Minggu, 27 November 2022

Genmuda – Beraktivitas di luar ruangan emang gampang bikin cepet capek, apalagi buat orang-orang yang mobilitasnya tinggi. Belum lagi kalo mesti melewati jalan ketika berangkat dan pulang yang padat sekaligus jauh. LENGKAP SUDAH CAPEKNYA.

Kalo lagi capek jalan rasanya pengen gitu berhenti sebentar buat duduk. Apalagi kalo udah kelamaan berdiri di commuter line yang sumpek dan pengap, pasti rasanya pengen selonjoran, atau seenggaknya lemesin kaki dengan duduk, tapi sayangnya itu semua gak bakal bisa.

Buat menjawab kegelisahan banyak orang yang ngalamin kejadian ngenes kayak di atas, tentunya udah ada orang pintar yang datang dengan ide briliannya. Akhirnya sebuah alat pun tercipta demi membantu banyak orang yang butuh duduk dimanapun dan kapanpun.

Alat apa tuh? Jadi pengen punya!

Image result for the chairless chair

Dua perusahaan di Eropa udah menggarap ide cerdas buat menjawab kebutuhan masyarakat dengan mobilitas tinggi ini. Perusahaan startup dari Jerman bernama Noonee ini berkolaborasi dengan perusahaan konsultan desain di Swiss, yaitu Sapetti. Keduanya membuat sebuah alat yang futuristik dan gak sama kayak kursi-kursi tradisional lainnya, namanya ‘Chairless Chair.’

Kayak gimana emang bentuknya? Dan gimana cara kerjanya?

Kursi yang dibuat dari mesin lastik sejenis polyamide ini akan dipasang di kaki kamu dengan seperangkat tali yang secara otomatis terkunci ditempatnya masing-masing ketika kancing (tombol) di bagian kaki paling atas itu ditekan. Para penggunanya dapat beristirahat sambil dalam posisi sambil mengerjakan pekerjaan lainnya. Jadi badannya aja yang istirahat, tapi pekerjaannya tetep jalan. Jadi multitasking kan!

Terus bisa buat dipake dimana aja?

Related image

Literally you can wear it anywhere. “Chairless chair” ini cocok dipake buat di segala kondisi atau industri yang mengharuskan pekerjanya buat berdiri dalam waktu yang lama atau dalam kondisi duduk di kursi biasa sangat gak mungkinkan.

Noonee menganjurkan bahwa pekerjaan yang cocok dengan barang ciptaan mereka adalah sales yang harus berdiri mencari customer, atau mungkin pramusaji restoran fast food. Karena rasa capeknya berkurang, alat ini juga bisa membantu meningkatkan efisiensi kerja sekaligus mengurangi kemungkinan adanya kecelakaan kerja karena kelelahan.

Penemu alat ini yaitu Keith Gunura berharap kursi ini bisa memungkinkan pekerja di beberapa perusahaan atau industri di seluruh dunia untuk beristirahat ketika sambil bekerja.

“Saya selalu ingin membuat sesuatu yang dapat membantu orang lain, atau setidaknya mengubah dunia dengan hal yang sangat sederhana” ujar Gunura.

Kalo kamu sendiri kira-kira butuh gak nih kursi kayak gini? Apa lebih tetep enak rebahan aja di kasur kamar kamu? (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.