Jum'at, 4 Desember 2020
Tekno

Resmi Diluncurkan, Oppo F1s Tawarkan ‘Selfie Expert’ dengan Harga Terjangkau

oppo f1sReza Rahadian dan Chelsea Islan lagi demonstrasiin Oppo F1s di peluncurannya, Rabu (3/8). (Foto: Genmuda 2016 / Charisma Rahmat)

Genmuda – Pertimbangkan keinginan anak muda buat selfie, OPPO luncurin ponsel OPPO F1s, jenis terbaru dari seri ‘Selfie Expert.’ Teknologi yang dimiliki ponsel itu bisa mengolah otomatis hasil jepretan dan ningkatin kualitas foto jadi jauh lebih smooth dengan budget ekonomis.

Peluncuran yang diadakan di Jakarta, Rabu (3/8) itu dihadiri jajaran manajer OPPO juga brand ambassadornya, Chelsea Islan and Reza Rahadian. Kedua brand ambassador itu pun mendemonstrasikan kebolehan kamera depan camera phone seri terbaru ini.

“Seri selfie expert OPPO F1 dan F1 Plus terbukti dapat sambutan hangat di Indonesia. Oppo F1s pun kami luncurkan agar menunjukan komitmen OPPO membuat kamera fotografi berkemampuan tinggi,” kata Ivan Lau, CEO OPPO Indonesia.

Kamera depan luar biasa

Dengan kamera depan 16 megapixel, sensor berukuran 1/3.1 inci, dan lensa ber-apperture 2.0,  OPPO F1s bisa kasih hasil jepretan dengan warna yang detail. Selain itu, ponsel kece ini punya teknologi supaya pencahayaan di hasil fotonya bisa lebih seimbang, sehingga engga ada lagi deh tuh area yang kegelapan atau keterangan pas selfie.

Produsen ponsel pun memodifikasi sensor kameranya hingga menghasilkan fitur beautification 4.0. Fitur ini bisa memproses foto jadi lebih smooth, cocok banget buat bikin kulit makin alus tanpa harus diedit-edit terlebih dahulu. Teknologi kamera ponsel juga mampu mengatur warna kulit sesuai pilihan. Biar makin kekinian, engga ketinggalan sejumlah filter yang bisa kamu pilih.

Fitur screen-flash masih tetap hadir di perangkat F1s. Lewat fitur itu, layar ponsel bakal berfungsi sebagai flash kalo foto di saat gelap. Setelah itu, kamera depannya bakal memproses hingga pencahayaan di fotonya seimbang. Jadi, engga masalah kalo flash tersebut juga dipake dalam keadaan terang.

Berhubung selfie rame-rame lagi populer, kamera depan OPPO F1s juga punya fitur wide angle yang bisa nangkep gambar hingga 120 derajat. Tanpa tongsis pun pengguna bisa selfie bersama empat atau lima orang tanpa perlu desek-desekan atur posisi. Hadirnya sensor turut mempermudah cara pengambilan gambar, tinggal nunjukin telapak tangan udah ‘cekrek’ deh.

Kamera belakang seperti DSLR

oppo f1s 2
Brand Communication OPPO Indonesia Suwanto lagi ngejelasin kelebihan teknis OPPO F1s. Di belakangnya, presentasi lagi nunjukin desain F1s yang kece. (Foto: Genmuda.com 2016 / Charisma Rahmat)

Sementara itu, kamera 13 MP dengan aperture 2.2 dipasang di bagian belakangnya. Meski secara angka kualitasnya lebih rendah daripada kamera depan, kamera belakang ponsel ini bisa diatur hingga menghasilkan gambar Ultra HD (lebih kurang 4K).

Ada pula fitur expert mode di kamera belakang dimana kamu bisa atur sendiri pencahayaan, fokus, dan ISO kameranya layaknya lagi motret pakai kamera DSLR. Hasil file yang dihasilkan pun bisa dalam bentuk RAW,– kualitasnya jauh lebih baik daripada format JPEG/JPG.

Kapasitas besar

OPPO F1s punya storage internal sebesar 32 GB dan bisa ditambah hingga 128 GB dengan MicroSD. Kalo kata Suwanto selaku Brand Communication OPPO, “Dengan memori sebesar itu, ada lebih dari 5.000 lembar foto yang bisa tersimpan di ponsel bersistem operasi ColorOS 3.0 ini.”

Ponsel ini pun kembali menggunakan scanner sidik jari. Sistemnya bisa menyimpan hingga lima sidik jari dan bisa ngebuka apps pilihan dengan sidik jari tertentu. Dengan begitu, tiap jari bisa ngeluncurin apps yang berbeda dengan cepet ketika ponsel terkunci.

“Sidik jarinya hanya akan tersimpan di ponsel. Buat menjaga database sidik jari itu dari incaran pihak tidak bertanggung jawab, kami sudah memasang sejumlah lapisan keamanan yang susah ditembus. Ketika ponsel itu diinstall ulang, database sidik jarinya pun akan terhapus secara otomatis. Kesimpulannya, aman dari kebocoran data,” kata Aryo Meidianto selaku Media Engagement OPPO.

Kapan nongol di pasaran

Biar engga lemot, ponsel berdimensi 154,5 x 76 x 7,38 mm (160 gram) ini dibekali RAM sebesar 3GB. Sementara itu, prosesornya menggunakan MT6750 octacore yang kecepatannya 1,5 GHz. Aryo pun menargetkan ada 400 ribu hingga 600 ribu ponsel [F1s] yang diproduksi tiap bulannya.

Walaupun secara teknis kualitasnya masih di bawah sedikit OPPO F1 Plus yang meluncur April lalu. Namun soal harganya jelas masih lebih bersahabat, yakni Rp 3.799.000. Kalo Kawan Muda udah engga sabaran beli, pre order OPPO F1s udah dibuka sejak hari ini lewat situs Blibli.com. Kemudian akan dirilis ke publik pada 11 Agustus 2016. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.