Minggu, 4 Desember 2022

Genmuda – Kata orang, sepandai-pandainya tupai ngelompat, pasti bakal jatuh juga. Hal yang sama pun berlaku buat para tukang selingkuh, yang suatu hari nanti ujung-ujungnya pasti bakal kebuka rahasianya.

Banyak orang mungkin engga tahu kalau mereka udah sekian lama diselingkuhin, entah itu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Kalau engga, bisa jadi mereka selama ini udah curiga sama pasangan mereka, tapi mereka engga yakin aja apakah mereka cuma parno doang atau kecurigaan mereka memang benar-benar terjadi.

Yang lebih parahnya lagi, potensi cewek buat diselingkuhin ternyata jauh lebih besar kalau nyokapnya udah lebih dulu diselingkuhin sama bokapnya, apalagi kalau kemudian nyokapnya itu tetap bertahan sama bokapnya. Menurut Dr Barbara Greenberg, hal terebut terjadi soalnya kita cenderung bakal nolerir hal yang juga ditolerir ortu kita. Semacam buah jatuh engga jauh dari pohonnya gitu deh.

Meski begitu, kamu jangan keburu putus asa dulu, Kawan Muda. Engga peduli kamu cewek atau cowok, masih ada kok sejumlah hal yang bisa kamu gunain buat nyari tahu apakah si dia selingkuh. Justru, berbagai hal tersebut sebenarnya udah diungkapin sendiri sama doi, baik secara sadar maupun engga sadar. Berikut ini adalah 7 dari sekian banyak tanda kalau si dia lagi selingkuh dari kamu:

1. Engga ngebolehin kamu mainin hpnya

Jangankan mainin, baru mau megang hpnya aja si dia ternyata udah langsung ngelirik kamu. Setiap kali ada notifikasi, doi pun langsung buru-buru ngambil hpnya dan cenderung agak ngejauh atau buru-buru ngebalas supaya kamu engga bisa ngintip isinya apa dan dari siapa. Pokoknya semua yang ada di hpnya super rahasia dan engga boleh kamu tahu banget deh.

2. Badannya di mana, pikirannya ke mana

Mengingat si dia harus nyesuain diri di antara dua dunia (baca: kamu dan selingkuhannya), ada kalanya doi pasti bakal kelihatan engga fokus dan ngaco banget pas lagi diajak ngobrol. Bahkan, doi bisa aja secara engga sadar manggil kamu dengan nama selingkuhannya maupun ngomongin tentang apa aja yang udah mereka lakuin ke kamu. Doi jadi ngablu gitu deh, Kawan Muda.

3. Sering nyari alasan engga masuk akal

Setiap kali ditanya abis dari mana dan ngapain atau kenapa engga bisa pergi bareng, doi lebih sering ngasih jawaban yang engga masuk akal. Sekalinya dikulik lebih dalam, eh doi malah jadi defensif atau justru ngehindarin kamu dengan berbagai cara. Kalau doi memang engga punya sesuatu buat ditutup-tutupin, doi bakal ngomong apa adanya ke kamu. Sebaliknya, kalau doi bohong, doi bakal nyari beribu alasan supaya kamu engga makin curiga sama doi.

4. Sekalinya ketemu sok-sok baik

Udah sekian lama engga ketemu dan ngehindarin kamu, eh sekalinya ketemu si dia jadi yang berubah drastis. Entah muji-muji atau ngasih hadiah ke kamu, yang jelas doi jadi mendadak baik dan perhatian banget. Eits, tapi tunggu dulu, bisa jadi doi cuma ngerasa bersalah aja sama kamu atau engga doi lagi senang gara-gara selingkuhannya jadi mood-nya ikut kebawa jadi lebih baik.

5. Penampilannya beda dari biasanya

Biasanya mah pas mau pergi sama kamu si dia jarang mandi (cowok) atau malas ‘ngukir alis’ (cewek), eh ini sekarang tiba-tiba jadi super rapih dengan wangi parfum yang bisa kecium dari jarak 5 meter maupun makeup yang udah kayak lagi mau manggung. Walau hal ini di satu sisi memang bagus buat doi, di sisi lain ini juga bisa jadi pertanda buruk, apalagi kalau dulu doi engga sampai segitunya pas berusaha narik perhatian. Sabar ya, Kawan Muda!

6. Malah nuduh kamu yang selingkuh

Ini nih biasanya yang suka dilakuin orang yang udah tahu dirinya salah tapi engga mau ngaku. Selain jadi suka memicu pertengkaran yang engga penting, biasanya si dia juga bakal balik nuduh bahwa kamulah yang selingkuh. Singkatnya, gara-gara melihat dirinya (masih) bisa selingkuh dan mampu nyembunyiin hal tersebut, doi akhirnya malah jadi berpikir bahwa kamu pasti juga bisa ngelakuin hal yang sama.

7. Insting kamu bilang ada yang engga beres

Kalau di lubuk hati kamu yang paling dalam kamu udah mulai ngerasa doi selingkuh, ada baiknya kamu bicarain hal tersebut sama teman atau anggota keluarga yang kamu percaya. Jangan lupa juga buat ngomong serius ke si dia supaya semuanya bisa lebih jelas, tapi engga perlu langsung marah yang gimana-gimana. Ingat, poin ini maupun poin-poin sebelumnya baru berupa tanda aja dan bukan bukti, jadi jangan sampai kamu malah terkecoh sendiri. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer