Rabu, 29 Juni 2022

Genmuda – Kawan Muda mungkin sering banget ketemu dengan istilah Bits, Bytes, Kilobytes, dan Gigabytes, entah itu di komputer, handphone atau  iklan-iklan paket data dari operator seluler. Tapi sebenarnya kamu ngerti engga perbedaannya? Sebelum terkecoh iklan, yuk kita bahas sedikit.

Bit (Binary Digit) adalah bentuk terendah dari sebuah informasi komputer dan dapat menggunakan value 0 atau 1 (yang bermakna off atau on). Seluruh fungsionalitas komputer berasal dari aturan Bit.Yang paling sering kita jumpai adalah alat untuk menentukan kapasitas atau besaran :

8 bits (b) = 1 Bytes (B)

1.024 Bytes = 1 Kilobyte (KB)

1.024 Kilobytes = 1 Megabyte (MB)

1.024 Megabytes = 1 Gigabyte (GB)

*catatan penting nih Kawan Muda : bits menggunakan huruf b kecil, dan Bytes menggunakan huruf B kapital. Sebagai contoh 512 kbps adalah 512 kilobits per second, yang apabila dikonversikan menjadi 64 KB/s (64 Kilobytes per second).

Mengetahui konversi di atas sangat penting untuk lebih memahami peristilahan yang digunakan di internet ataupun pemakaian PC secara umum. Tapi, value yang ada di atas engga sepenuhnya benar, karena pada umumnya metric prefixes Kilo, Mega, Giga dan selanjutnya berasal dari sistem desimal (10), dan seperti yang kami sebutkan tadi, komputer menggunakan aturan Bit, yang merupakan binary (two digit) system.

Terus bedanya Binary sama Decimal apa ya? Cekidot tabel berikut ini:


Binary vs Decimal

1.024 Bytes = 1 Kibibyte (KiB) | 1.000 Bytes = 1 Kilobyte (KB)

1.024 Kibibytes = 1 Mebibyte (MiB) | 1.000 Kilobytes = 1 Megabyte (MB)

1.024 Mebibytes = 1 Gibibyte (GiB) | 1.000 Megabytes = 1 Gigabyte (GB)

1.024 Gibibytes = 1 Tebibyte (TiB) | 1.000 Gigabytes = 1 Terabyte (TB)

1.024 Tebibytes = 1 Pebibyte (PiB) | 1.000 Terabytes = 1 Petabyte (PB)

1.024 Pebibytes = 1 Exbibyte (EiB) | 1.000 Petabytes = 1 Exabyte (EB)

1.024 Exbibytes = 1 Zebibyte (ZiB) | 1.000 Exabytes = 1 Zettabyte (ZB)

1.024 Zebibytes = 1 Yobibyte (YiB) | 1.000 Zettabytes = 1 Yottabyte (YB)


Terus apa bedanya nih Kawan Muda? Nah, 1 Kilobyte (KB) sebenarnya sama dengan 1,000 bytes, karena ‘kilo’ berarti ‘seribu’, namun 1 Kilobyte yang diartikan oleh komputer sebenarnya adalah 1,024 bytes, jadi ‘kilo’ bukanlah istilah yang tepat untuk digunakan, Kibibyte (KiB) adalah istilah yang lebih tepat untuk 1,024 bytes.

Perbedaan ini mungkin tampak kecil bila kita lihat pada kasus 1KB dan 1KiB, karena hanya terdapat perbedaan 24 bytes, namun semakin tingginya value, maka perbedaannya akan terlihat signifikan, coba bayangin aja klo harus menghitung perbedaan 1 YiB dengan 1 YB, akan banyak sekali nol yang keluar bukan? Percaya atau engga, penyedia hardware dan software seringkali menggunakan istilah yang berbeda-beda, sehingga akan sangat memusingkan konsumennya.

Masih bingung? Oke, contoh yang paling mudah adalah rancunya kapasitas drive. Sebuah drive diiklankan memiliki kapasitas 150 GB, secara teknis hal ini benar, karena ia memiliki kapasitas 150,000,000,000 Bytes. Namun kamu pasti akan bingung ketika Windows OS memberikan laporan bahwa drive yang kamu miliki hanya berkapasitas 139 GB. Ini dikarenakan 150,000,000,000 Bytes diartikan menjadi 139 GiB pada sistem binary yang digunakan pada komputer, yang sebenarnya 150 GB tersebut menggunakan sistem desimal, Windows malah menggunakan GB dibanding GiB untuk menampilkannya.

Hasilnya adalah banyak pengguna yang merasa dibohongi karena drive yang mereka beli tidak sama dengan apa yang diiklankan. Ditambah lagi perkembangan kapasitas drive yang semakin tinggi, perbedaan antara iklan dan laporan mengenai kapasitas drive semakin bertambah gede, dan tentu aja semakin membingungkan kamu sebagai konsumen.

Sekarang PR buat Kawan Muda, sudahkah kamu cermati drive yang kamu punya? Coba cek aja dulu ya! (sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast