Rabu, 17 Juli 2024

Genmuda – Siapa sih yang engga suka sama hal manis? Dari mulai dimanisin pacar, sampe makan yang manis-manis. Tapi tahukah Kawan Muda, kalau banyak mengkonsumsi makanan manis dari gula malah bisa ngebahayain diri kamu loh! Serius?

Yup, yang ini serius. Mungkin kamu udah sering denger kalau kebanyakan makan yang manis-manis bisa membahayakan tubuh kita. Nah kalau kamu udah tau tapi masih nganggep remeh, mendingan mulai diseriusin dari sekarang deh guys.

Kalau kamu masih baru mulai buat membatasi konsumsi gula, kamu bisa ikutin batas gula yang dirilis oleh The Food and Drug Administration (FDA) baru-baru ini. Buat orang dewasa, 12,5 sendok teh (atau 50 gram) gula adalah batas paling maksimal yang bisa kamu konsumsi setiap harinya. So, jangan ngelebihin dari itu ya.

Emangnya kalau ngelebihin kenapa sih? Kan enak makan yang manis-manis. Eits, jangan dianggep enteng loh, ini dia beberapa bahaya yang bisa disebabin oleh gula:

  1. Ngerusak jantung

Gula udah lama diketahui sebagai salah satu faktor resiko penyakit jantung. Nah dalam Journal of American Heart Association tahun 2013, akhirnya ditemuin deh bukti kuat gimana mekanisme gula bisa ngerusak jantung. Menurut studi, molekul glukosa 6-fosfat yang ada di gula bisa bikin perubahan otot di jantung kita, yang berujung pada gagal jantung. Serem kan?

  1. Beresiko diabetes

Selain bikin gendut, konsumsi fruktosa (salah satu jenis gula) yang berlebih bisa bikin lemak perut meningkat, yang juga meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes. Makanya kan, banyak penderita diabetes yang dianjurin untuk nurunin konsumsi gula. Kamu engga mau kan, sakit duluan baru nurunin konsumsi gula?

  1. Ngasih makan sel kanker

Maksudnya apa? Jadi gini, Kawan Muda. Setiap tubuh itu udah punya sel kanker alami. Tapi selama ini tubuh kita punya mekanisme yang bikin sel-sel kanker itu engga berkembang biak. Tapi, gula justru bisa “ngasih makan” sel kanker karena mengandung nutrisi yang bikin sel tersebut berkembang.

  1. Punya efek racun yang hampir sama kayak alkohol

Menurut sebuah studi, gula juga bisa jadi sama bahaya nya dengan alkohol nih guys. Soalnya, konsumsi furktosa dan glukosa yang berlebihan bisa mmberikan efek racun pada hati kita. Nah efek ini hampir sam dengan racun dari alkohol.

  1. Nurunin kemampuan otak

Apa hubungannya gula sama otak kita? Jadi, gula bisa mempercepat proses penuaan sel, temasuk sel-sel yang ada di otak. Nah, ini yang bikin otak bisa mengalami penurunan fungsi lebih cepet daripada seharusnya. Kamu engga mau kan, tua dan pikun sebelum waktunya?

  1. Memperpendek umur

Walaupun umur udah diatur sama Tuhan, tapi sebuah studi tahun 2013 memperkirakan ada 180 ribu kasus kematian di seluruh dunia yang diakibatkan konsumsi minuman manis! Minuman manis ini emang berhubungan dengan resiko berbagai penyakit, balik lagi kayak diabetes, jantung, dan kanker.

Tuh, dengerin ya, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥