Rabu, 21 Oktober 2020

Genmuda – Throwback sedikit ke awal Agustus, peluncuran film ‘Suicide Squad’ jadi hal yang ditunggu para movie-goers dan pecinta DC Comics. Di pertengahan bulan, giliran anak-anak gaul yang kegirangan karena ada ‘We The Fest’ dengan jajaran artis dalam dan luar negeri yang kece. Menginjak akhir bulan, Owi/Butet pulang dari Olimpiade Brazil dengan medali emas di tangan.

Keriangan Agustus sayangnya perlu berakhir karena bulan udah berganti. Selamat datang September! Sekarang saatnya Kawan Muda move on buat nyambut event yang engga kalah seru dari bulan sebelumnya.

Mau tau ada apa aja? Langsung aja buruan simak dan tandain kalender kamu sekarang ya guys!

1. Konser Maliq & The Groove

via detik.com
(Sumber: detik.com)

Sebelumnya, Maliq & D’Essentials dan The Groove sempet sepanggung di konser Tangsel Jazz Festival 2015. Keduanya sukses menyihir penonton buat goyang dan nyanyi bareng. Seperti pengen mengulang momennya, dua band jazzy itu pun bikin konser kolaborasi yang dinamain D’Essentials of Groove, pada tanggal 6 September di Plenary Hall JCC Senayan, Jakarta Pusat.

2. Paralympics

via xinhuanet.com
Atlet Paralymic Inggris memenangkan trek 1.500 meter, London 2012. (Sumber: xinhuanet.com)

Kamu pikir rangkaian Olimpiade Musim Panas 2016 udah selesai dengan kepulangan Owi/Butet? Belom, sob. Masih ada Paralympics 2016 yang juga digelar 7-18 September di Rio De Janeiro, Brazil. Itu merupakan pesta olahraganya atlet-atlet difabel dari 170 negara terdaftar. Keterbatasan fisik yang dimiliki para atlet sama sekali engga jadi halangan buat bersaing sportif demi negeri. Inspiratif banget.

3. Hari Literasi Internasional UNESCO

via huffingtonpost.com
Utuan UNESCO sedang mengajar anak-anak di Afrika membaca. (Sumber: huffingtonpost.com)

Lembaga pendidikan, kebudayaan, dan bahasa PBB (UNESCO) mencanangkan tanggal 8 September sebagai Hari Literasi Internasional, alias hari bebas buta huruf Internasional. Pada tanggal tersebut, UNESCO ngadain sejumlah program literasi di negara-negara yang membutuhkan.

4. Idul Adha

via telegraph.co.uk
Suasana umat Muslim menunaikan Ibadah Haji jelang Idul Adha. (Sumber: telegraph.co.uk)

Ini merupakan salah satu hari besarnya umat Muslim di seluruh dunia. Kabar baik buat semua Monday Haters, Idul Adha di Indonesia bertepatan banget dengan hari Senin, 12 September. Sontak hari itu jadi long weekend di tengah bulan yang sangat ditunggu. UYEAH!

5. Liga Champion

via Liputan6.com
Real Madrid lagi ngejuarai Liga Champion musim 2015-2016. (Sumber: Liputan6.com)

Kampione… Kampione…. Kick off perdana Liga Champions tahun ini rencananya dimulai 14 September pukul 01.45 dini hari WIB. Tahun ini, ada sejumlah drama yang diprediksi bakal muncul. Misalnya aja kayak laga Barcelona kontra Manchester City, dimana Pep Guardiola harus ngelawan klub yang memberaskannya.

6. Anime Festival Asia

via metrotvnews.com
Salah satu peserta Cosplay AFA ID 2015. (Sumber: metrotvnews.com)

Anime Festival Asia (AFA) Indonesia dijadwalin gelarannya pada 16-18 September di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Acara ini digelar buat para penggemar anime, anisong, manga, dan cosplayer. Bisa dibilang kalo AFA ID bakal jadi pestanya otaku di seluruh Indonesia dan negara tetangga. Panitia pun udah ngundang banyak artis dan tokoh-tokoh di balik anime populer. Seru banget pastinya.

7. Oktoberfest

via condenast.co.uk
Salah satu festival waktu Oktoberfest di Jerman. (Sumber: condenast.co.uk)

Warga Jerman sekitar 17 September – 3 Oktober biasanya mengadakan festival yang namanya Oktoberfest. Acara itu diadain buat mengapresiasi kuliner ciptaan Jerman yang diminati hampir semua penduduk dunia. Apa kulinernya? Beer! Meski warga Indonesia engga ngerayain festivalnya, sejumlah tempat nongkrong biasanya ngasih diskon khusus di tanggal-tanggal itu. Jadi, siap-siap hubungi temen-temen buat nongkrong di tanggal-tanggal tersebut.

8. Invasion

via invasionjakarta.com
(Sumber: invasionjakarta.com)

The most exciting indoor electric dance festival in Jakarta.” Begitu kata panitia buat ngedeskripsiin Invasion tahun 2016. Tema utama yang dipilih adalah ‘Imaginarium: Mystique Electro Forest.’ Apakah lokasi acaranya di Hall B bakal disulap jadi hutan-hutan yang asik buat joget? Engga tau juga sih. Kita liat aja surprise panitianya, 24 September nanti.

So, kita berdoa aja supaya acara-acara di atas berjalan lancar dan positif biar September kamu makin seru. #SeptemberWish! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.