Minggu, 11 April 2021

Genmuda – Gaji industri tenaga kerja Indonesia zaman sekarang enggak sesuai harapan. Jangankan memenuh life-style, Mencukupi life aja belum tentu. Makanya, beruntunglah para first jobber yang bisa mencukupi kebutuhan mereka sampai satu bulan ke depan.

Supaya hasrat kebendaan gaya hidup terpenuhi, banyak banget pekerja mencari sambilan alias freelance. Kalo udah gitu, kerja apa juga diembat. Yang penting, saldo tabungan nambah meski porsi freelance juga gak sebanding sama bayarannya. Hiks.

Di antara segudang jenis freelance mulai dari buka koperasi hingga jadi kuli, ada beberapa kerjaan yang bisa dilakuin dari rumah dengan bayaran terbilang oke. Misalnya, di bawah ini:

1. Pengajar bimbel online

Tanpa nyebut merk, kamu pasti tau platform bimbel online yang dimaksud. Lebih luas lagi, ilmu fashion, fotografi, gambar, dan hal lain di luar materi sekolah juga bisa laku lewat platform Skillshare dan Udemy.

2. Reseller

Sesuai namanya, kerjaan reseller adalah membeli lalu menjual ulang barang. Biar untung, tentu dijual dengan harga lebih tinggi. Biar banyak pembeli, tentu aja harga jual ulang (resell) jangan dipatok terlalu tinggi. Di situ lah tantangannya.

3. Dropshipper

via digitalmarketer.id
(Sumber: digitalmarketer.id)

Kerjaan dropshipper agak mirip kayak reseller. Bedanya, doi jualan barang orang lain tanpa perlu beli barangnya. Model jualan macam itu cuma mungkin terjadi secara online.

4. Affiliate marketer

Affiliate marketer lebih “mengawang” lagi ketimbang dropshipper. Kerjaan para affiliate marketer adalah menyebar link khusus yang mereka dapat dari situs e-commerce tertentu. Bila ada orang ngeklik link, mereka akan dapat bayaran. Bila ada yang ngeklik dan membeli sesuatu dari link itu, dapat bayaran lagi deh.

5. Fotografer

Kamu bisa jadi fotografer wedding, pre-wedding, dan candid dalam acara wedding. Bisa juga jadi fotografer spesialis acara fashion. Yang lebih populer, fotografer foto stock untuk dijual di situs macam StockPhotos.

6. Website tester

Buat anak-anak IT, ilmu kamu tuh berguna banget buat menguji website. Banyak loh perusahaan yang bersedia bayar orang untuk menguji keamanan, ketangkasan, dan kecepatan websitenya.

7. Game maker

via digiday.com

Anak-anak IT juga selalu bisa membuat game untuk dipublish ke appstore atau playstore. Makin banyak pemain, makin banyak iklan yang tampil, makin banyak dapat bayaran.

8. Desain grafis

Sementara itu, anak-anak desain grafis selalu bisa jual jasa lewat situs perantara freelance biar gak dimintai desain gratis mulu dari teman-teman.

9. Penerjemah

Di situs perantara freelance, banyak juga loh yang nyari penerjemah. Berguna banget tuh buat kamu yang jago bahasa Indonesia, Inggris, dan satu bahasa asing tambahan.

10. Jadi seleb medsos

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Pada akhirnya, kamu selalu bisa jadi seleb medsos. Bikin aja postingan semenarik mungkin lalu kirim proposal ke manajemen atau rumah produksi. Kali aja kamu diorbitin jadi seleb mendsos terus diundang ke acara peluncuran Blackpink kayak Young Lex atau jadi bintang sitkom kayak Clairine Christabel.

Pada akhirnya nanti, kamu mungkin bisa full-time melakukan 10 kerjaan di atas karena bayarannya lebih gede daripada jadi pegawai. Mungkin aja yakan! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.