Selasa, 2 Juni 2020

GenMuda – Buat kamu yang penasaran dengan separah apa tingkat polusi di kota kamu, kamu engga perlu pusing-pusing lagi, Genmuda. Kini telah ada sebuah peta interaktif yang dapat menunjukkannya kepada kamu.

Peta bernama The World Air Quality Index tersebut dibuat oleh kelompok lingkungan aqicn.org yang berbasis di Beijing, Tiongok. Menggunakan data real time dari sekitar 68 negara di seluruh dunia, peta itu pun menyediakan informasi yang cukup akurat mengenai tingkat polusi yang disebabkan oleh partikel-partikel berbahaya di udara.

FYI, partikel yang diukur dalam The World Air Quality Index sebagian besarnya merupakan PM2.5, namun ada pula yang merupakan PM10. Khusus untuk PM2.5, partikel tersebut biasanya berasal dari asap kendaraan diesel, pembakaran BBM, kayu, dan debu yang sangat halus. Partikel kecil itu pun kerap dihubungkan dengan penyakit kanker, asma, jantung, dan stroke.

Di Indonesia sendiri, kota Palangkaraya menjadi kota yang paling terpapar polusi udara karena tingkat polusinya telah mencapai lebih dari 300, tepatnya 999 saat berita ini ditulis, Selasa (22/9). Para penduduk di sana saat ini mungkin telah mengalami masalah kesehatan yang lebih serius.

Palangkaraya punya indeks sebesar 712

Dengan adanya The World Air Quality Index, diharapkan bukan hanya masyarakat dunia saja yang terbantu untuk memperoleh informasi mengenai tingkat polusi, tetapi pihak berwenang dan politikus di berbagai negara juga bergegas mengambil tindakan untuk menangani polusi udara sebelum keadaan menjadi semakin buruk.

So, untuk penjelasan lebih lanjut terkait peta The World Air Quality Index, silakan buka waqi.info ya, Genmuda!

Comments

comments