Selasa, 30 November 2021

Genmuda – Institut Prancis di Indonesia (IFI) baru aja ngegelar Malam Penutupan Pesta Sains 2015 nih, Kawan Muda. Bertepatan dengan itu, IFI juga ngegelar pre-launching Konferensi Tingkat Tinggi Iklim Paris Climate 2015 alias COP 21 (Conference of the Parties), Kamis (26/11).

Ini merupakan kedua kalinya Pesta Sains alias Fête de la Science diadain di Indonesia. Tema yang diusung tahun lalu adalah Bencana Alam (‘Amarah Bumi’ – ‘La terre en colère’), sedangkan tahun ini adalah Perubahan Iklim, seiring dengan persiapan COP 21 yang diadain pada 30 November sampai 11 Desember di Paris.

Pesta Sains 2015, yang diadain dari akhir Agustus yang lalu, secara khusus diutamain buat pelajar dan mahasiswa. Rangkaian acara itu pun diadain di seluruh jaringan Prancis di Indonesia, termasuk perguruan tinggi dan sekolah mitra di 9 kota di Tanah Air (Bandung, Jakarta, Jombang, Yogyakarta, Makassar, Malang, Medan, Surabaya, dan Bali).

Stéphane Baumgarth, Sarwono Kusumaatmadja, dan Nugie dengerin penjelasan soal sepeda yang bisa nge-charge ponsel (Foto: Genmuda.com/2015 Gabby)

Lantas, apa aja sih rangkaian acara Pesta Sains 2015? FYI, buat acara utama Pesta Sains 2015, kamu bisa datang dan lihat-lihat pameran interaktif ‘Iklim Berubah, dan Kita?’ oleh Espace Mendès France, sebuah pusat sains, teknik, dan industri yang berbasis di Poitiers.

Di samping pameran utama itu, IFI juga ngadain pameran sains berbahasa Indonesia, yang dibuat oleh berbagai badan penelitian dan pembangunan Prancis (AFD, CIRAD, IRD) di seluruh jaringan dan mitra IFI. Kegiatan berskala nasional itu pun bertujuan buat nyadarin anak muda Indonesia (alias kamu) terhadap aktualitas sains internasional.

Singkatnya, Pesta Sains 2015 pengen ngajak semua masyarakat Indonesia, khususnya kamu sebagai generasi muda, buat ngajuin pertanyaan soal perubahan iklim lewat berbagai pameran yang bertujuan edukatif dan di bawah arahan pakar sains. Dengan begitu, kamu juga bisa belajar buat bertindak memerangi perubahan iklim.

Tujuan dari pameran ini adalah untuk menunjukkan dan mengajarkan generasi muda untuk mengubah kebiasaan mereka… Satu per satu perubahan kecil, setiap orang dari kita bisa mengubah dunia,” kata Premier Conseiller de I’Ambassadeur de France en Indonésie et Timor/Chargé d’Affaire Stéphane Baumgarth ketika ditemui Genmuda.com di sela-sela acara.

Beliau lalu nambahin kalau contoh kecil yang bisa kita lakuin antara lain ngurangin penggunaan kantong plastik dan engga ngebiasain minum kopi pakai gelas plastik. Doi pun berpendapat kalau di sekolah seharusnya generasi muda juga diajarin buat punya kebiasaan baik dan ngasih contoh yang baik pula.

MC ngobrol bersama pembuat mural, Adi Darma (Foto: Genmuda.com/2015 Gabby)
MC ngobrol bersama pembuat mural, Adi Darma (Foto: Genmuda.com/2015 Gabby)

Sementara itu, selain dibuka oleh Stéphane, malam penutupan Pesta Sains 2015 dan pre-launching COP 21 turut dihadiri oleh Ketua Dewan Pengarah Perubahan Iklim Tingkat Nasional, Sarwono Kusumaatmadja. Ada pula beberapa pelaku industri hiburan yang juga dikenal sebagai pegiat lingkungan hidup, yaitu Nugie, Oppie Andaresta, dan Nadine Chandrawinata.

So, tunggu apa lagi, Kawan Muda? Daripada kamu yang di Jakarta bingung mau ngapain dan ke mana buat ngabisin waktu luang kamu, mending kamu langsung datang aja ke Pameran Pesta Sains 2015. Acaranya cuma sampai Sabtu (28/11) besok loh. Don’t miss it! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer