Senin, 15 Juli 2024

Genmuda – Banyaknya moda transportasi di Ibukota jelas memudahkan mobilisasi semua masyarakatnya. Mulai dari roda dua, roda tiga, roda empat, sampe yang pake baling-baling pun ada semua di Jakarta. Persaingan soal harga, waktu tempuh, dan keamanan turut menjadi alasan laku apa enggaknya moda transportasi itu di kalangan masyarakat.

Sekedar ngasih tau gengs, udah banyak alat transportasi yang ‘dikandangin’ sama pemerintah Jakarta karena dianggap gak efektif dan gak aman lagi buat mengangkut penumpang. Tapi, transportasi roda tiga kayak bajaj dan bemo akan digantikan sama Bajaj Qute (baca: cute).

Setelah kehadirannya viral sejak hari Senin (24/7), bajaj (tapi rodanya empat) ini digadang-gadang bakal menggantikan posisinya bemo yang sekarang masih ada di beberapa daerah di Jakarta. Kalo kamu kira bemo yang ada di sinetron Si Doel itu udah gak beroperasi, kamu salah gengs.

Image result for bemo jakarta
Kamu masih bisa naik ini nih. Coba aja pergi ke daerah Manggarai atau Benhil. (Sumber: Harian Nasional)

Meski masih baru tahap percobaan, nyatanya Bajaj Qute akan tetep menggantikan posisi bemo di Jakarta. Kendaraan mungil tersebut dinilai lebih aman dan nyaman, meskipun ‘agak-agak’ mirip sama bajaj biru yang berbahan bakar gas (BBG) yang udah lama beroperasi di Jakarta menggantikan bajaj oranye yang udah dilarang ijin operasinya.

Apa keunggulan si Bajaj Qute ini?

Image result for bajaj qute jakarta
Ada yang warna oranye, menggantikan bajaj solar yang udah gak ada. (Sumber: Coconut Island)

Walaupun masih dalam masa uji coba oleh pengawasan Dinas Perhubungan Jakarta, Bajaj Qute tetep bisa mengangkut penumpang selama masa uji cobanya. Ini supaya Dishub bisa menilai apakah moda transportasi terbaru itu aman buat ngangkut penumpang. FYI, didalamnya dilengkapi sama sabuk pengaman loh!

Buat spesifikasinya, Qute punya berat 450 kg, dan bobotnya 37 persen lebih ringan dari mobil terkecil yang dijual dipasaran. Di dalamnya ada 4 kursi termasuk kursi supirnya. Bedanya dengan taksi atau mobil pribadi ada pada pendinginnya yang masih menggunakan tenaga alam (baca: angin sepoy-sepoy).

Image result for bajaj qute jakarta

Bajaj yang bisa melaju dengan kecepatan maksimal 70 km/jam ini produk asli buatan India, yang bentuk fisiknya lebih futuristik dibandingkan sama bajaj BBG. Dilansir dari Liputan6.com, armada Bajaj Qute baru ada sebanyak 17 unit aja di seluruh Jakarta.

Jadi, kalo kamu kebetulan liat di jalan, jangan lupa cobain naik ya! Kabarnya, si Qute ini banyak ditemukan di daerah kawasan Kota Tua. Coba ke sana yuk! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.