Rabu, 25 November 2020

Genmuda – Sebagai manusia, kamu pasti pernah ngerasain masa-masa berat dengan banyak masalah. Mau teriak ke hutan, hutannya udah ditebang, terus harus apa? Ya, cara paling gampang pasti mencari solusi dari setiap masalah kamu. Bisa kamu selesain sendiri, atau sekedar menceritakannya kepada orang lain terkait apa yang kamu rasain.

Banyak penelitian emang ngebuktiin kalo se-introvertnya seseorang, mereka tetap manusia yang butuh teman buat bercerita. Cerita apa pun boleh, mulai dari cerita receh hingga yang serius. Soalnya saat orang cerita, diri seseorang berusaha mengungkapkan masalah dan perasaannya.

Manfaat seperti itu emang jadi satu dari sekian contoh dari menceritakan masalah hidup kamu. Namun, Kawan Muda juga harus tetap punya batasan dalam menceritakan masalah kamu. Entah orang yang bakal dengerin masalah hidup kamu itu sohib atau pacar kamu sendiri. Semuanya butuh batasan. Engga mau dong kalo masalah kamu akhirnya jadi konsumsi orang lain.

Mau jengkel udah terlanjur, mau nyalahin orangnya pun tetap kamu yang salah. “Lagian ngapain pakai cerita-cerita? KZL!” Supaya kamu engga salah paham dan ngalamin kasus serupa, sebaiknya kamu pilah-pilih masalah yang engga perlu kamu ceritain ke orang lain. Ini adalah 5 contoh masalah yang sebaiknya cuma jadi rahasia kamu.

1. Masalah keluarga

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Pepatah Nigeria bilang, ‘hidup seperti bola selalu berutar’ (Padahal di Nigeria engga turun salju) *canda. Namun, hidup emang selalu berputar, sedangkan keluarga adalah orang terdekat yang ada di lingkungan kamu. Kalo ada cekcok atau ribut-ribut antara anggota keluarga, itu hal yang lumrah kok.

Akan tetapi khusus masalah ini, cukup kamu aja yang tau. Ingat ini masalah keluarga loh, daripada kamu sibuk cerita ke orang lain sebaiknya kamu selesaikan dengan anggota keluarga kamu sendiri. Gimana biar gak berlarut-larut? Cukup cari waktu yang paling tepat aja dan selalu tanamkan niat kalo setiap masalah selalu ada jalan keluarnya.

2. Keuangan

Cash Money.gif

Ini emang jadi salah satu masalah klasik yang engga pernah ada endingnya. Kalo kata orang bijak sih solusinya jangan lupa buat banyak-banyak bersyukur sob. Engga cuma itu, masalah duit sebenarnya punya potensi lain yang bisa ngerusak hubungan sama orang lain.

Masih lebih mending kalo kamu cerita masalah keuangan, teman kamu bisa bantu dengan minjemin duit. Tapi coba bayangin kalo doi sama-sama punya masalah serupa? Jangan harap masalah kamu bisa selesai.

3. Pernah bikin atau dibikin sakit hati orang lain

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Setiap Kawan Muda pasti sepakat kalo dosa atau aib seseorang engga layak jadi konsumsi publik. Sama kasusnya pada kejadian pernah bikin sakit hati orang lain. Sesakit dan sekesel apapun kamu sama orang lain, alangkah baiknya buat menyimpan kesalahan tersebut buat diri kamu sendiri.

Kasus kayak gini biasanya sering banget kejadian sama mantan pacar. Udah putus baik-bak, udahnya malah merembet dan ngebahas aib di masa lalu. Udah tahun 2016 loh, plis be mature lah. Jadi jangan pernah ceritain masalah tersebut ke orang lain ya.

4. Suka seseorang

via: Giphy

Pasti kamu pernahkan jatuh cinta? Terkadang seorang cewek itu cuma bisa nunggu (ditembak). Ada juga yang suka ngasih ‘kode-kode’ keras. Kalo penulis saranin sih, ketika kamu suka sama seseorang usahain engga perlu banyak ngomong tapi banyak tindakan.

Engga usah deh gembar-gembor ke orang lain, cukup langsung sampaikan ke orang yang kamu suka aja. Cari itu jelas bakal bikin kejutan buat orang yang kamu suka. Jangan sampai deh kejadian kamu ditikung sama temen kamu sendiri karena udah ngebocorin sosok yang kamu lagi suka. Sebaik-baiknya sahabat kamu, hati orang kan engga ada yang tau? Setuju dong?

5. Masalah negara

©Genmuda.com/2016 Gabby
Presiden Joko Widodo ngasih sambutan di acara pembukaan IFSE di JCC, Jumat (25/11) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Pernah denger kasus Banyu Biru yang sempat diangkat jadi anggota Dewan Informasi Strategis dan Kebijakan Badan Intelijen Negara (BIN)? Yup, kendati itu kabar gembira (buat Banyu), namun informasi tersebut tetaplah rahasia negara. Apesnya, Banyu justru mengunggah Surat Keputusan (SK) di akun Pathnya.

Engga heran kalo pada akhirnya itu jadi bumberang buat doi. Mengingat SK tersebut adalah dokumen rahasia milik negara, jadi masalah negara sebaiknya disimpan sendiri aja. Jadi kalo misalkan ada Kawan Muda dapat mandat buat menjaga rahasia negara, jangan gegabah buat koar-koar ke orang lain. (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela