2. Nge-like padahal engga suka

Teman-teman kamu lagi pada hangout bareng dan kamu engga diajak. Alhasil, kamu mutusin buat nge-like postingan mereka, padahal kalian sama-sama tahu kalo kamu engga benar-benar suka sama postingan tersebut gara-gara engga ada kamu di dalamnya. Singkatnya, kamu nge-like postingan mereka cuma buat nunjukin kalo kamu tahu apa yang mereka lakuin dan kamu engga suka akan hal itu.

3. Ngeposting foto buat manas-manasin

Kalo poin yang satu ini bisa dibilang merupakan kebalikan dari poin yang sebelumnya. Di poin ini, kamu justru berada di posisi teman-teman kamu yang sengaja ngeposting buat pamer nunjukin kebersamaan mereka. Meskipun teman kamu yang pengen kamu panas-panasin akhirnya berkomentar, dijamin kamu engga bakal ngebalas komennya atau minimal balas singkat pakai stiker maupun emoji.

4. Nge-follow atau unfollow buat bikin bete

Well, yang ini kayaknya banyak terjadi di kalangan selebriti, apalagi pasangan selebriti yang baru aja putus. Yang lebiih gokilnya lagi, hal ini pun bisa ngelebar sampai ke orang-orang terdekat mereka. Lihat aja kasus Taylor Swift dan Calvin Harris baru-baru ini. Selain nge-unfollow Taylor di Twitter, doi juga ngelakuin hal yang sama pada adik Taylor, Austin. Ditambah lagi dengan Demi Lovato mulai nge-follow Calvin di jejaring sosial yang sama, makin rumit aja deh balada pasif-agresif mereka.

5. Engga ngasih kabar tapi update di medsos

Dari semua poin yang Genmuda.com jelasin, kayaknya poin yang terakhir ini merupakan poin yang paling remeh dan nyebelin. Bayangin kamu lagi berantem sama pacar, eh doi malah ngelakuin ini. Yang bikin lebih ribetnya lagi, bukannya nanya atau ngekonfirmasi langsung ke doi, kamu akhirnya lebih milih buat balik ngelakuin hal yang sama. We’ve all been there kok, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer