Sabtu, 16 Januari 2021

Genmuda – Kata orang, kita sebaiknya engga nilai orang lain dari penampilan luarnya aja. Hal itu pun sering kali benar adanya, soalnya yang jauh lebih penting itu justru apa yang kita lakuin, bukan kayak gimana penampilan kita.

Sebagian dari Kawan Muda mungkin masih suka kaget saat ngelihat ada orang yang penampilannya kece badai, tapi kelakuannya minus banget. Sebaliknya, pas sekalinya ada orang yang penampilannya biasa aja atau bahkan jauh dari kesan keren, eh doi malah punya kelakuan yang jauh lebih beradab.

Well, iya sih ngubah orang lain buat jadi lebih baik emang engga mudah. Justru, mending kita dulu yang ngubah kelakuan kita biar orang lain nantinya juga bisa ikut berubah. So, daripada kegantengan dan kecantikan kamu mubazir, yuk mulai tinggalin kelakuan-kelakuan kayak 5 contoh berikut ini:

1. Engga sopan

via Tumblr

Banyak orang di luar sana mungkin punya status sosial atau pekerjaan yang lebih ‘rendah’ daripada kamu. Tapi, bukan berarti kamu bisa dengan mudah berlaku kasar dan engga ngehargain mereka. Emangnya kamu mau hal yang sama terjadi pada kamu atau keluarga kamu? Engga ‘kan?

2. Selalu ngomongin soal diri sendiri

Sad Girl
(Sumber: Tumblr)

JSYK, kamu dikasih dua telinga dan satu mulut supaya kamu bisa lebih banyak ngedenger daripada ngomong. Kalo pas lagi giliran kamu ngomong, ya engga apa-apa kamu nyerocos ini itu. Namun demikian, kalo pas teman kamu lagi curhat dan kamu malah ngambil alih percakapan, yang ada teman kamu itu malah tambah pusing gara-gara harus ngedengerin omongan kamu yang belum tentu penting.

3. Kebanyakan komplain

via gurl.com

Udah mah selalu ngomongin soal diri sendiri, eh ditambah lagi kebanyakan komplain. Namanya juga hidup, pasti bakal ada lika-likunya alias engga bakal terus-terusan mulus. Sesekali ngeluh ya engga apa-apa, asal jangan sampai bikin orang lain jadi berpikir kalo kamu engga ada bersyukurnya sama sekali.

4. Mainan hp pas lagi ngobrol sama orang lain

(Sumber: shutterstock.com)
(Sumber: shutterstock.com)

Poin keempat ini bisa dibilang merupakan salah satu masalah serius yang saat ini tengah dihadapin masyarakat. Seiring maraknya penggunaan smartphone, banyak orang khususnya Generasi Muda jadi cenderung suka salah fokus dan engga merhatiin orang lain di sekitar mereka. Kalo kamu engga bisa berhenti mainin hp kamu padahal kamu seharusnya berinteraksi sama orang di hadapan kamu, engga usah heran kalo orang-orang perlahan bakal ngejauhin kamu.

5. Engga merhatiin kebersihan diri

via perezhilton.com

Iya sih kamu emang punya wajah dan body yang bisa bikin banyak orang tergila-gila sama kamu. Tapi, kalo kamu jarang mandi, baunya engga sedap (entah bau mulut, ketek, atau kaki), atau kukunya kotor jarang dipotong, orang-orang itu suatu saat pasti bakal ilfil juga sama kamu. Ingat, kebersihan itu sebagian dari iman sekaligus sebagian dari penampilan kamu. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer