Jum'at, 4 Desember 2020

Genmuda – Anak-anak asuhan Luis Enrique perlu hadapi lagi kuda-kuda yang dibesarin Massimiliano Allegri, sekitar 01.45 dini hari, Kamis (20/4). Barcelona harus unggul empat gol supaya lanjutin tradisinya lolos ke semi final.

Waktu pertandingan leg pertama, 12 April lalu, Barca dibantai di kandang Juventus dengan skor 3-0. Banyak kepala dan dada Juventini yang menggelembung sombong setengah mati karena pembantaian itu, tapi kempis perlahan-lahan saat inget kalo “comeback” Barca tuh nyakitin banget.

Yoi. Tim yang punya stadion berkapasitas 99 ribuan penonton itu ibarat jagoan-jagoan Power Rangers yang kalah mulu di awal tapi menang di akhir. Yang jelas, di bawah ini adalah kisah-kisah “comeback” Barca yang pasti diceritain Luis Enrique ke skuadnya biar pada semangat.

Perempat final Liga Champions 2000

Barca kalah 3-1 di kandang Chelsea saat leg pertama perempat final Liga Champions 2000. Guardiola masih main jadi pemain tengah waktu itu. Nah, waktu menjamu The Blues di Camp Nou, Barca kayak ‘kesetanan’ dan mengusir Chelsea dengan skor 5-1 berkat permainan cantik Rivaldo, Figo, Dani Garcia, Kluivert, dkk.

Final Liga Champions 2006

https://www.youtube.com/watch?v=obQxj6BfRYQ

Enam tahun kemudian, Barca ketemu sama The Gunners yang lagi di puncak karirnya sepanjang tahun 2000an di final Champions. Sampai pertengahan babak kedua, Barca kalah 1-0. Setelah ada tiga pergantian pemain, Barca manfaatin waktu yang ada buat ngegolin dua angka.

Babak 16 besar Champions 2013

Kalo ini sih pasti kamu udah ngikutin perkembangan Barca dan tau kalo AC Milan waktu itu menang di kandangnya 2-0 gara-gara gol Boateng-Muntari. Begitu leg kedua di Camp Nou, tau-tau Messi (belum bewokan) ngeluarin jurus aliennya dan langsung ngegolin di lima menit pertama. Hingga akhirnya, pertandingan berakhir dengan skor 4-0 buat Barca yang lolos.

Babak 16 Besar Liga Champions 2017

https://youtu.be/eoSUhN8ln0M

Pertandingan PSG-Barca di babak 16 besar Champions tahun ini pasti masih segar di ingatan, dong. Dari skor sih, anak-anak asuhan Unai Emery udah di atas angin banget dengan kemenangan 4-0 di leg pertama. Ternyata, Barca kesurupan setannya lagi di leg kedua dan ngebantai Les Parisiens 6-1 di leg kedua.

Di sisi Juve, mereka yakin, terutama Marcello Lippi si mantan pelatih yakin kalo nasib mereka engga bakalan kayak PSG dan fans Juve tetep bisa membusungkan dada. Pelatih yang ngebawa Juve menangin Champions 1966 itu percaya sama kekuatan menyerang dan bertahan klub kecintaannya.

“Sementara itu, Barca hanya bagus saat menyerang. Tidak saat melakukan yang lain,” kata doi seperti dikutip goal.com18 April. Kira-kira siapa yang bakal menang ya? Kawan Muda megang siapa nih? Tulis komentar di bawah ini, dong. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.