Senin, 16 Mei 2022

Genmuda – Kata orang, kebersihan adalah sebagian dari iman. Walau engga semua orang bersih udah pasti beriman atau sebaliknya, seengganya jangan sampai kamu masa bodo sama kebersihan diri, engga terkecuali kebersihan kulit wajah kamu, Kawan Muda.

Engga peduli kamu cowok atau cewek, yang namanya punya kulit wajah yang bersih tetap aja merupakan hal yang penting. Iya sih faktor hormon dan gen juga berpengaruh. Terlepas dari itu, tetap aja kamu juga perlu berusaha sendiri supaya kulit wajah kamu bisa tetap mulus nan kinclong.

Nah, buat kamu yang lagi stres mikirin jerawat yang selalu aja datang silih berganti, mending sekarang kamu tenangin diri kamu dulu deh. Kalo kamu stres, yang ada jerawat kamu malah bakal makin banyak. Berikut ini 5 hal yang sebaiknya engga kamu lakuin lagi kalo kamu pengen punya kulit wajah bersih:

1. Suka nyentuh wajah

via TheGloss

Hal ini mungkin sering banget kamu lakuin tanpa sadar, entah itu saat nopangin dagu di tangan, tepok jidat, atau mencetin jerawat. Padahal, ini termasuk salah satu penyebab jerawat yang paling dahsyat. Ingat, tangan kamu nyimpan banyak minyak dan bakteri, yang kalo kena wajah kamu justru bisa nimbulin jerawat. Apalagi kalo kamu emang tipe yang gampang jerawatan, ini justru bisa bikin kamu jerawatan di tempat-tempat yang biasanya engga engga pernah jerawatan.

2. Keseringan cuci muka

Cuci muka secara rutin emang bisa ngebantu ngebersihin kotoran di wajah kamu. Namun demikian, bukan berarti kamu sampai niat cuci muka lebih dari 5x dalam sehari. Dengan ngelakuin hal ini, itu sama aja kamu ngurangin kadar minyak alami di wajah kamu dan bikin wajah kamu jadi kering. Kalo wajah kamu terlalu kering, yang ada jerawat kamu malah makin banyak. Pastiin aja kamu cuci muka dua kali sehari dengan sabun pembersih yang lembut.

3. Pengelupasan yang berlebihan

via Dolly

Saat wajah lagi berjerawat, biasanya bawaannya emang pengen langsung buru-buru ngegosok seluruh wajah biar bersih. Sayangnya, hal ini justru bisa bikin wajah kamu makin iritasi, tertutama kalo wajah kamu gampang berjerawat. Oleh karena itu, mending kamu coba lakuin pengelupasan yang lebih lembut dengan ngegunain pembersih sekitar dua sampai tiga kali seminggu.

4. Kebanyakan pakai krim jerawat

Iya sih kamu mungkin engga tahan ngelihat jerawat yang gede banget di jidat kamu, jadi kamu akhirnya mutusin buat pakai krim jerawat banyak banget. Terlepas dari itu, hal ini malah bisa bikin kulit kamu iritasi dan kering, sehingga kamu engga bakal ngedapetin hasil yang kamu pengen. Itulah kenapa kamu cuma perlu pakai sedikit di setiap jerawat kamu. Kalopun krim jerawat tersebut bisa digunain buat seluruh wajah, ya seengganya gunain aja secukupnya.

5. Engga ngebersihin hp

via giphy.com

JSYK, bakteri yang ada di hp itu jumlahnya 10x lebih banyak daripada bakteri di dudukan toilet. Dengan demikian, hp juga merupakan salah satu penyebab jerawat yang engga bisa kamu biarin gitu aja. Coba deh mulai bersihin layar hp kamu dengan lap khusus, supaya hp kamu engga begitu kotor lagi. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer