Senin, 8 Maret 2021
Ngulik

Pertunjukan Musik Spektakuler ala Film ‘Sing’

©Illumination Entertainment and Universal PicturesKarakter Buster Moon yang mainkan oleh aktor Matthew McConaughey ©Illumination Entertainment and Universal Pictures

Genmuda – Usai merilis ‘The Secret Life of Pets’ pada akhir Agustus kemarin, Illumination Entertainment kembali merilis film animasi terbaru, ‘Sing’. Masih seputar binatang yang bisa bicara, bedanya di film ini semua karakternya adalah binatang, alias engga ada tokoh manusia sama sekali.

Melalui tangan Garth Jennings dan Christophe Lourdelet, film animasi satu ini bisa dibilang jauh lebih baik dalam segi cerita ketimbang ‘Secret Life of Pets.’ Belum lagi jejeran pengisi suara ternama dan jokes yang ditawarkan pasti siap menghibur waktu liburan akhir tahun Kawan Muda.

Premis cerita sederhana dan menarik

©Illumination Entertainment and Universal Pictures
Salah satu adegan audisi di film ‘Sing’ ©Illumination Entertainment and Universal Pictures

Jalan cerita film ‘Sing’ bisa dibilang engga terlalu fresh. Diceritakan seekor koala bernama Buster Moon (Matthew McConaughey) ingin mengembalikan kejayaan teater musikal milik keluarganya. Seiring berjalannya waktu, Moon terdesak oleh masalah hutang dan redupnya antusias pengunjung untuk datang ke teater miliknya.

Tak habis akal, Moon kemudian mengajak sahabatnya, Eddie (John C. Reilly) untuk membuat sebuah kontes menyanyi di dalam teater miliknya, supaya dapat menarik minat para pengunjung. Sederhana kan? Yup, sepintas gambaran dasarnya agak miris sama film ‘The Muppets’ (2011).

Uniknya Jennings terbilang cukup pintar menulis jalan cerita ‘Sing’ sehingga engga terkesan biasa. Lewat kejeniusan karakter Moon, koala necis ini justru berhasil merancang sebuah kontes menyanyi terhebat di dunia dengan harapan cara ini akan mengubah nasib setiap kontestannya.

Lamban namun mengesankan sampai akhir

©Illumination Entertainment and Universal Pictures
Karakter Buster Moon di film ‘Sing’ ©Illumination Entertainment and Universal Pictures

Karena di film ini ada sekitar cuplikan 85 lagu populer, engga heran kalo intronya lamban dan membosankan. Tapi penulis merasa itu semua hal yang wajar, mengingat setiap kontestan yang punya andil di film ini punya latar belakang yang berbeda-beda, seperti halnya Rosita (Reese Witherspoon) seekor babi dan ibu rumah tangga yang ingin menjadi seorang penyanyi.

Walau lamban dalam 30 menit pertama, baik Moon serta 6 kontestan terbaik pilihannya justru memiliki masalah pribadi yang unik dan berbeda. Hal inilah yang menjadikan film ’Sing’ sangat kaya dan engga sesederhana premisnya. Singkatnya, selama 110 menit durasi film kamu tetep dibuat kagum sama perjuangan setiap tokohnya.

©Illumination Entertainment and Universal Pictures
Para karakter dan aktor yang mengisi suara film ‘Sing’ ©Illumination Entertainment and Universal Pictures

Hadirnya sederet bintang besar lainnya seperti, Scarlett Johansson, Seth MacFarlane, Taron Egerton, Nick Kroll, hingga Tori Kelly, turut menjadi daya tarik di film ini. Dan kalo penulis boleh menambahkan, ’Sing’ emang terlihat lebih rapih dan menarik ketimbang ‘The Secret Life of Pets’.  Dengan segala aspek penilaian inilah wajar kalo film ini mampu menempel ‘Moana’ di tangga box office

Well, kalo misalkan kamu penasaran, langsung aja tonton film ‘Sing’ yang mulai tayang di Indonesia mulai tanggal 7 Desember 2016. Tentunya film ini cocok ditonton buat semua umur dan pas buat mengisi waktu liburan Natal dan Tahun Baru kamu. “Selamat menonton!”

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.