Sabtu, 17 April 2021

Genmuda – Ngomongin soal stres, ujung-ujungnya pasti bakal nyambung ke kulit. Ya sebenarnya engga heran dan engga bisa diungkiri juga sih, soalnya stres memang masih jadi salah satu musuh paling bebuyutan buat kulit kamu.

Sepanjang sejarah, engga pernah ada yang namanya jerawatan bakal bikin bahagia. Yang lebih sialnya lagi, biasanya kamu malah jerawatan di saat-saat yang engga tepat, kayak misalnya jelang prom night atau pesta yang udah kamu rencanain dari jauh-jauh hari. Keki engga tuh?

Tapi, mending kamu tahan dulu emosi kamu, Kawan Muda. Kalau kamu marah-marah, yang ada kamu malah bakal tambah stres dan jerawat kamu bisa tambah banyak. Kalau kamu engga percaya, berikut ini adalah 5 hal yang bakal terjadi pada kulit kamu kalau kamu lagi ngalamin stres:

  1. Nimbulin masalah kulit dan peradangan

(Sumber: remediesforme.com)

Saat kamu stres, tubuh kamu otomatis bakal ngeluarin hormon stres, yang kemudian engga ngarahin darah ke kulit, tapi ke otot dan organ-organ kamu. Salah satu hormon stres bernama kortisol bahkan bisa bikin kelenjar minyak kamu jadi engga terkendali, jadi kamu bakal makin gampang jerawatan. Hal tersebut tentu bakal jadi malapetaka buat kulit kamu, apalagi kalau kamu lagi ngalamin perma-stres.

  1. Stres + kurang tidur = Kulit kusam

(Sumber: sleep-centre.ca)

Segimanapun stresnya kamu, usahain buat tetap tidur secara teratur, soalnya tidur itu penting banget buat kulit yang sehat (dan tubuh yang sehat pula tentunya). Kalau kamu kurang tidur, kortisol kamu bakal meningkat dan justru bisa bikin kamu makin sulit buat tidur. Singkatnya, kurang tidur ditambah stres bisa ngelemahin sistem kekebalan tubuh kamu sekaligus bikin kulit kamu jadi makin kusam dan garis-garis halusnya jadi makin kelihatan.

  1. Memperparah masalah kulit kamu

(Sumber: porcelainfacespa.com)

Kalau kamu punya masalah kulit serius kayak eksim, psoriasis, atau rosacea, masalah kulit kamu itu biasanya bakal jadi makin menjadi-jadi saat kamu ngerasa kualahan. Walau stres bukan satu-satunya penyebab buat kondisi tersebut, stres tetap berperan besar dalam memperparah keadaan kulit kamu.

  1. Mempercepat penuaan

(Sumber: longevitynetwork.org)

FYI, terlalu stres bisa nambahin garis-garis halus pada kulit kamu dalam beberapa tahun ke depan. Hal itu terjadi gara-gara tubuh kamu udah terlalu sibuk buat ngelawan stres ketimbang ngelindungin kulit kamu dari sinar UV, asap rokok, atau polusi. Dengan kata lain, ngalamin stres lama-kelamaan bakal ngabisin sistem pertahanan alami pada kulit kamu.

  1. Ningkatin risiko kanker kulit

(Sumber: healthhub.brighamandwomens.org)

Walau engga secara langsung nyebabin kanker kulit, di sisi lain stres bisa ningkatin risiko kamu buat terkena kanker kulit. Dengan nurunin sistem kekebalan tubuh kamu, secara engga langsung stres bakal ngurangin perlawanan tubuh kamu terhadap sel kanker kulit. Produk dengan SPF memang bisa jadi pertahanan terbaik kamu, tapi ngatasin stres tentu bakal jauh lebih ngebantu kamu buat ngejaga sistem kekebalan tubuh kamu.

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer