Minggu, 27 November 2022
Kekinian

Nyaman dan Simpel, Kunci Terpenting Baju Lebaran Ala SMESCO Hijab Icon Star 2016

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM, Ahmad Zabadi, Kurnia Beti, Yunita N Sari, Ade Permata, Eka Setya Wahyuni, dan pemenang SMESCO Hijab Icon Star 2015 di Grand Final SMESCO Hijab Icon Star 2016 di Galeri Indonesia WOW SMESCO, Sabtu (25/6) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Genmuda – Selamat Hari Raya Idul Fitri, Kawan Muda! Ngomong-ngomong soal Lebaran, kamu puas engga nih dengan baju Lebaran yang saat ini lagi kamu pakai? Atau jangan-jangan kamu udah mulai risih gara-gara bajunya engga sesuai sama kamu?

Baju Lebaran biasanya memang jadi salah satu dari sekian banyak hal yang identik di Hari Raya Idul Fitri. Walau engga ada peraturan resmi yang ngewajibin kamu buat nyiapin baju Lebaran secara khusus atau dari jauh-jauh hari, tetap aja kamu ada baiknya engga asal pilih baju Lebaran.

Lah, kenapa gitu? Ya coba aja kamu bayangin gimana jadinya kalau kamu salah kostum alias saltum atau baju yang kamu pakai malah bikin kamu jadi ribet beraktivitas di sepanjang perayaan Idul Fitri. Bukannya dapat berkah dan bisa berbagi kebahagiaan, yang ada kamu malah bete sendiri.

Singkatnya, kalau kamu besok masih bakal keliling buat silahturahmi ke sanak saudara dan kenalan kamu, jangan sampai besok kamu ngulangin kesalahan yang sama dengan ngegunain baju yang bikin kamu ribet, Kawan Muda. Iya deh Genmuda.com tahu kamu udah terlanjut beli baju Lebarannya dua sekaligus atau bahkan lebih. Meski begitu, kamu masih punya waktu kok buat mix and match lagi.

Kurnia Beti di Grand Final SMESCO Hijab Icon Star 2016 di Galeri Indonesia WOW SMESCO, Sabtu (25/6) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Kurnia Beti di Grand Final SMESCO Hijab Icon Star 2016 di Galeri Indonesia WOW SMESCO, Sabtu (25/6) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Nah, buat kamu yang bingung dan udah malas buat mikir lagi mau pakai baju apa di saat-saat terakhir, kamu engga perlu khawatir. Para peserta dan juri SMESCO Hijab Icon Star 2016 punya pandangan singkat terkait baju Lebaran, yang mungkin bisa jadi inspirasi terutama buat kamu para cewek.

Juara 1 SMESCO Hijab Icon Star 2016, Kurnia Beti misalnya, doi sering kali memang seragam sama keluarganya, entah itu beli atau bikin sendiri. Doi dan keluarganya biasanya bakal kompakan buat pakai baju dengan warna putih, dengan gaya hijab yang disesuain lagi buat dirinya maupun ibu dan adiknya.

Lain halnya dengan juara 2 alias runner up 1 SMESCO Hijab Icon Star 2016, Yunita N Sari. Doi ngakuin bahwa dirinya cenderung lebih santai dalam hal pemilihan baju Lebaran. Menurutnya, ada hal lain yang jauh lebih penting ketimbang cuma pusing mikirin soal mau pakai baju apa saat Lebaran.

“Saya sendiri sih engga terlalu pusing mikirin Lebaran pakai baju apa. Yang penting ibadah, kekeluargaan, dan silahturahminya. Untuk mix and match Lebaran, kalau solad Ied biasanya saya pakai gamis dan untuk acara keluarga bisa pakai yang smart casual,” kata Yunita saat ditemui usai acara Grand Final SMESCO Hijab Icon Star 2016 di Galeri Indonesia WOW SMESCO beberapa waktu yang lalu.

Yunita N Sari dan Ade Permata di Grand Final SMESCO Hijab Icon Star 2016 di Galeri Indonesia WOW SMESCO, Sabtu (25/6) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Yunita N Sari dan Ade Permata di Grand Final SMESCO Hijab Icon Star 2016 di Galeri Indonesia WOW SMESCO, Sabtu (25/6) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Selanjutnya, juara 3 alias runner up 2 SMESCO Hijab Icon Star 2016, Ade Permata, ngungkapin bahwa dirinya biasanya nyiapin baju putih, sama kayak Beti. Namun demikian, dirinya juga setuju dengan pendapat Yunita bahwa yang lebih penting adalah esensi dari Lebarannya dan kenyamanan kita.

“Pastinya yang terlihat menarik, cocok dengan bentuk badan kita. Selain itu, kenyamanannya juga penting dan kita harus merasa pakaian itu bisa melambangkan diri kita,” jelas Ade.

Sementara itu, aktris pemeran film ‘Ketika Mas Gagah Pergi’ sekaligus salah satu juri SMESCO Hijab Icon Star 2016, Aquino Umar, negasin bahwa baju Lebaran sebaiknya bisa dipakai pula di beragam kesempatan lain. Terkait hijab, doi sendiri emang baru berhijab sekitar tiga bulan belakangan ini dan masih nyari gaya hijab yang sesuai buat dirinya, dengan ibunya ikut ngebantu buat mix and match.

Jangan mentang-mentang setahun sekali jadi beli bajunya yang mewah atau yang apa. Cukup yang simpel aja dan engga harus baru. Baju yang lama di-mix and match juga bagus. Yang penting jangan rame, jangan lebay. Yang kalem-kalem itu yang lebih enak dilihat,” papar gadis 21 tahun yang akrab disapa Noy itu.

Sherly Annavita, Riski Putri, Aquino Umar, dan Bapak Ata di Grand Final SMESCO Hijab Icon Star 2016 di Galeri Indonesia WOW SMESCO, Sabtu (25/6) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Sherly Annavita, Riski Putri, Aquino Umar, dan Bapak Ata di Grand Final SMESCO Hijab Icon Star 2016 di Galeri Indonesia WOW SMESCO, Sabtu (25/6) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Engga ketinggalan, juri SMESCO Hijab Icon Star 2016 lainnya, yaitu Riski Putri justru lagi suka dengan kaftan dan baju Lebaran yang simpel-simpel. “Tahun ini pengen nyiapin sesuatu yang beda, jadi pengen ngasih inspirasi ke teman-teman dengan look yang simpel, tapi bisa dipakai Lebaran juga dan tetap manis,” ujar selebgram berusia 24 tahun itu.

Secara khusus, terkait dengan tren baju Lebaran tahun ini, Riski berpendapat bahwa Kaftan dan warna putih memang masih dominan, namun dengan variasi yang lebih sederhana. “Tahun ini yang lagi in buat Lebaran kurang lebih baju-baju yang warnanya bisa dipakai bukan cuma buat Lebaran, misalnya warna hitam atau abu-abu. Putih masih tetap jadi warna dominan untuk Lebaran. Kaftan juga masih, cuma tahun ini kaftannya mungkin minim payet dan lebih santai, jadi setelah Lebaran pun bisa dipakai lagi.”

Terlepas dari itu, Riski pun nyaranin supaya kamu tetap ngutamain kenyamanan kamu. “Kalau kamu terbiasa pakai baju double — misalnya pakai daleman gitu, kalau memang kamu nyaman engga masalah. Tapi, yang pertama intinya adalah kamu harus cari baju yang nyaman, supaya semua aktivitasnya tetap jalan. Kalau misalnya kamu engga betahan sama outfit yang double, pakai yang simpel,” tandasnya.

So, gimana, Kawan Muda? Walau para peserta dan juri SMESCO Hijab Icon Star 2016 engga secara rinci ngasih panduan mix and match, seenganya berbagai pendapat mereka bisa kamu gunain sebagai pedoman awal. Sayang banget ‘kan kalau momen kebersamaan kamu bareng keluarga dan teman-teman harus rusak gara-gara baju Lebaran yang engga kece? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer