Minggu, 25 September 2022

Genmuda – Lenovo kembali ngeluncurin ponsel yang cocok banget buat anak muda lewat brand Motorola, yaitu Moto E4 Plus. Dengan baterai super besar, spek mumpuni dan banderol harga yang cukup terjangkau, kira-kira ponsel satu ini bisa penuhin kebutuhan kamu gak ya? Langsung aja simak, gengs!

Unboxing

Kemasan Moto E4 Plus dikemas dengan cukup rapih dan memiliki paduan warna oranye, biru dan putih. Kamu bakal nemuin ponsel berukuran layar 5,5 inci. Begitu kamu angkat ponselnya, kamu akan disambut dengan sebuah kalimat khas dari Motorola, yaitu Hello Moto.

Di dalamnya udah ada earphone bawaan, kabel micro usb, dan wall charger dengan output 5,2V ~ 2A. Kemudian ada juga beberapa kertas dan buku panduan beserta kartu garansi.

Design

©Genmuda.com/2017 Liki
©Genmuda.com/2017 Liki

Moto E4 Plus punya tiga varian warna, yaitu hitam, abu-abu dan emas. Unit yang Genmuda.com review kali ini adalah warna abu-abu, gengs. Secara tampilan, desainnya terbilang kokoh dan cukup premium karena dibalut oleh bahan metal.

Saat dipegang, desain Moto E4 Plus terbilang cukup ergonomis buat menjangkau tombol kunci dan volume di sisi kanan handphone. Di bagian bawah layar udah dilengkapi sama fingerprint reader. Geser lagi sedikit ke bawah kamu bisa nemuin port USB, speaker, dan microphone.

Sayang, ukuran bongsor Moto E4 Plus kurang nyaman saat kamu taruh dikantong celana dengan bobot hampir 198 gram. Hal ini bisa dimaklumin karena kapasitas baterainya juga sangat besar yaitu 5000 mAh.

Biarpun keliatan kokoh, ternyata smartphone ini belum mengusung Unibody. Jadi biarpun baterainya ditanam, kamu tetep perlu buka casing bekalangnya untuk masukin sim card atau tambahan micro SD.

Hardware

KARTU SIM DUAL SIM (Nano-SIM)
Dimensi 154 x 77,5 x 9,55 mm / 198 gram
Layar IPS LCD, 5,5 inci 720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density)
Memori 32 GB, microSD, up to 128 GB
Ram 3 GB
Kecepatan Internet HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
Sistem Operasi Android OS, v7.1.1 (Nougat)
Processor / Chipset Mediatek MT6737, Quad-core 1,3 GHz Cortex-A53
Kamera Belakang 13 MP, f/2.0, autofocus, LED flash
Kamera Depan 5 MP, f/2.2, 1.4 µm pixel size, LED flash
Kapasitas Baterai Non-Removable Li-Ion 5000 mAh battery

Dari segi jeroan, Moto E4 Plus udah lancar buat ngejalanin sejumlah aplikasi secara bersamaan tanpa harus menunggu kemalamaan, apalagi nge-lag. Didukung sama fitur ‘Cat6’ yang diturunin dari Moto M juga bikin aktivitas browsing kamu makin ngebut.

Dukungan baterai 5.000 mAh juga bikin kamu betah utak-atik smartphone ini seharian penuh. Waktu pengisian dayanya pun gak lebih dari 3 jam. Gak heran jika pihak Lenovo ngeklaim bahwa Moto E4 Plus cocok banget buat ngedukung produktivitas kamu.

UX (User Experience)

©Genmuda.com/2017 Liki
©Genmuda.com/2017 Liki

Bentang layar 5.5 inchi emang terbilang gede dan nyaman buat dipake untuk nonton video atau main game. Kalo agak repot mengoprasikannya, kamu bisa mengecilkan resolusi layarnya pada fitur Moto Gesture. Saat Genmuda.com coba fitur ini, kualitas gambarnya tetep kece dan gak pecah sama sekali.

Dibekalin sama kamera 13 MP f/2.0, autofocus, LED flash, menghasilkan foto yang cukup terang meski minim cahaya. Sayang respon fitur autofocusnya agak sedikit kurang responsif dan sangat terbatas. Namun demikian, secara keseluruahan hasil foto kamera utamanya masih layak kok buat kamu pamerin di Instagram.

Sebaliknya, kamera depan Moto E4 Plus justru agak ketinggalan jaman dibandingin sama smartphone kompetitornya yang udah menggunakan lensa di atas 5 MP. Kalo pun ada penambahan LED flash, hasilnya juga tetep ‘B’ aja, deh.

Lebih lanjut nih, sokongan Prosesor MediaTek MT6737 terbukti nampilin grafis kece dan optimal di smartphone ini. Tentunya kalo kamu doyan install aplikasi populer kayak Mobile Legends, Instagram, Spotify, atau Youtube secara bersamaan, performa Moto E4 plus masih cukup lancar biarpun masih ada jeda persekian detik.

Sama kayak Moto C Plus dan Moto G5 Plus, Moto E4 Plus juga dibekalin sama sistem operasi Android 7.1.1 Nougat dan dijanjikan akan bisa diupgrade ke Android 8 “O”. Hadirnya fitur finger print menjadikan smartphone satu ini juga terlihat semakin mewah di kelasnya. Ntap soul!

Warp-Up

Pros

+ Kapasitas baterai gede

+ Performa cukup oke di kelas smartphone menengah

+ Harga terjangkau buat anak SMA dan mahasiswa

+ Body metal dengan fitur sidik jari

Cons

– Kamera depan kurang mendukung kegunaan aplikasi kekinian, kayak Instagram atau Snapchat.

– Ukuran terlalu besar buat masuk kantong

Keseluruhan, Moto E4 Plus emang cocok banget buat masuk kriteria smartphone kece dengan harga bersahabat. Namun kamu juga jangan terlalu ngarep banyak, karena dengan harga Rp 2,3 jutaan otomatis ada satu aspek yang dikorbanin sama Motorola, yaitu di kamera depannya.

Selain unggul dari kapasitas baterai yang bisa tahan seharian, untungnya smartphone ini masih punya fitur bawaan seperti Moto G5 Plus, yaitu moto experience kayak one button navigation dan moto display yang membuatnya keliatan kayak handphone premium kayak Moto Z.

Our Score

(sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast