Kamis, 29 Oktober 2020

Genmuda – Jimmy Choo ditunjuk Forbes sebagai dewan juri 30 Under 30 Asia. Seniman sekaligus pengusaha sepatu bermerk asal Malaysia yang tinggal di Inggris itu harus memilih 30 orang pemuda di bawah usia 30 tahun yang masuk kategori tersukses.

Kategori 30 Under 30 Asia dari tahun ke tahun diisi anak-anak muda pengembang bisnis, profesional, seniman, dan cendikiawan yang punya dampak positif. Bisa dibilang, masuk daftar itu artinya sukses.

Jadi, anak orang tajir yang hidupnya cuma foya-foya gak bakalan masuk daftar itu. Dengan kata lain, kamu pun bisa masuk daftar anak muda tersukses itu. Supaya dilirik Jimmy Choo, ini yang harus kamu lakukan.

1. Skill

via AfterCollege
(Sumber: Istimewa)

Dalam dunia dengan persaingan serba ketat, kemampuan dasar aja gak cukup. Maka, anak muda perlu perbanyak skill dengan cara apapun. Skill apa yang dimaksud?

Tentu saja skill dalam bidang kerjaan, entah itu menulis, menggambar, memotong, menjahit, mengatur negosiasi, atau hal lain yang dibutuhin demi karya terbaik.

“Skill adalah bagian tersulit untuk diperoleh karena butuh bertahun-tahun menguasainya,” kata Jimmy Choo dalam video Forbes 30 Under 30 Asia.

2. Punya feeling yang baik

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Selain itu, Opa Choo juga bilang, anak muda harus merasakan (hal yang dikerjakan). Contohnya dalam pembuatan kopi. “Sebuah kopi dapat diketahui tingkat kelembutannya dengan feeling barista,” kata dia. Video dia menyiratkan, feeling terasah bersamaan dengan meningkatnya skill.

3. Bertanya pada ahlinya

via Istimewa
Ki-ka: Mark Zuckerberg dan Bill Gates dalam sesi tanya-jawab online. (Sumber: Istimewa)

“Apabila kamu ingin sukses, sebaiknya bertanyalah pada orang sukses. Tidak ada salahnya minta saran dan arahan daripada selamanya terjebak pada ketidaktahuan,” kata beliau.

4. Dengarkan kritik

©Genmuda.com/2016 TIM
Ilustrasi. ©Genmuda.com/2016 TIM.

Secara tegas, Opa Choo juga bilang, “Kamu (anak muda) harus selalu mendengarkan orang lain. Ketahui segala kritik dari mereka agar lebih baik lagi dalam segala yang kamu lakukan.”

5. Bersyukur

via laruno.com
(Sumber: laruno.com)

“Kalau kamu berhasil sukses di Asia. Kamu gak perlu pikirkan untuk sukses di tempat lain lagi. Saya pun demikian. Kalaupun saya hanya sukses di Hong Kong, Malaysia, atau Tiongkok, hal itu sudah sangat memuaskan bagi saya,” tuturnya rendah hati.

6. Bermanfaat orang lain

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Kriteria terpenting untuk masuk daftar 30 anak muda tersukses di Asia adalah bermanfaat bagi orang lain. Salah satu caranya bisa dengan kegiatan yang selama ini dilakuin Opa Choo. Dia bilang, saat diminta menjadi pelatih anak muda, saya bersedia mendukung dan menyemangati usaha mereka.

Pesan terakhir Opa Choo buat kamu yang belum menginjak usia 30 tahun adalah: Apapun yang kamu lakukan, kerahkan tenaga kamu sebaik mungkin. Maka, sukses akan menyusul kemudian. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.