Senin, 3 Agustus 2020

Genmuda – Makan yang berminyak dan manis-manis setiap saat sama sekali engga ada yang ngelarang, tapi jangan salahin orang lain kalo badan jadi kayak ikan fugu. Idealnya, kamu perlu makanan bergizi seimbang supaya kondisi badan tetep stabil. Basi sih sarannya, tapi itu fakta.

Jadwal makan juga perlu disesuaikan supaya engga ganggu kegiatan dan sukses mengisi tenaga seharian. Kamu harus banget waspada kalo ada jadwal makan sore-sore.

Lemak dari makanan dan minuman yang dikonsumsi seharian jangan dibiarin gitu aja ngendep di dalem perut, dong. Sebelum tidur, Kawan Muda sebaiknya ngelakuin salah satu atau semua olahraga di bawah ini biar badan tetep enak saat bangun.

1. Stretching

via odomhealthandwellness.com.
(Sumber: odomhealthandwellness.com).

Serius. Stretching paling pas dilakuin setelah matahari terbenam. Olahraganya bisa berlangsung dalam suasana tenang, engga perlu keluar rumah, dan pasti engga ganggu tetangga yang udah pada siap istirahat.

Biar stretching berasa hasilnya, jangan lupa atur napas tiap menahan posisi. Pasti deh kamu bakalan banjir keringet meski engga lari-lari. Lakuin aja stretching ujung kepala hingga ujung kaki biar serluruh badan terasa renggang dan tidur makin pules.

2. Planking

via giphy.com.

Planking yang dilakuin beberapa jam sebelum tidur bakal bermanfaat bikin tulang belakang kamu lurus, ngelatih keseimbangan, dan pastinya seluruh badan kamu bakal terlatih.

Jill Rodriguez, asisten olahraga seperti dikutip situs kesehatan mercola.com, 2014, bilang kalo efek planking pasti terasa asalkan pinggul, kepala, dan bahu engga turun waktu ngelakuinnya.

3. Yoga

via anacostiayogi.com
(Sumber: anacostiayogi.com).

Efek planking dan stretching bakalan bisa kamu dapetin dengan satu olahraga yang namanya Yoga. Kamu bisa berpose “uttanasana,” dengan cara berdiri tegap dengan kaki rapat, lalu membungkukkan badan sambil mencium lutut atau tulang kering. Pastiin lutut tetep lurus biar posenya sempurna.

Situs yogajournal.com bilang kalo “uttanasana” bermanfaat buat mengurangi stres dan depresi ringan, memperbaiki saluran pencernaan, serta mengurangi insomnia, alias penyakit susah tidur.

4. Body weight exercise

via giphy.com.

Body weight exercise macam push-up, pull up, squat, atau hand stand juga bisa kamu lakuin malem-malem. Hanya saja, engga begitu dianjurin karena beberapa studi percaya kalo olahraga seperti itu bikin jantung berdebar sehingga kamu susah tidur, seperti yang ditulis cnn.com, 2014.

5. Pernapasan

via gohskungfu.com.
(Sumber: gohskungfu.com).

Yap. Pernapasan juga termasuk bagian olahraga, loh. Anak-anak pencak silat dan kung fu shaolin biasa melakukannya buat melatih paru-paru, konsentrasi, dan ketahanan tubuh. Sayangnya, masing-masing aliran bela diri punya teknik pernapasan yang unik.

FYI, kamu bisa mengikuti cara kung fu karena udah banyak didokumentasiin. Pastiin kalo semua napas yang kamu hirup merupakan tarikan dari perut atau abdomen bukannya dari diafragma atau dada. Tanpa disadari, napas abdomen bakal melatih otot perut juga. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.